My Foottrip

Helena's journey to here and there

Siapkan Boarding Pass Sebelum Naik Kereta Api

Happy weekend, everyone! Libur akhir pekan ini lebih lama sehari karena Senin juga libur Idul Adha. Ada rencana jalan-jalan atau mengunjungi sanak saudara? Long weekend kali ini kami tidak kemana-mana karena menjadi panitia Idul Adha di masjid dekat rumah. Saya mau cerita pengalaman liburan yang lalu saja ya. Saat itu kami menggunakan moda kereta api. Ada yang baru pada sistem ticketing kereta api Indonesia.

boarding-pass-kereta-api-helenamantra-3

Mau jalan-jalan ke mana ya?

Musim liburan begini jalanan antar kota sering macet. Untuk keperluan mudik, beberapa tahun terakhir ini kami selalu naik kereta api. Alasannya sederhana, bebas macet karena punya jalur sendiri. Saya teringat pertama kali naik kereta ekonomi dari Jakarta ke Surabaya saat kuliah. Penumpang berebut tempat duduk padahal kami sudah punya tiket. Saya pun bergantian duduk dengan teman. Kalau kebelet buang air harus ditahan sampai kereta berhenti di stasiun lalu cari toilet. Di kereta ada toilet tapi ditempati penumpang yang tidak kebagian kursi. Benar-benar sesak dan tidak teratur.

Gambaran tidak nyaman naik kereta sudah berubah. Fasilitas di dalam kereta api kini semakin nyaman. Kelas ekonomi hingga eksekutif sudah ber-AC dan hanya penumpang bertiket yang boleh masuk kereta. Ada petugas kebersihan on board sehingga toilet tetapi wangi sepanjang perjalanan. Dari segi harga untuk kelas ekonomi memang naik 2x lipat tetapi sepadan dengan fasilitas yang ada.

Alur dari pembelian tiket sampai naik kereta lebih mudah dan tertib. Alurnya sebagai berikut:

  1. Calon penumpang membeli tiket kereta api via online sejak H-90. Penjualan tiket di stasiun hanya untuk go-show (jadwal keberangkatan hari H saja). Kita tidak perlu antri dari subuh di loket stasiun seperti zaman offline dulu.
  2. Penumpang akan mendapat kode booking untuk check-in dan mencetak boarding pass. Nah ini nih yang baru dari sistem ticketing kereta api, seperti hendak naik pesawat.

    boarding-pass-kereta-api-helenamantra-2

    Mbak petugas membantu check-in

  3. Penumpang ke stasiun untuk check-in di check-in counter atau mesin check-in mandiri. Hal ini bisa dilakukan mulai 12 jam sebelum keberangkatan di stasiun. Serahkan bukti pembayaran ke petugas atau masukkan kode booking ke mesin check-in mandiri. Penumpang akan mendapat boarding pass. Kertasnya lebih tipis dari tiket kereta yang biru itu.

    boarding-pass-kereta-api-google

    Foto boarding pass saya hilang, pakai contoh dari google aja deh

  4. Sebelum masuk ke ruang tunggu, petugas akan mencocokkan boarding pass dan ID card penumpang. Hanya penumpang yang memiliki tiket yang boleh masuk ruang tunggu.
  5. Di dalam kereta, penumpang duduk sesuai nomor kursi di boarding pass. Akan ada pengecekan tiket oleh petugas on board. So, tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat duduk. Naik kereta makin nyaman, deh.

    imageedit_2_9503203336

    Menunggu boarding ditemani Loko

Semakin nyamannya kereta api membuat saya tak ragu membawa anak mudik naik kereta. Ia senang melihat banyak penumpang, terutama anak kecil. Ia akan berjalan di lorong sambil menengok ke kanan dan kiri menyapa penumpang lain. Oh ya, tiket kereta untuk anak usia 2 tahun masih gratis tapi tetap harus order ya. Otomatis biayanya nol rupiah.

« »

© 2017 My Foottrip. Theme by Anders Norén.