Review Lurik Coffee & Kitchen di Lippo Mall Kemang

Melangkahkan kaki ke Lurik Coffee & Kitchen seperti masuk ke ruang makan keluarga Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama. Foto keluarga terpampang rapi di dinding kiri. Di bawahnya bertengger sepeda onthel kuno yang semakin menambah kesan klasik.

Lurik Coffee & Kitchen

Lippo Mall Kemang

 UG floor Unit OD-08

Jl. Pangeran Antasari No.36,

RT.12/RW.5, Bangka, Mampang Prpt.,

Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12150

Instagram: @lurik.coffeekitchen

Saya memilih duduk dekat dinding kaca sembari menyapukan pandangan ke sekeliling Lurik.  Dinding biru muda nampak lembut di mata. Kursi rotan dengan pinggiran hitam mengingatkanku pada kursi  di teras rumah nenek. Kurungan burung berwarna keemasan semakin cantik sebagai hiasan, Di salah satu dinding dihiasi tempeh menambah kesan tradisional yang unik. Pernak-pernik yang digunakan sederhana namun saling berpadu menciptakan keindahan interior Lurik.

lurik coffee kitchen lippo mall kemang
Paduan interior tradisional dan modern di Lurik Coffee & Kitchen

Mimpi Ussy yang Menjadi Nyata

Memiliki restoran kuliner Nusantara telah menjadi mimpi Ussy selama bertahun-tahun. Dahulu ia memiliki restoran masakan Jepang di sebuah mal di Jakarta Pusat. Namun, ia ingin mengangkat kuliner khas Indonesia yang beragam dan unik, termasuk menggunakan resep turun-temurun dari ibunya maupun ibu mertua.

Lurik Coffee & Kitchen lippo mall kemang
Andhika dan Ussy pada grand opening Lurik Coffee & Kitchen 23 Juli 2018

Bukan terbawa tren kekinian artis berbisnis kuliner, Ussy dan Andhika ingin bisnisnya ini memberikan kenangan indah bagi para pelanggan.

“Saya ingin orang datang ke sini makan enak, punya kenangan, lalu beritahu temannya. Makan penuh kenangan indah.” – Andhika Pratama.

Sedangkan nama “Lurik” dipilih sebagai nama restoran sekaligus coffee shop ini karena filosofi Lurik yang artinya lurus dan sederhana. Lurik Coffee & Kitchen ingin tampil sederhana namun berkualitas.

Ketika ditanya mengapa memilih membuka gerai di Lippo Mall Kemang, Ussy menjawab karena lokasinya dekat rumah mereka di Jakarta Selatan dan mereka sering ke Lippo Mall Kemang. Selain itu mereka mendapat tempat yang cocok, dekat panggung Avenue of Star yang tiap hari menyuguhkan live music. Pengunjung Lurik dapat menikmati makanan dan musik dalam satu waktu.

Review Makanan Lurik Coffee & Kitchen

Berbagai jenis makanan utama, camilan, juga kopi tersaji di Lurik. Tak semuanya khas Indonesia. Ada pula menu masakan luar negeri yang dimodifikasi dengan bahan maupun bumbu tradisional menjadikan menu tersebut unik dan hanya ada di Lurik.

Dari sekian menu yang ada, #MyfoottripMakan beberapa sambil icip sana-sini. Penyajiannya cantik sih, jadi penasaran dengan rasanya.

menu dan harga lurik coffee kitchen kemang
Sop Iga Rp128.000,-*

Menu pertama yang mencuri perhatian saya yaitu sop iga. Semangkuk sop iga tersaji hangat bersama sambal dan jeruk nipis. Potongan tulang iga, wortel, kentang, tomat, dan taburan daun bawang membuat lapar mata. Sop iga di Lurik Coffee & Kitchen memiliki daging bertekstur empuk, gampang banget dimakan. Kuahnya hangat dan gurih, menghangatkan kerongkongan. Sayangnya sop ini tidak sepaket dengan nasi, mungkin karena sudah ada kentang di dalamnya. Jika ingin tambahan nasi, dapat memesannya secara terpisah.

menu dan harga lurik coffee kitchen
Dori Sambal Matah Rp68.000,-*

Dori dibalut tepung, butter rice, dan sambal matah khas Bali berpadu dalam sepiring Dori Sambal Matah. Ketika makan dorinya saja, rasanya sangat asin. Oleh karena itu, sebaiknya makan langsung dengan butter rice yang gurih dan sambal matah yang pedas.

