My Foottrip

Helena's journey to here and there

Tips Liburan Tanpa Menguras Isi Tabungan

Pernahkah terbersit di pikiran bahwa orang yang bisa sering berlibur hanyalah kaum kaya raya makmur sentosa? Hapusss…karena everyone deserves a holiday. Harapannya pulang liburan, badan pikiran jadi segar bersemangat dan bisa bayar tagihan kan.. Nah ini ada beberapa TIPS alias STRATEGI supaya bisa LIBURAN TANPA MENGURAS ISI TABUNGAN:

WindowsClipboard

1. Buat RENCANA

  • Kalau liburan gratis, ya syukur. Kalau harus bayar, tentukan besar budget dan asal sumber dananya (tabungan khusus liburan, minta ortu, kerja part time, dll yang penting halal tanpa ngepet)
  • Tulis daftar tujuan wisata dan hal yang akan dilakukan di sana. Dari situ dihitung biaya tiket masuk, alternatif transportasi, tempat menginap, outfit yang cocok, konsumsi, oleh-oleh, dll.

2. Rajin KUMPULKAN INFORMASI
Cari cara termudah dan atau termurah menjangkau suatu tempat wisata dan hal hal dari poin 1. Kalau malas mencari informasi, cari partner liburan yang rajin dan detail asalkan kamu mau terima beres atau ikut tour agent yang itinerary-nya sudah tersedia dengan jadwal yang pasti. Hal ini lebih simple namun tidak fleksibel untuk berkunjung ke tujuan-tujuan tertentu sesuai rencanamu.
Pilih jenis transportasi yang mudah murah nyaman.

Via Udara: kenali pola harga promo maskapai tujuan. Air Asia sering mengadakan tiket promo untuk penerbangan 6-12 bulan ke depan. Lion Air harganya fluktuatif, beli tiket jauh jauh hari kadang lebih mahal dibanding 1-2 minggu sebelumnya. Pantau harga dengan bantuan situs seperti skyscanner.com atau utiket.com yang rajin memberikan update harga melalui e-mail.

Via Darat: untuk beberapa kota di Indonesia ada komunitas nebengers.com untuk share biaya perjalanan. Pilih dari alternatif kendaraan pribadi atau sewa atau angkutan umum (bis, kereta, ojek, becak, dkk)

Via Laut: jujur nih belum banyak pengalaman bagaimana naik kapal / speedboat. Jadwal kapal ada di pelabuhan atau hubungi Pelni untuk wilayah Indonesia. Untuk keselamatan, bila ombak tinggi dan arus kencang, jadwal kapal bisa berubah jadi siapkan waktu liburan yang lebih panjang.
foottrip plane
Menginap di rumah teman atau saudara tentu menghemat ongkos perjalanan. Bila tidak ada kenalan di tempat tujuan, gunakan situs seperti couchsurfing.org untuk mencari tebengan menginap. Meski sangat membutuhkan, kita tetap harus selektif terhadap tuan rumah yang bersedia ditebengi. Ada beberapa kasus di mana uang dan barang berharga hilang diambil tuan rumah yang ternyata memiliki niat buruk.
Selain itu dapat dibandingkan harga serta fasilitas hostel, hotel, apartment, dkk antara lain melalui situs hostelbookers.com, agoda.com, hostelworld.com, tripadvisor.com. Penginapan yang dekat dengan lokasi wisata biasanya memberi harga lebih tinggi dibanding yang agak jauh. Perhitungkan pula kemudahan akses menjangkau berbagai tempat.

Banyak jalan tentu butuh banyak energi. Apalagi di tempat baru makin afdhol bila mencoba menu masakan daerah tersebut. Cari informasi makanan andalan yang enak dan sesuai budget. Untuk penghematan bisa membawa bahan makanan yang mudah diolah seperti beras, sarden, mie instant, dan semacamnya. Tempat menginap yang termasuk sarapan bisa menjadi opsi yang baik.
Info mengenai hal yang bisa dilakukan di suatu tujuan sudah tersebar luas (kecuali tujuan wisata yang belum banyak terjangkau). Silakan bertanya ke yang pernah pergi ke sana melalui milis atau grup traveling (Backpacker Indonesia untuk tujuan dalam dan luar Indonesia, Backpacker Dunia untuk tujuan selain Indonesia, dan komunitas lainnya). Baca buku traveling (beli, pinjam, atau cek di perpustakaan) dan browsing di internet (tourism website, blog, artikel). Arus informasi sekarang ini mudah dan cepat. Tinggal segimananya niat dan usaha untuk mencarinya. Dari info yang didapat juga kita bisa menyesuaikan pakaian dan alat-alat apa yang perlu dibawa bergantung cuaca tempat tujuan.
3. Siap KONSEKUENSI
Manusia hanya bisa merencanakan dan menjalankan rencana, selebihnya serahkan sepenuhnya pada Tuhan. Bila ada yang berbeda dari rencana harus ikhlas menerima dan cepat tanggap.
Misal ketinggalan kereta, segera cari tiket bus atau nebeng truk yang searah. Pas udah bahagia dapat promo tiket pesawat eh maskapainya bangkrut. Usahakan refund dan cari tiket lagi (ini sih gueee -,-). Mendekati tanggal berangkat malah sakit atau tidak dapat cuti, ikhlas..kelak semoga dibalas dengan free ticket yang lebih berharga (AMIIIIN). Ada hikmahnya lah..siapa tau bakal dapat pengalaman lebih seru, teman baru, atau promosi jabatan.

kalender 2015

Kalender 2015 (lupa sumbernya dari mana)

« »

© 2017 My Foottrip. Theme by Anders Norén.

%d bloggers like this: