Palolo

Desa Wuasa, Kecamatan Lore Utara

Desa Batue, Kecamatan Lore Peore

Desa Torire, Kecamatan Lore Tengah

Desa Doda, Kecamatan Lore Tengah

Itu sebagian dari daerah yang dilalui untuk menuju situs megalitikum.

Image

long long journey

Beginilah tantangan mencapai suatu tempat di Sulawesi. Jalanan berliku, naik turun, bolong-bolong. Dari Palu yang beraspal hingga Doda yang dipenuhi ilalang. Kalau mau belajar nyetir mobil, Sulawesi tempat yang tepat.

Perjalanan hingga mencapai situs megalitikum di Pokekea sekitar 5-6 jam. Karena saat itu natal maka perbaikan jalan di dekat Danau Tambing dihentikan sementara. Tidak ada buka – tutup jalan. Sepanjang perjalanan melihat padang rumput dan gunung seperti lukisan. Capek duduk, iya. Tapi terbayar dengan pemandangan di sekitar. Matikan AC, buka jendela, dan nikmati semilir angin yang makin lama makin dingin. Segar!

Entah sudah berapa puluh gapura “Selamat Datang” dan “Selamat Jalan” yang dilalui. Menuju Desa Doda dan Pokekea bisa ditempuh dari Palu melalui Palolo ke arah Danau Tambing (TN Lore Lindu). Kemudian melewati desa-desa yang disebutkan di atas. Tiap desa ditandai dengan umbul-umbul berwarna-warni seakan menyambut kedatangan kami.

Transportasi ke sana paling mudah dengan kendaraan pribadi atau sewa kendaraan. Kalau budget pas-pasan, cobalah mencari kendaraan yang searah, meski sepanjang perjalanan jarang bertemu kendaraan lain. Dari Napu ke Palu biasanya ada mobil pick up yang mengangkut sayuran untuk dijual di Palu. Berani mencoba hitchhike?

Image

Sok-sokan hitch-hike