menu dan harga lurik coffee kitchen kemang
Nasi rames lidah mercon dan sayur asem Rp68.000,-*

Terdapat beberapa varian nasi rames di Lurik. Ada lidah mercon, balado jambal roti, udang balado, ayam bakar, dan cumi saus hitam. Saya menyicip nasi rames lidah mercon lengkap dengan sayur asem. Lidah mercon di sini mencampur lidah dan daging sapi dengan cabe rawit. Rasanya tidak terlalu pedas untuk ukuran saya yang enggak doyan sambal. Sedangkan sayur asem dalam mangkuk kecil terasa segar, cocok disandingkan dengan lidah yang pedas.

menu dan harga lurik coffee kitchen kemang
Mie Merah Rp58.000,-*

Noodle red chili soup with prawn and squid alias mie merah menarik perhatian saya karena warnanya. Kuahnya gurih dan sedikit pedas, enaknya apalagi disajikan hangat. Rasa mie-nya biasa saja tetapi topping udang, cumi-cumi, dan jamur kuping hitam membuat mie merah istimewa.

Sebagai camilan, ada menu andalan Sandwich Neng Ussy yang menggunakan roti bakar Bandung. Roti tebal khas Bandung ini membuat ukuran sandwich menjadi besar dan mengenyangkan. Selain itu Lurik memiliki menu tahu gejrot, fish and chips, sampai rujak uleg mertua.

minuman dan harga di lurik coffee kitchen kemang
Es Mumuw Rp40.000,-*

Setelah makan begitu banyak makanan di atas, makan siang kali ini saya tutup dengan segelas Es Mumuw. Buah naga dan nata de coco terasa segar dan manis di lidah. FYI, Es Mumuw ini kreasi minuman Ussy saat bulan puasa. Diberi nama mumuw karena itu panggilan sayang Ussy. Mama jadi mumuw kali ya. Sedangkan Andhika dipanggil pupuw alias papa. Ussy iseng membuat minuman untuk berbuka dan ternyata enak. Cocok deh menjadi minuman andalan di Lurik.

Di samping itu, Lurik Coffee & Kitchen menawarkan berbagai jenis kopi dengan kisaran harga Rp20.000,- hingga Rp100.000,-. Khusus grand opening, pengunjung mendapat special complimentary coffee dengan pilihan hot/cold americano atau single origin (Aceh Gayo, Bali Kintamani, Flores Bajawa, Garut, Toraja, Javaraung, atau Papua Wamena). Banyak juga ya varian kopi lokal di Lurik.

kopi di lurik coffee kitchen kemang
Dapatkan special complimentary coffee di Lurik

Sembari kami menyantap hidangan di Lurik, Andhika dan Ussy mendatangi customer-customer pertama Lurik. Mereka menanyakan rasa masakan Lurik sebagai masukan dalam usaha baru ini. Ah, benar-benar seperti berkunjung ke rumah Mumuw-Pupuw. Terima kasih atas sambutan ramahnya.

lurik coffee kitchen kemang
Andhika berinteraksi dengan para blogger

*harga yang tertera belum termasuk pajak 10% dan service charge 6%

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Author: helenamantra

Love to share stories on helenamantra.com and myfoottrip.com

21 Thoughts

  1. Aku sebenarnya masih pingin balik lagi sih, tapi seminggu ini padat banget
    Udah jadwalin meeting di sini aja batal
    masih penasaran pingin menikmati ambience sama menu-menunya :))
    #anaknyaperfectionist

  2. aq suka sama pasangan ini, yang pandai melihat peluang untuk berbisnis, semoga lurik segera buka di mall lain di jakarta jadi bisa nyobain, ke kemang jauh banget dari tangerang… hehehe

  3. Sempet rame nih socmed. Saya intip2 harga dan porsi makanan nya. Terbilang mahal memang. Tapi cocok dgn porsi yg jumbo menurut saya. Dan memang segmentasinya mereka menengah ke atas sepertinya.

  4. Aku terpesona sama kurungan burungnya itu, unik banget. Dan aku pun terpesona sama sop iganya….duh duh ada bunyi krucuk krucuk jadinya. Tapi paling terpesona sama pasangan dua sejoli ini, ussy dan andika. keren deh pokoknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *