Anak-Anak Bakal Suka Belajar Seni di 5 Tempat Wisata Anak di Bandung Berikut Ini

Tempat wisata anak di Bandung – Hawa-hawa liburan udah berasa ya. Sebagian sekolah malahan udah libur sejak minggu lalu. Saya sendiri baru tersadar hampir menuju penghujung tahun 2017 ketika seorang kawan minta info liburan di Bandung. Dia nih mantan teman kantor yang dulu suka traveling bareng. Sekarang kami udah punya buntut jadi kalau bepergian ya sekeluarga. So, saya berpikir membuat daftar tempat-tempat wisata untuk referensi keluarganya berlibur akhir tahun di Bandung.

Liburan di Bandung bawa anak enaknya kemana aja ya? Saya sih jelas bakal skip masuk mal kecuali untuk makan atau belanja yang ga ada di kota asal. Lebih baik mencari suasana baru sekaligus media pembelajaran anak. Seperti kata majalah yang itu tuh, teman bermain dan belajar. Untuk daftar kali ini saya memilih lima tempat liburan anak di Bandung yang bisa menjadi ajang anak mengenal kesenian. Berikut pilihan tempat wisata anak yang bisa dikunjungi selama berlibur di Bandung:

  1. Kampung Batu Ecopark

Di Kampung Batu Ecopark, anak-anak dapat mempelajari kebudayaan Sunda. Ada berbagai permainan tradisional yang dapat dimainkan anak (kaulinan Sunda). Selain itu di Kampung Batu terdapat berbagai rumah adat Sunda dan bagian-bagiannya seperti tepas, leuit, pawon, songsong, seeng, dsb.

Di sini ada juga permainan menantang adrenalin yaitu flying fox sepanjang 120 meter yang melintasi danau. Terdapat pula penangkaran rusa totol, rumah kelinci, dan peternakan ayam, bebek, kalkun, juga angsa. Anak-anak bisa belajar kesenian Sunda sekaligus menyayangi binatang.

Tempat wisata anak di Bandung
Kampung Batu Ecopark, Bandung (pic. Kampung Batu)

Kampung Batu Ecopark

Jl. Raya Banjaran (Rencong), Desa Malakasari, Kec. Baleendah, Bandung

www.kampungbatu.co.id

Tiket masuk dewasa Rp10.000,-; anak Rp 5.000,-; Tektona waterpark Rp50.000,-

  1. Gang Sereh / Toko Layang-Layang Akiat

Kalau di Jakarta ada Museum Layang-Layang, di Bandung ada Toko milik Akiat yang menjual layang-layang. Di sini anak-anak dapat membeli layang-layang sekaligus menghiasnya sendiri.

Akiat yang pernah meraih juara dunia layang-layang telah pensiun sejak tahun 2004. Ia dengan senang hati mengajarkan membuat layang-layang bagi para pelanggan.

Akiat juara dunia layang-layang
Toko Layang-Layang di Gang Sereh (pic. Wisata Bandung)

Gang Sereh

Jl. Astana Anyar, Bandung

Jam operasional 10.00 – 15.00 WIB

Baca juga: Bahagia Melihat Koleksi Buku di Perpustakaan Ramah Anak Dispusip Bandung

  1. Rumah Batik Komar

Batik Komar didirikan pada 1998 oleh Dr. H. Komaruddin Kudiya, M.Ds dan istrinya. Hingga kini Batik Komar telah dipasarkan ke mancanegara dan mengikuti berbagai pameran di dalam maupun luar negeri.

Di Rumah Batik Komar, anak-anak dapat belajar melatih motorik dan kesabaran dalam membuat batik. Terdapat lima paket workshop, dari yang berdurasi sehari hingga lima hari, baik pemula maupun professional. Kalau baru memulai belajar batik, bisa mengambil paket 2 yaitu tur melihat proses pembuatan batik dan berlatih membatik di sapu tangan. Harga paketnya bervariasi, mulai Rp60.000,-/orang.

tempat wisata anak di bandung
Belajar membatik di Rumah Batik Komar (pic. Batik Komar)

Rumah Batik Komar

Showroom Jl. Sumbawa No. 22, Bandung

Kantor pusat dan workshop Jl. Cigadung Raya Timur I no 5 Bandung 40191

Tiket masuk Rp20.000,-

Showroom 09.00 – 17.00 WIB; Workshop 08.00 – 16.00 WIB

Batik-komar.com

  1. Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok

Di tengah kota Bandung juga ada wisata seni khas Sunda, yaitu Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok. Kampung ini berhiaskan mural warna-warni. Pengunjung pun bisa menyumbangkan hasil karyanya dalam bentuk mural di sini.

Selain itu kampung wisata ini menyediakan pertunjukkan seni Tari Jaipong, alat musik calung, wayang, juga pembuatan kertas tradisional dari pohon Saeh. Anak-anak juga dapat memainkan permainan tradisional Sunda.

tempat wisata anak di bandung
Kampung Wisata Dago Pojok (pic. infobdg)

Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok

Jl. Dago Pojok RW. 03, Coblong, Bandung

Jam operasional 08.00 – 22.00 WIB

Tiket masuk: donasi

Baca juga: Mengajak Anak Mencintai Alam di Jendela Alam, Bandung

  1. Saung Angklung Udjo

Destinasi wisata Bandung yang satu ini sangat tersohor. Saung Angklung Udjo menjadi one-stop cultural workshop yang menyediakan penampilan kesenian angklung, pusat kerajinan tangan dari bamboo, dan workshop angklung.

Setiap sore terdapat pertunjukan angklung yaitu pukul 15.30-17.30 WIB. Terdapat pula berbagai edukasi kebudayaan Sunda. Dan, jangan lupa membawa pulang souvenir angklung untuk dimainkan di rumah.

tempat wisata anak di bandung
Saung Angklung Udjo (pic. Saung Udjo)

Saung Angklung Udjo

Jl. Padasuka No. 118, Bandung

Jam operasional 07.00 – 17.30 WIB

www.angklung-udjo.co.id

Tiket Pesawat dan Hotel Murah di Bandung

Itulah sebagian tempat wisata anak di Bandung yang cocok mengenalkan kesenian pada anak. Setelah memiliki daftar tujuan wisata, sekarang saatnya berburu tiket pesawat dan penginapan.

Berhubung teman saya tinggal di Palu, maka pencarian tiket pesawatnya dengan tujuan Palu – Bandung. Sayangnya tidak ada direct flight sehingga pilihan terbaik yaitu transit dua kali, di Balikpapan dan Banjarmasin. Wih, dari Sulawesi mampir ke Kalimantan kemudian ke Jawa.

Kebutuhan kedua yaitu penginapan. Saya belum ada pengalaman menginap di Bandung karena tiap ke sana nebeng di rumah keluarga. Hehehe.

paket pesawat hotel traveloka
Mencari tiket pesawat dan hotel murah di Bandung

Untunglah Traveloka punya fitur pemesanan tiket pesawat sekaligus hotel. Lebih hemat waktu karena hasilnya langsung muncul dalam sekali waktu. Hasil pencarian bisa diotak-atik supaya mendapat tiket pesawat dan hotel termurah namun sesuai selera. Ya maklum, liburan hemat tapi tetap nyaman.

Setiap pilihan hotel ada ulasan, foto, fasilitas, dan info tempat wisata terdekat. Info-info ini membantu buat para wisatawan yang hendak memilih penginapan.

Untuk paket pesawat hotel Traveloka selama 5 hari 4 malam di Bandung sementara ini paling oke di harga Rp3,6juta-an per orang. Ini murah lho, kan peak season. Bahkan lebih murah dibanding pesan tiket dan hotel secara terpisah. Di sini lebih hemat Rp300ribu-an tanpa kode promo. Lumayan kan buat kulineran di Bandung.

Pilihan pembayarannya juga banyak. Bisa dengan kartu kredit, direct debit, ATM & Bank Transfer, juga bayar di Indomaret, Alfamidi, maupun Alfamart. Makin banyak aja ya fitur Traveloka.

hotel murah di bandung
Paket tiket pesawat dan hotel dari Traveloka lebih hemat!

By the way, saya udah cocok membuka usaha tour & travel? Dengan fitur paket tiket pesawat dan hotel dari Traveloka, saya semakin mudah mencarikan tiket dan penginapan untuk liburan.

Kalau kamu, udah merencanakan liburan akhir tahun kemana? Udah coba fitur flight+hotel Traveloka?

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Author: helenamantra

Love to share stories on helenamantra.com and myfoottrip.com

31 Thoughts

  1. Wkwkwk hampir semua destinasi tsb sdh dikunjungi anak2ku. Apalagi saung angklung Udjo dekat bgt dgn rumah. Bandung punya bnyk sih tempat wisata yg ramah anak asalkan mau bermacet macet ria saja krn skrg Bandung luaaaar biyasah macetnya. Dan penuh dg wisatawan jkt, bogor dan bbrp daerah jateng yg holiday ke bdg.

  2. aku ga punya anak, tapi aku mengkategorikan aku sebagai ‘anak’-nya.. pengen banget ke kampung wisata dago. rencananya awal taun depan mau kesana sama sepupu2 aku. dan aku baru tau soal kampung batu dari sini, makasih banyak mbak infonya! 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *