Tips Penggantian Paspor Rusak

Tips Penggantian Paspor Rusak

Empat kali saya bolak-balik kantor imigrasi untuk mengurus penggantian paspor yang rusak karena terkena tumpahan air minum. Prosesnya mudah namun harus sabar dengan antrian di imigrasi yang selalu ramai. Berikut tips-nya:

 

blog2b-2bpaspor2brusak
Lengkapi berkas (sumber)

  1. Saat paspor basah, sobek, tercoret bahkan di tempat yang tidak ada stempelnya sudah dikategorikan rusak. Untuk lebih meyakinkan, tanya ke petugas imigrasi.
  2. Penggantian paspor harus melalui walk-in dengan datang ke kantor imigrasi, tidak dapat didaftarkan secara online. Sebelumnya, lengkapi berkas pendukung. Bawalah berkas asli dan fotokopi di selembar kertas A4 untuk tiap dokumen.
  3. Pakai pakaian yang sopan dan bersepatu saat di kantor imigrasi.
  4. Jam operasi  kantor pukul 08.00 waktu setempat tapi nomor antrian bisa diambil 1-2 jam sebelum. Datang yang pagi ya. Apalagi di kota-kota besar antriannya bisa dimulai dari subuh.
  5. Berkas akan diperiksa keaslian dan kelengkapannya. Santai saja dan bicara jujur tentang penyebab kerusakan.
  6. Dari customer service, proses selanjutnya yaitu Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Kalau tidak ada antrian, bisa hari itu juga. Kalau nasib saya, antri 2 minggu!
  7. BAP oleh petugas seputar data diri dan kronologis lebih detail penyebab paspor rusak. Sekali lagi tetap santai dan bicara jujur. Hasil persetujuan BAP akan keluar dalam waktu sekitar 2 hari.
  8. Hasil BAP sudah ditangan. Waktunya foto dan wawancara seputar alasan pembuatan paspor. Dandan yang rapi, jangan pakai baju putih, dan senyuuuum (tapi ga boleh kelihatan giginya, nanti fotonya diulang loh!)
  9. Simpan tanda bukti pengambilan paspor dan instruksi pembayaran biaya paspor juga denda. Nah, paspor 48 halaman untuk WNI yang masih berlaku saat rusak akan dikenai denda Rp 300.000,- sedangkan yang masa berlakunya habis bebas denda. Aturannya baca di PP No. 45 Tahun 2014
  10. Pembayaran bisa melalui teller dan ATM BNI. Slip bukti dari teller di-copy 1x sedangkan slip dari ATM di-copy 3x.
  11. Ambil paspor sesuai jadwal yang tertera. Jangan sampai lewat sebulan ya.

Ini breakdown biaya penggantian paspor rusak yang masih berlaku:

  • Paspor biasa 48 halaman untuk WNI Rp 300.000,-
  • Paspor biasa 48 halaman pengganti yang rusak yang masih berlaku (denda) Rp 300.000,-
  • Jasa penggunaan teknologi sistem penerbitan dokumen keimigrasian berbasis biometrik Rp 55.000,-
  • Biaya administrasi bank BNI Rp 5.000,-

Nah..mudah kan mengurus penggantian paspor rusak.Sebelum jalan-jalan, baca dulu liburan ke Malaysia dan Singapura

 

5 thoughts on “Tips Penggantian Paspor Rusak

  1. Sy sempat kejadian ketumpahan air 4 passport gara2nya air minum tumpah di tas. Setelah diangin anginkan dan di balut tissue, keliatannya sih aman2 saja. Masih lolos keluar dari beijing dan masuk kembali ke indonesia. Tp setelah gak dipake lagi…mudah2an aman seterusnya soalnya paspor baru perpanjang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: