Review Permainan Kidzania Jakarta untuk Anak 4 Tahun

Kidzania Jakarta menjadi tujuan wisata edukasi untuk anak. Di Kidzania, anak-anak dapat mencoba “bekerja” di beragam profesi dan mendapat “gaji”. Permainan apa yang cocok untuk anak usia 4 tahun di Kidzania Jakarta?

Usia 3-4 tahun SID menunjukkan ketertarikan pada pretend play atau role play. Ia berpura-pura berjualan lalu saya menjadi pembelinya. Kepikiran sih mau mengajaknya ke Kidzania Jakarta di mal Pasific Place, tapi apakah permainan di sana cocok untuk anak balita seperti SID?

Syukur alhamdulillah weekend lalu tepatnya 1 September 2019 saya dan SID diajak Allianz Indonesia main ke Kidzania. Kami bersama Momsinfluencer.id bermain selama sesi 1 juga mengikuti parenting talkshow mengenai bakat dan minat anak.

review permainan kidzania anak 4 tahun
SID di mobil Secret Agent Allianz

 

Jadwal Kidzania Jakarta

Saya sendiri udah lama enggak masuk Kidzania. Terakhir waktu masih mengantar keponakan main ke sana beberapa tahun lalu jadi samar-samar gimana cara mainnya. Eh, sekarang udah bawa anak sendiri. Time flies so fast ….

Kidzania berbeda dengan playground untuk balita yang umumnya berisi permainan motorik maupun sensory. Masuk ke Kidzania seperti masuk ke miniatur kota lengkap dengan jalan raya dan toko-toko. Di Kidzania Jakarta terdapat puluhan wahana yang disebut establishment bekerja sama dengan brandbrand yang familiar. Di tiap establishment, anak dapat berperan menjadi profesi tertentu lalu mendapat uang mainan (alias digaji) yang disebut KidZos. Ada juga permainan yang bila ingin menggunakannya, anak perlu membayar sejumlah KidZos. Contohnya ke tempat disco, naik bus, atau naik taksi.

Lucu deh, benar-benar serasa di kota kecil yang komplit. Establishment-nya beragam dari minimarket, toko pizza, cokelat, rumah sakit, farmasi, pemadam kebakaran, polisi, sampai agen rahasia!

harga tiket kidzania promo
Jadwal dan harga tiket Kidzania (sumber: website Kidzania Jakarta)

Oh ya, Kidzania Jakarta tempatnya luas banget, 7.500 m2, lho, yang terbagi menjadi lantai dasar dan lantai atas. Lumayan ya keliling Kidzania naik turun tangga, tapi melihat ekspresi anak yang bersemangat, capeknya disimpan dulu.

Nah, main di Kidzania ini ada waktunya. Jadwal Kidzania Jakarta sebagai berikut:

Senin – Kamis pukul 09.00 – 16.00 WIB

Jumat – Minggu dibagi menjadi sesi 1 pukul 09.00 – 14.00 WIB dan sesi 2 pukul 15.00 – 20.00 WIB

Khusus hari libur/ hari besar jam operasional Kidzania bisa berbeda. Sebaiknya cek ke website-nya, ya.

Baca juga: Review Playground Buumi Playscape

Selama sesi bermain, anak dan pendamping hanya boleh sekali masuk Kidzania. Kalau mau keluar terus masuk lagi, ya bayar lagi, kecuali untuk anak usia 2 – 3 tahun boleh masuk – keluar, ya.

Kalau lapar, tenang saja, di dalam Kidzania tersedia restoran. Nah, untuk pembelian makanan yang ini pakai rupiah, ya.

Wahana di Kidzania Jakarta untuk Anak 4 Tahun

Kidzania Jakarta untuk umur berapa?

Idealnya ya wahana di Kidzania ditujukan untuk anak usia 4 – 16 tahun karena anak akan bermain sendiri tanpa didampingi orang tua. Jadi serasa benar-benar bekerja, kan kalau kerja enggak pakai ditunggu ortu, hehe. Untuk anak usia 2 – 3 tahun hanya sedikit permainannya. Menurut saya, sabar dulu deh menunggu sudah cukup umur untuk masuk Kidzania.

review permainan kidzania anak 4 tahun
Riyadh dan SID di Nugget Factory Kidzania

Sebelum bermain ke Kidzania, saya hanya sekilas memberi tahu SID tentang tata cara bermain di sana, seperti tidak boleh membawa makanan dari luar dan nantinya SID dapat mencoba banyak profesi. Duh, briefing saya kurang karena tidak menjelaskan bahwa orang tua tidak diperkenankan masuk ke establishment. SID yang masih kecapekan, sehari sebelumnya pulang malam, sempat ngambek enggak mau main sama sekali. Ia minta ditemani karena masih beradaptasi dengan suasana di Kidzania.

Setelah menenangkan diri sejenak, syukurlah ada bala bantuan datang. SID bertemu Riyadh, teman mainnya, di Kidzania. Mereka seumuran jadi klop kalau jalan bareng. Hoho … langsung deh saya gandeng Riyadh dan SID untuk menikmati berbagai permainan di Kidzania.

Di awal, saya sempat kesulitan mencari wahana di Kidzania untuk anak 4 tahun. Rata-rata wahana di lantai dasar untuk anak usia 6 tahun ke atas. Meski Kidzania ditujukan untuk anak mulai usia 4 tahun, tidak semua wahana dapat dicoba karena tiap tempat memiliki batas minimal usia. Akan tetapi, setelah berkeliling naik turun tangga, ada beberapa wahana di Kidzania Jakarta untuk anak 4 tahun, antara lain:

uang mainan kidzania untuk apa
Cairkan cek di bank untuk mendapatkan KidZos
  1. Bank

Masuk Kidzania, anak-anak dibekali sebuah cek senilai 50 KidZos. Cek ini perlu dicairkan ke bank. Uang Kidzania ini dapat digunakan di berbagai wahana oleh anak-anak. Kalau mau membuat kartu ATM, perlu menyetorkan uang 30 KidZos. Kartu ATM-nya bisa dipakai di ATM dalam Kidzania, lho!

  1. Safety Riding School

Di sini, SID belajar menyetir mobil. Namun, sebelum menyetir harus membuat SIM. Caranya, ke rumah sakit untuk medical check-up dengan membayar sejumlah KidZos (lupa tepatnya, 5 atau 10 KidZos). Kemudian SID ke Training Center untuk mencetak SIM A lengkap dengan foto dan namanya (bayar lagi, 5 atau 10 KidZos)

review kidzania jakarta terbaru
Ayeey, SID punya SIM A dari Kidzania
  1. Training Center

Ini tempat SID mencetak SIM. Ia ditanya nama dan difoto. Jadi deh SIM a la Kidzania.

  1. Shoe Factory

Di pabrik sepatu, SID menguji ketahanan sepatu bola. Dengan memakai baju lab putih yang kebesaran, ia dan Riyadh nampak lucu. Bagian ini tidak terlalu jelas dari luar karena letaknya menjorok ke dalam.

Setelah itu ia berganti kostum lalu bermain bola di lapangan kecil. Ceritanya, sepatu yang tadi dibuat akan diuji di lapangan. Berhubung SID dan Riyadh masih imut-imut, enggak ada ukuran sepatu yang pas untuk mereka.

  1. Tea Factory

Bagian dari pabrik teh dibagi dua. Di ruangan pertama, anak-anak menonton proses pembuatan the lewat TV. Setelah itu mereka pindah ruangan ke “kebun teh” untuk menyiram teh. Lalu, kelompok Kidzanian kembali lagi ke ruangan pertama melihat pengemasan teh dan minum teh dingin. Uh, segarnya ….

review wahana kidzania untuk balita
Menyiram teh di Tea Factory Kidzania
  1. Nugget Factory

SID tertarik bekerja di pabrik nugget karena ia penggemar nugget, hihi …. Di sini, ia membentuk dan mencetak adonan nugget. Tidak ada sample nugget yang diberikan ke anak, hanya dijelaskan proses pembuatannya saja. Meski demikian, SID senang, lho, pernah “kerja” di Nugget Factory.

  1. City Tour

Di bagian ini, SID naik bus berkeliling Kidzania. Ia perlu membayar 5 KidZos. Ada juga pilihan transportasi dengan naik taksi seharga 10 KidZos.

  1. Acting Academy

Anak dapat berakting menjadi model atau artis dengan beragam pilihan kostum. Gemas!

  1. Colour Studio

Anak belajar tentang warna dan cat dinding.

  1. Dentist

Anak menjadi dokter gigi dengan pasien berupa alat peraga.

review kidzania jakarta
Pakai jas lab di Shoe Factory Kidzania
  1. Window Washing

Pernah melihat orang naik lift terbuka membersihkan jendela gedung? Nah, di Window Washing anak bisa mencoba profesi tersebut.

  1. Fire Station

Ini wahana paling ramai dan selalu antre. Anak berpakaian menjadi petugas pemadam kebakaran, naik mobil damkar, juga memadamkan api di gedung yang terbakar. Seru, ya, tapi SID enggak ingin lho. Mungkin karena ia sudah pernah field trip ke kantor pemadam kebakaran.

  1. TV Station

Anak bisa menyanyi dan menari sambil direkam seperti tampil di studio TV.

  1. Book Factory

Anak belajar pembuatan buku tulis. Sayangnya waktu itu tidak dibagikan sample buku jadi wahana ini sepi peminat.

Baca juga: Tips ke Big Bad Wolf

  1. Wafer Factory

Anak belajar proses pembuatan wafer cokelat.

  1. Noodle Factory

Pabrik mie termasuk wahana kesukaan anak-anak karena di sini mereka belajar membuat mie sendiri.  Pulangnya, mereka mendapat sample mie dalam balon besar.

  1. Chocolate Factory

Siapa sih anak yang enggak suka cokelat? Ya tentu SID (saya jawab sendiri, haha ….). Meski bolak-balik lewat depan Chocolate Factory, ia tidak berminat masuk ke sini. Padahal, di sini anak-anak praktek membuat cokelat dan mendapat sample cokelat untuk dibawa pulang, lho.

  1. Pharmacy

Di Pharmacy, anak-anak memakai jas lab putih dan belajar meracik obat sesuai resep.

  1. Disco & Games Room

Butuh hiburan setelah capek bekerja? Mampir aja ke Disco & Games Room untuk bersenang-senang. Di sini perlu membayar sejumlah KidZos, ya.

kidzania jakarta review terbaru
Menyetir mobil setelah mendapat SIM A Kidzania

Dari sekian wahana Kidzania yang cocok untuk anak 4 tahun, SID hanya mencoba 7 establishments. Sebenarnya ia belum puas ingin “bekerja” lagi setelah makan siang namun sesi bermain di Kidzania telah habis. Ya sudah ia melangkah menuju pintu keluar dengan wajah cemberut. “Semoga ada rezeki untuk ke Kidzania lagi, ya, Nak,” hibur saya.

Parenting Talkshow Mengetahui Bakat dan Minat Anak

Seperti cerita saya di awal bahwa SID sempat ngambek enggak mau main di Kidzania, waktu itu saya ajak dia masuk ke teater untuk mengikuti parenting talkshow bersama Allianz. Tema talkshow pagi itu tentang “Pentingnya Mengetahui Minat dan Bakat Anak Sejak Dini”.

Pas banget nih topik talkshow-nya karena saya masih mengamati sebenarnya SID ini minat di mana, sih. Kok kayaknya minatnya ganti-ganti, kadang malah ikut-ikutan temannya. Itulah mengapa sampai sekarang saya belum mendaftarkan dia ikut les apapun. Ya, daripada udah daftar setelah itu ia enggak mau masuk, bisa rugi bandar. Hahaha ….

allianz family challenge race kidzania 2019
Parenting talkshow tentang bakat dan minat anak

Artis Mona Ratuliu bercerita minat dan bakat ketiga anaknya berbeda-beda. Ia selama ini mengamati dan berusaha mendukung kegemaran si anak.

Mona menyadari anak bukan miniatur orang tuanya maka lumrah bila minat anak berbeda dengan minat orang tuanya. Seperti anak bungsunya yang suka gymnastics padahal Mona tidak paham dunia olahraga. Untuk memfasilitasi sang anak, Mona mencarikan les gymnastics dekat rumah.

Firesta Farizal, M.Psi., Psikolog menjelaskan tidak ada cara instan untuk mengetahui minat dan bakat anak karena anak di bawah usia 18 tahun butuh banyak eksplorasi. Jadi, wajar bila kegemaran anak masih bergonta-ganti.

Perlu dilihat juga sampai seberapa minat anak akan sesuatu. Misalnya, anak minat dengan musik. Bagian mana yang diminati, apakah berminat main alat musik atau mendengarkan musik saja.

Baca juga: Menggali Minat dan Bakat Anak

Untuk mengetahui bakat dan minat anak, orang tua perlu meluangkan waktu berkualitas dengan anak untuk ngobrol dan mengobservasi. Pikirkan perencanaan mau sekolah atau les di mana yang cocok dengan anak.

“Tidak ada cara instan untuk mengetahui minat dan bakat anak karena anak di bawah usia 18 tahun butuh banyak eksplorasi”

Iya ya, kuncinya pada beri kesempatan anak untuk eksplorasi kemudian observasi. Eh, tapi bukan berarti menuruti semua kemauan anak untuk ikut les ini-itu, lho. Sebelumnya diskusikan dengan si anak karena les butuh biaya.

Kidzania menjadi salah satu tempat yang cocok untuk eksplorasi dan observasi anak, nih. Di sana tersedia beragam profesi untuk dicoba. Dari permainan tersebut, bisa terlihat mana yang menjadi minat anak. Ya, siapa tahu kelak ia akan bekerja di bidang tersebut.

Cara ke Kidzania Jakarta Naik Bus dan MRT

Astaga, cerita keseruan main di Kidzania bareng Allianz Indonesia jadi enggak terasa sepanjang ini. Hoho …. Buat yang penasaran main di Kidzania, gampang kok akses menuju ke sana.

uang mainan kidzania kidzos untuk apa
Naik bus perlu bayar 5 KidZos

Kidzania Jakarta terletak di lantai 6 Pasific Place, SCBD, Jakarta. Yup, letaknya di dalam mal di kawasan perkantoran, tepat bersebelahan dengan kantor BEI. Cara ke Kidzania Jakarta naik transportasi umum sangatlah mudah, yaitu:

  • Naik bus Transjakarta (TJ) turun halte busway Polda. Banyak bus TJ yang melewati halte ini, salah satunya bus TJ jurusan Blok M – Kota.
  • Naik MRT turun stasiun MRT Istora Mandiri.

Pengalaman pertama ke Kidzania bersama anak usia 4 tahun rasanya ingin kembali lagi. Semoga ada kesempatan saat SID 7 tahun (masih lama, yaa) karena ia ingin menjadi “Secret Agent” dan mencoba panjat dinding di establishment Allianz.

allianz kidzania jakarta
Allianz Building Climbing Kidzania

 

Kidzania Jakarta

Pacific Place lantai 6

Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 52-53, RT.5/RW.3,

Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,

Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Author: helenamantra

Love to share stories on helenamantra.com and myfoottrip.com

22 Thoughts

  1. Wah…aku belum pernah nih ke Kidzania, soalnya anak-anak udah remaja dan ngak mau di ajak ke tempat permainan ini, tapi aku suka nih dengan konsep permainan di Kidzania karena anak-anak bisa mendapat edukasi tentang profesi sejak dini, jadi minat dan bakatnya bisa tersalurkan dan bantu orangtua buat ngenali bakat anak-anaknya.

  2. Seru ya main di kidzania. Kalau anak dibawah 3 tahun emang nggak bisa betah di satu lokasi berlama-lama ya mbak, jadi bisa aja malah bolak balik keluar masuk. Emang idealnya bawa anak ke sana klo udah bisa ngerti permainan ya, jadi nggak rugi bayar mahal

  3. pengen ke kidzania lagi.
    dua kali ke kidzania, dua kali kondisinya crowded pisan 😀
    next time moga pas sepi biar puas main aneka wahana tanpa antrian mengular sampai setengah jam lebih 🙂

  4. Beberapa waktu lalu, anak anak merengek ingin ke Kidzania, cuma aku belum tau berapa harga tiketnya, biar bisa nabung dulu gitu mereka hihi yah secara anakku kan banyak, ga bisa main dadakan aja

    Btw Sid, senang banget kayaknya ya main di sana

  5. Ya ampuuun seru banget yah, SID. Nggak nyangka permainannya sebanyak itu mah Mbak. Terima kasih yaaa reviewnya. Jadi udah punya gambaran duluan nih sebelum ngajak Hammam ke Kidzania. Kayaknya gemas banget kalau dia main di TV Station atau Window Washing.

  6. Permainannya asyik dan seru banget, ya. Fasilitasnya pun komplit. Wajar harganya pun maniiis. Eh, orang dewasa itu ada harga tiketnya juga? Kalau anaknya main, orangtua harus ikut di dalam atau biarkan aja anak-anak di dalam karena ada guide-nya? Tapi, biasanya orangtua penasaran pengen foto-fotoin anak sih, yak, wkwkwk …

  7. ihiy, Sid udah punya SIM, jangan kebut kebutan di Kidzania ya Siiid. Hihihi. Emamg seru banget ya kidzania buat anak anak, pasti Sid ga sabarbuat balik lagi nih pas 7 tahun nantiiii. hihihi

  8. Bisa ngebayangin betapa ga sabarnya SID untuk menjadi secret agent ya.
    Anak-anak pasti senang sekali bisa menikmati berbagai profesi yang dikenalkan di Kidzania. Ini bisa menjawab rasa penasaran mereka selama ini tentang apa saja yang dilakukan orang dewasa ketika bekerja.

  9. Nah bener ya permainan di Kidzania ini lebih banyak dan cocok buat usia anak SD. pas ke Jakarta pengen main ke sini tapi si bungsu masih belum genap 3 tahun jadinya ke tempat lain deh. Kalau ke sini musti siapin budget lebih ya.

  10. Jadi ingat dulu pertama di buka, jadi tempat langganan anak temanku kalau ultah. Alhasil ya bolak lik ke Kidzania dari jadi pembalap, dan reporter hahaha…Enjoy memang anak anak disini ya

  11. Menyenangkan sekali kayaknya main di kidzania. Anak anak pasti senang, saya aja jadi kepengen ikutan main. Sekali masuk bisa dapat beragam pengalaman bermain sambil belajar. Seru bangettt

  12. Banyak banget tempat kerjanyaaa…
    Tapi ini gak akan pernah sama yaa, kak…?
    Soalnya perasaan temen cerita kalau anaknya pernah berperan jadi polisi buat nangkep penjahat, atau fireman, dll.
    Lucunyaa~
    Tante juga mau doonk…dianter SID naik mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *