Review Main di Buumi Playscape Pasific Place Jakarta

Review playground Buumi Playscape, tiket, lokasi, dan jam buka.

Hey Mommies pecinta playground di Jakarta, udah pernah ke Buumi Playscape Pasific Place Jakarta? Playground di Kawasan SCBD Jakarta Pusat mepet Jakarta Selatan ini membuat SID betah bermain selama 2 – 3 jam tiap kali ke sana. Menurut saya, playground ini cocok banget untuk bayi dan batita. Ini nih serunya main di Buumi!

Aneka Permainan di Buumi Playscape

Playground di Pasific Place ini bentuknya unik. Luasnya yang terbatas seluas toko membuat ragam permainan dibuat bersusun. Beda dengan Kidzooona yang melebar ke samping, tempat bermain Buumi bisa dibilang bersusun tiga tingkat. Enggak luas, sih, tapi banyak juga lho mainan di sini, yaitu:

buumi playscape pasific place jakarta
Memanjat di rumah pohon Buumi

Kolam Sensory

Pertama kali masuk ke Buumi, kami disambut kolam sensory di sebelah kanan. Isinya kacang merah kecil dengan mainan plastik seperti buah-buahan. Anak bayi dan batita asyik nih sensory play di sini sampai ada yang duduk di antara lautan kacang. SID udah gede tapi main kacang-kacangan selalu menjadi hal menarik. Oh ya, selama bulan Agustus, isi kolam kacang menjadi balon berisi tepung dan kacang juga hiasan 17 Agustus.

review buumi playscape jakarta
Tempat membaca yang iconic di Buumi Playscape

Reading Corner

Di sebelah kiri dekat pintu masuk terdapat reading corner sebanyak 5 lingkaran yang iconic. 3 lingkaran di bawah dan 2 lingkaran di atas. Entahlah, SID suka sekali duduk di lingkaran atas sambil membaca buku. Ya terpaksa Ibu ikutan naik dengan susah payah.

Buku-buku di Buumi tersedia dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Setelah lelah berlarian di playground, SID biasanya minta dibacakan buku pilihannya di sini.

Perosotan dan Rumah Pohon

Dari luar, arena bermain ini yang menarik yaitu nampak rumah pohon dengan jala-jala pelindung. Saya enggak tahu istilahnya tapi ya sebut saja rumah pohon gitu ya. Di sini ada dua rumah pohon yang dihubungkan dengan jembatan kayu. SID suka memanjat rumah pohon dan meluncur di dua perosotan.

Selain perosotan, di sini ada tongkat cahaya berbagai warna yang bisa dipasang. Seru juga lho melatih motorik sambil mengenal warna.

Baca juga: RPTRA dan RTH Kalijodo

Baby Playground

Arena bermain bayi dan batita di Buumi Playscape memiliki banyak mainan. Enaknya tuh, si anak bayi enggak khawatir kesenggol anak yang lebih besar saat bermain di playground karena ada space khusus.

Yang mencolok yaitu dinding sensory untuk anak belajar merasakan berbagai tekstur, memencet, memutar, menarik, dan sebagainya. Ada juga puzzle geometri besar dan berbagai mainan kayu edukatif. Buku-buku anak juga ada di sini.

tiket buumi playscape jakarta
Sensory wall untuk bayi

Terowongan

Di bagian bawah rumah pohon terdapat terowongan yang berisi balok Styrofoam, cermin magnet, masak-masakan, dan ice cream mini. PR nih waktu ikuti SID berjalan di sini karena saya harus merangkak. Berhubung perut udah gede, saya enggak kuat jalan jongkok.

Trampoline

Kids love to jump to release their energy so trampoline is a must! Trampoline kecil yang cukup untuk 1 – 2 anak ini tersedia di pojokan dekat tenda. Juli 2019 ke sini si trampoline belum ada. Waktu Buumi ulang tahun, trampoline diisi water beads sehingga anak-anak melompat sambil menginjak beads yang licin. Seru!

Baca juga: Arena Bermain Anak di Gresik

Area serba guna

Area ini terletak di belakang Buumi. Bentuknya panggung kecil dengan kursi dan meja. Bisa untuk bermain bebas atau menjadi tempat in-house activity. Di sini tersedia banyak mainan edukatif dari kayu dan magnet.

