My Foottrip

Helena's journey to here and there

Ngemil Sehat Raw Almond Milk di BNB, Jakarta

Salah satu resolusi 2017 saya yaitu “Live A Healthier Life”. Namun sudah masuk bulan keempat di tahun 2017, kebiasaan buruk saya masih aja nempel. Saat dikejar deadline, saya sering begadang dengan pola makan yang tidak teratur. Kerjaan selesai tapi badan langsung “teriak” karena kurang diperhatikan. Selama seminggu saya masuk angin campur maag kambuh. Duh!

Waktu diajakin Mba Maria nongkrong cantik, saya mikir-mikir. Gimana kalau di sana malah mules dan merusak suasana? Eh tapi nongkrongnya ini di kafe yang menyediakan healthy food and beverage. Why not? Sepertinya tubuh saya butuh asupan sehat untuk mengobati kesalahan minggu lalu.

Mba Maria pinter banget pilih tempat meet up. Bisa curhat supaya pikiran sehat, minum raw almond milk supaya tubuh sehat.

Jumat siang saya menuju daerah Cilandak, tepatnya di Jl. Terogong Raya, Cilandak, Jakarta Selatan. Ojek berhenti di depan Hero Terogong. Cafe ini letaknya tepat di samping pintu masuk Hero. Namanya Bless Nature’s Best atau kini lebih tenar disebut BNB. Pintu bercat kuning menyambut saya. Saat memasukinya, saya seperti berkunjung ke rumah yang hangat dan rapi.

Mba Maria udah datang terlebih dahulu bersama beberapa teman lain. Saya masih celingak celinguk melihat menu yang banyak macamnya. [Tips: Kalau bingung dengan pilihan yang ada, gunakan pertanyaan andalan “Apa yang recommended di sini?”]. Saya pun memesan menu favorit Raw Almond Milk. Di sini ada 2 pilihan rasa, plain dan sweetened with dates. Saya pilih yang manis karena ingin merasakan manis alami dari kurma dipadupadankan dengan kacang almond.

Raw Almond Milk, menu andalan di BNB (plain 40k, sweet 43k)

Almond terkenal sebagai salah satu booster ASI. Saya suka ngemil almond saat menyusui karena rasanya enak dibanding harus minum ekstrak daun katuk yang pahit. Almond juga tinggi serat dan mineral seperti magnesium, potassium, dan kalsium. Selain itu kacang almond kaya akan vitamin E sehingga baik untuk sumber antioksidan.

Almond bisa disajikan dalam bentuk mentah ataupun diolah dengan bahan lain. Tetapi untuk susu almond, baru kali ini saya mencobanya. Susunya silky and smooth. Rasanya samar-samar mirip air kelapa. Manisnya kurma pas untuk selera saya, tidak terlalu manis. No added sugar and no added ice tapi tetap segar.

Kok bisa sih almond mentah jadi seenak ini? Dari kacang bisa jadi susu, gimana ceritanya? Siang itu kami ngobrol juga dengan Aulia, Manajer BNB. Beliau menjelaskan proses Raw Almond Milk. Kacang almond ini diproses dengan sangat higienis. Tiap bijinya dibilas dengan air mineral. Sebelum diproses menjadi almond milk, kacang direndam minimal 8 jam, dicuci, kemudian dibilas.

Semua menu di sini tanpa gula dan tanpa es -Aulia, Manajer BNB

Susu almond mentah di BNB tidak dipasteurisasi supaya enzim, nutrisi, vitamin, dan mineralnya masih terjaga. Makin sehat deh. Namun susu ini jadi sangat sensitif terhadap panas, ia hanya bisa bertahan 2 jam di suhu ruangan. Kalau mau lebih awet, simpan di kulkas (tahan 3 hari) atau di freezer (tahan seminggu). So kalau mau bawa susu almond saat traveling, masukkan saja ke coolbox. Atau buat busui, bawa cooler bag yang biasa jadi tempat simpan ASIP ya.

Makan Siang yang Berbeda di BNB

BNB menyediakan banyaaak menu sehat. Secara garis besar dibagi seperti ini:

  • Raw Almond Milk (plain or sweet)
  • Raw Almond Milk Smoothies dicampur dengan buah dan sayur (ada 15 macam smoothies)
  • Coconut Water Smoothies (6 varian, cocok untuk yang alergi kacang)
  • Cold Pressed Juice (4 varian)
  • Smoothies bowl (4 varian)
  • Granola with almond milk
  • Mix salad dan crudites
  • Premium hot tea
  • Wheatgrass shot
  • Young coconut and green coconut

Dan hari itu saya mencoba berbagai menu sambil icip-icip punya tetangga. Hehehe… Ini review-nya.

Wheatgrass shot untuk detoks (25k)

Segelas kecil Wheatgrass mengandung tinggi vitamin C. 1 gelas ini kandungan vitamin dan mineralnya setara dengan sekilo sayuran hijau. Wheatgrass ini baik untuk detoks, lho. Kata Mba Aulia, 90% pelanggan yang minum wheatgrass baik-baik saja tetapi ada 10% yang mual, pusing, dll. Saya sempat khawatir bakal mules atau ada efek samping lain. Alhamdulillah tubuh saya menerima dengan baik si rumput gandum.

Berrylicious dengan Banana, Mixberries, Raw Almond Milk. Topping: Dates, Granola, Chia Seeds, Pumpkin Seeds, Mixberries (55k)

 

Pinacolada dengan Banana, Pineapple, Coconut Oil. Topping: Coconut Flakes, Pineapple, Goji Berry, Chia Seeds (55k)

 

Ginger Bread dengan Banana, Cinnamon, Ginger, Raw Almond Milk. Topping: Apple Slices, Flaxseeds, Granola, Diced Fig (50k)

Melihat Mba Ria memesan Berrylicious dan Mba Maria memilih Pinacolada, saya juga tertarik mencoba smoothies bowl. Bedanya dengan smoothies yang disajikan dalam gelas, smoothies bowl ditata apik dalam mangkuk lengkap dengan toppingnya.

Saya pun memesan Ginger Bread. Kebayang rasa jahe yang hangat dipadu kayu manis, pisang, dan susu almond mentah. Wow, yang hadir melebihi ekspektasi saya. Di atas smoothies berjajar rapi apple slices, flaxseeds, granola, and diced fig. Rasanya manisss, terlalu manis bagi saya. Rasa jahe dan kayu manis kental di lidah. Manisnya saya imbangi dengan makan granola dan potongan apel. Yummy!

Seporsi besar mix salad untuk 2-3 orang (65-70k)

 

Dressing untuk mix salad (ki-ka): Pesto dressing, Herbed cashew dip, dan Italian dressing

 

Ngemil Crudites dengan Herbed Cashew Dip, snack version of mix salad. (60k)

Kalau biasanya makan siang harus dengan nasi, kali ini saya makan sayur-sayuran. Semangkuk besar Mix Salad ini cukup untuk 2-3 orang. Sayurannya terdiri dari Romaine Lettuce, Lollorosa Lettuce, Mix Butterhead Lettuce, Wild Rocket, Alfalfa Sprout, Red Paprika, Yellow Paprika, Zucchini, and Carrot. Ada 3 pilihan dressing supaya rasanya ga sayur banget, hehehe. Herbed Cashew Dip yang kental dan lembut, Pesto Dressing dengan rasa yang lebih kuat, dan Italian Dressing dengan lemon segar.

Semua sayuran dan buah yang disajikan di sini merupakan tanaman organik atau hidroponik yang dicuci dengan sabun khusus rendah SLS. Paprika, selada, timun jepang, dan sayuran lainnya terasa manis dan segar. Saya memang suka sayur dan buah. Kemangi aja doyan. Akan tetapi baru kali ini saya makan full hanya sayur dan buah. I felt so healthy and the food tasted so yummy!

Cerita Dibalik BNB

BNB udah ada sejak Januari 2013. Awal mulanya karena sang pemilik yang sempat tinggal di US kesulitan mendapatkan non dairy milk di Indonesia. Ia pun mencoba membuat raw almond milk sendiri. Ternyata teman dan keluarga banyak yang suka. Dari usaha rumahan, ia pun membuka gerai di Terogong Raya ini.

Awalnya kebanyakan pelanggan dari para ekspatriat yang sudah terbiasa dengan healthy drink. Namun perkembangan healthy lifestyle di Indonesia semakin baik sehingga pelanggan lokal mulai banyak yang mencoba produk BNB. Bahkan siswa-siswi Jakarta International School (JIS) yang tak jauh dari BNB sering nongkrong di sini. Wah, kesadaran akan healthy life udah ada sejak dini.

Produk kesehatan lainnya di BNB. Dari cemilan sampai sabun untuk vegan

Alhamdulillah sepulang dari BNB saya merasa kenyang lebih lama, efek makan banyak serat. Surprisingly, ga ada drama mual atau mules efek begadang. Next time mau ke sana lagi deh bersama Sid supaya ia terbiasa makan makanan sehat. Tapi kalau males jalan, order lewat Go-Food aja kali ya…

BNB

Gedung Pertokoan Cilandak Kav 28 Unit 7, Jl. Terogong Raya, RT.15/RW.10, Cilandak Bar., Cilandak, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12430, Indonesia

Jam Operasional:

Senin-Jumat pukul 08.00 – 20.00 WIB

Sabtu-Minggu pukul 08.00-15.00 WIB

Whatsapp: 082111380117

Delivery order ke seluruh wilayah Jakarta

Instagram: BlessNaturesBest

« »

© 2017 My Foottrip. Theme by Anders Norén.