My Foottrip

Helena's journey to here and there

Asik! BSD Ternyata Menyimpan 5 Tempat Wisata Ini Lho!

Bumi Serpong Damai (BSD) adalah salah satu kota terencana di Indonesia yang terletak di Serpong, Tangerang Selatan. Sebagai penyangga kota Jakarta, BSD tidak hanya dipenuhi dengan bangunan beton bertingkat, mulai dari gedung perkantoran hingga hotel di BSD. Beberapa sudut BSD menyimpan tempat wisata yang keren dan tentunya asik untuk dikunjungi.

Ketika pertama kali #MyfoottripMain ke BSD langsung kagum dengan tata kotanya. Begini ya jika membangun kota dengan terencana. Banyak lahan hijau, antar bangunan berjarak (ga umpel-umpelan/dempet-dempetan), juga banyak pohon. Enak deh buat jalan-jalan di sekitar BSD.

BSD memang kota yang komplit. Ada perkantoran, perumahan, sarana pendidikan, juga tempat wisata. Ngomongin berwisata, ini lho 5 tempat wisata yang menarik dikunjungi di BSD:

The Breeze BSD City

Diresmikan pada tahun 2013, The Breeze BSD City menjadi pusat lifestyle dengan konsep open air (ruangan terbuka) pertama di Indonesia. Di sini, pengunjung bisa menemukan puluhan unit usaha dari berbagai bidang, mulai dari fashion hingga kuliner. Hal ini berkaitan dengan tujuan pembangunan The Breeze, yakni sebagai wisata untuk belanja, kuliner, dan rekreasi. Jadi, bisa dibilang kalau The Breeze ini mirip dengan pusat perbelanjaan lain yang umumnya ada di Indonesia. Uniknya, bangunan The Breeze dibangun tanpa dinding dan terdiri dari dua bagian, yaitu Lake Level dan Sky Level. The Breeze juga memiliki banyak area hijau dan dikelilingi oleh danau seluas 2,5 hektar. Β Seru banget belanja atau cuci mata di tempat terbuka gini.

The Breeze BSD City (pic: breeze.bsdcity.co.id)

Danau Situ Gintung

Dulunya, Situ Gintung merupakan tempat penampungan air dan irigasi. Namun, sejak tahun 2008, Situ Gintung telah dikembangkan sebagai tempat wisata. Mengingat tidak adanya pantai di kawasan BSD, kehadiran Dana Situ Gintung bisa menjadi angin segar bagi warga untuk melarikan diri sejenak dari hiruk pikuknya kota.

Di tepi danau, terdapat hutan kota dan taman semi outdoor yang cukup luas untuk dijadikan tempat piknik atau sekadar bersantai. Fasilitas di area Danau Situ Gintung pun sudah cukup lengkap, seperti saung, restoran, kolam renang, lapangan futsal, dan area outbond. Bagi yang tertarik mengunjungi, Danau Situ Gintung berlokasi di Jalan Kertamukti Pisangan Barat No. 20 Desa Cirendeu, Ciputat.

Danau Situ Gintung (pic: Alampriangan)

Froggy Floating Castle

Waktu naik ojek ke Big Bad Wolf di ICE BSD City, saya melihat kastil di kanan jalan. Ternyat itu Froggy Floating Castle, sebuah bangunan berbentuk istana yang terlihat seolah-olah sedang melayang. Gedung setinggi 68 meter ini dibangun oleh Fernando Iskandar, yang kini menjadi representasi impian anak-anak muda Indonesia untuk menjadi orang besar. Itulah kenapa Fernando juga membangun Froggy Edutography, sebuah program pengembangan multiple intelligence bagi anak yang inovatif. Bahkan karena keunikan ini, Froggy Floating Castle pernah masuk rekor MURI sebagai floating castle pertama di dunia. Froggy Floating Castle ini ada Jalan Grand Boulevard di BSD City.

Froggy floating castle tampak melayang (pic: 108Jakarta)

Hutan Kota Tanah Tingal

Ingat sinetron Si Doel Anak Sekolahan? (Duh, jadul banget yak). Di sini nih tempat syutingnya, tepatnya hutan kota Tanah Tingal, Jalan Merpati Raya No. 32, Kelurahan Sawah Baru, Kecamatan Ciputat.

Di dalamnya terdapat danau kecil yang dikelilingi pepohonan. Tak hanya menikmati pemandangan alam, pengunjung bisa melakukan banyak hal menyenangkan di sini, seperti flying fox, bermain perahu, atau memberi pakan hewan.

Hutan Kota Tanah Tingal didirikan oleh almarhum Bapak Boediarjo. Beliaulah pemilik dari tanah seluas 9 hektar tersebut dan mengikhlaskannya untuk dijadikan hutan kota demi penghijauan dan pelestarian air. Dulu, nama hutan kota ini sempat berganti-ganti sebelum akhirnya menggunakan nama Tanah Tingal, yang merujuk pada nama sebuah desa di Magelang, Jawa Tengah.

Tanah Tingal (pic: travelerien.com)

Ocean Park BSD City

Ketika menginap di Grand Zuri Hotel, Myfoottrip mendapat kamar dengan pemandangan waterpark. Tampak gurita raksasa dengan tentakel yang menjulur. Di sampingnya ada seluncuran berbentuk spiral. Seru deh kayaknya meluncur di sana sambil memacu adrenalin.

Ternyata waterpark itu bernama Ocean Park. Ocean Park ini menjadi salah satu destinasi wisata paling populer di BSD City. Hanya dengan harga tiket masuk sebesar Rp 40.000 untuk hari biasa dan Rp 75.000 untuk akhir pekan serta libur nasional, pengunjung sudah bisa menikmati seluruh wahana yang ada di Ocean Park. Beberapa di antaranya adalah Splash Town, Pacific Wave, Carribean River, Race Slider, dan Lagoon the Bahama. Ocean Park juga memiliki program tiket hari pelajar pada Selasa dan Rabu, di mana pengunjung yang menunjukkan kartu pelajar atau kartu mahasiswa bisa mendapat potongan harga 50%.

Ocean Park BSD City (pic: meykkesantoso.com)

Banyak ya tempat wisata yang bisa dikunjungi di BSD. Ga perlu liburan jauh-jauh nih untuk menikmati akhir pekan. Bisa berwisata ke BSD aja.

Anyway, setelah puas menjelajahi kelima tempat di atas, istirahatkan tubuhmu di salah satu hotel di BSD yang kini sudah banyak dibangun. Jangan sampai karena terlalu semangat berlibur, kondisimu jadi drop. Mulai dari penginapan murah di kantong hingga hotel berbintang lima, semua bisa kamu booking melalui layanan seperti Traveloka.

« »

© 2017 My Foottrip. Theme by Anders Norén.