Oh ya, di Buumi selain bermain bebas terdapat in-house activity yang dapat diikuti anak secara gratis. Aktivitas ini seperti membuat art & craft, menyanyi, story-telling, dan sebagainya. Kegiatannya berbeda-beda setiap pukul 11, 13, 15, 17, dan 19. Jadi, kalau main ke Buumi cobalah datang di waktu tersebut supaya bisa mengikuti in-house activity.

permainan buumi playscape pasific place
In-house activity membuat badut

Mandi bola

Saat berada di area serba guna, saya tengok ke atas. Lho, rupanya bukan dinding tetapi jala putih dan bola berwarna biru, abu-abu, dan bening yang nampak. Wah, di atas area ini ada mandi bola!

Rada khawatir melihat SID yang grusak-grusuk bermandikan bola. Takut jebol! Eh, insya Allah kuat selama anak-anak mengikuti aturan. Kalau tak salah, maksimal tiga anak dalam sekali permainan.

Kelas Mata dan Hati

Setiap harinya di Buumi diadakan kegiatan di kelas. Contohnya meet and greet with Maudy Ayunda yang kami ikuti (baca ceritanya di sini) juga kelas montessori for baby and toddler. Kelas ini berbayar dan termasuk sekian jam bermain di playground.

buumi playscape pasific place jakarta
Yay, ketemu Maudy Ayunda di Buumi

Harga Tiket Buumi Playscape Pasific Place

Playground di Pasific Place ini terletak di lantai 3 pojokan, dekat Mothercare dan di seberang Gingersnaps. Lokasinya tidak semencolok Zoomoov Playground yang lebih dekat lift di lantai yang sama.

FYI, Pasific Place mudah dijangkau dengan transportasi publik. Ada stasiun MRT Istora Mandiri di depannya atau jika naik bus Transjakarta bisa turun di halte Polda. Dari situ jalan kaki masuk ke “kolong” yang menghubungkan BEI dengan Pasific Place.

tiket buumi playscape jakarta
Main mandi bola bisa ngintip yang di bawah

Harga tiket Buumi Playscape berlaku untuk 1 anak plus 1 pendamping, yaitu:

  • Usia 1 tahun ke atas: Weekdays 110.000 rupiah dan weekend 135.000 rupiah
  • Newborn hingga 1 tahun: weekdays 90.000 rupiah dan weekend 110.000 rupiah
  • Tambahan pendamping: weekdays 30.000 rupiah dan weekend 40.000 rupiah.

Untuk weekdays, HTM Buumi berlaku seharian alias all day. Sedangkan saat weekend, HTM Buumi berlaku tiap 4 jam. Semuanya bisa ikutan in-house activity for free. Btw, jam operasional Buumi Playcape mulai pukul 10.00 hingga 21.00  WIB.

Baca juga: Kidzooona Mal Artha Gading

Di Buumi tersedia loker di bagian atas rak sepatu. Kalau mau pinjam, cukup nitip KTP. Awalnya saya enggak nyadar ada loker di sana jadi tas ransel hanya saya letakkan di atas rak sepatu. Alhamdulillah enggak ada barang yang hilang. Penjaganya jagain terus di pintu masuk Buumi.

Oh ya, di playground Buumi tidak tersedia toilet tetapi toilet Pasific Place dekat, kok. Di samping ELC kalau enggak salah (dua toko dari Buumi). Sedangkan mushola Pasific Place ada di lantai 2 samping G-Shock. So, kalau mau sholat ya tinggal turun satu lantai saja.

tiket promo buumi playscape pasific place jakarta
Light sticks di Buumi

Well, itu keseruan kami main di Buumi. Seperti saya sebut di atas, playground ini recommended untuk batita. Kalau anak usia 5 tahun ke atas mungkin kurang luas dan pilihan mainannya terbatas. Akan tetapi SID masih mau main di Buumi lagi dan lagi, haha …. Have fun there!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Author: helenamantra

Love to share stories on helenamantra.com and myfoottrip.com

69 Thoughts

  1. Wow asyik banget ini playground nya buat anak-anak. Anak-anak bisa bermain sekaligus belajar juga ya seperti di dinding sensory itu. Enaknya pergi weekdays aja ya karena HTM Buumi bisa untuk seharian hihi dan nggak serame weekend ya. Kalo terlalu rame, nggak enak juga mainnya kan.

  2. Keren banget suka lihat reading cornernya, Sid aja suka, aku pasti suka deh. Eh tapi aku dampingi siapa ya kalau ke sana hihhi. Nunggu ada yang ngajak aja deh

  3. Lucu juga ya tempat nya, anak aku pasti betah dibawa ke sini, tapi kalau weekend dibatasi 4 jam ya.. Lumayan lah 4 jam juga tapi.
    Kalau keluar masuk arena karna mau ke toilet berarti ga apa2 mak?

  4. Penasaran, kok namanya buumi kenapa ya? Kira2 artinya apa? Wah, di sini cocok buat anak-anak banget ya, buat melatih sensorinya juga.. Mending datang pas weekdays ya, bisa seharian dan yang pasti ga rame banget. Jadi puas eksplorenya. .

  5. Lho ketemu kakakku, Kak Maudy hahahaha.
    Owalah ini adanya baru di Pacific Place aja kah? Kyknya seru juga kalau pas ke sana, anak2 bisa main ke sana.
    Enak kalau dipisahkan antara bayi dan anak yang udah mulai aktif ya, gak khawatir kesenggol2 yang lagi lari2, bayi2nya hehe

  6. Duh kadang iri dgn Anak yg tinggal di jabodetabek.. playgroundnya banyak.. kalau hafidz Umar mAh Paling kidzxxna lagi itu lagi hahaha.. pengen euy kapan kapan bawa mereka ke buumi jg

  7. Seru banget ya lokasi bermainnya. Apalagi penuh dengan nuansa edukasi. Anak-anak jadi banyak belajar dan menemukan hal baru ya. Keren banget ya Mbk. Ikutan pengen menstimuasi anak ke sini.

  8. Sekarang tuh lagi musimnya play-ground yang super lengkap gini yaa…
    Ada sensory play, pretend play, dan play-play yang lainnya…bikin mamak nyaman ngajak main anak.
    Di sini tapi beda, ada Kelas Mata dan Hati.

    Woow~

  9. Abang Sid tampak menikmati arena permainan di Buumi Playscape Pasific Place ya, Mbak. Mana edukatif dan seru buat mainan anak-anak. Wahanya oke banget loh.. Bonus juga bisa ketemu sama Maudy Ayunda hehehe
    TFS yah, Mbak

  10. Nyenengin ya playscapenya. Berbagai wahana yang disiapkan pas banget untuk digunakan anak bereksplorasi dan menggali kemampuannya. Plus tentunya hepi banget dooongg…

  11. Wah mba helennnnnn tempatnya enak banget sih dan mengedukasi buat anak-anak. Aduhhhh kapan ya aku bisa ajak erysha maen ke sana. Ngomong-ngomong itu tempatnya jauh nggak ya ama tempat tinggalku? Soalnya aku di tangerang selatan. Efek blum pernah ke daerah sana, jadi nggak tahu du…du…du

  12. Asik banget ya kelihatannya, lengkap lagi. Belum pernah nih ajak anak main ke playground daerah Jakarta, kalau di sini jenisnya standar aja palingan mandi bola, perosotan, ayunan gitu. Kapan ah nyobain, luangin waktu dulu biar puas lama mainnya

  13. Arena permainannya komplit banget. Bahkan ada read cornernya juga. Jadi enggak cuma buat main anak-anak, tapi mereka juga bisa baca dengan nyantai.

    Meskipun aku bukan anak-anak lagi, tapi kalau ada yang ngajak mandi bola aku senang.

  14. Belum pernah kesini mbak. Duh arena permainannya seru banget, pasti anak anak suka. Banyak juga, bisa puass asli main disini. Pengen dehh ajakin anak,coba aja ada dikotaku pasti disambangi

  15. main sensory play gak bakal ada bosannya ya kak. apalagi masih banyak lagi permainan edukatif yg diberikan. Zril juga pengen nih ikutan Mas Sid main2 ke Buumi Playscape Pasific Place

  16. Boleh lah masuk ke list berikutnya kalau pas ada rezeki tambahan hehehehe. Terima kasih reviewnya ya mba. Semoga si kakak yang udah mau 6 tahun masih betah buat main yang kayak gini hehehe

  17. Tempatnya nyaman banget, nih, cucoklah sama HTM-nya. Tapi aku memang belum pernah ngajak anak-anak ke playground seperti ini. Entah mengapa kok ya nggak kepikiran buat nyobain. Padahal enak kan ya, nggak kotor dan adem, ketimbang di BKT, hehe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *