Kebersamaan dalam Menu Ramadhan Gastromaquia Jakarta

Kebersamaan dalam Menu Ramadhan Gastromaquia Jakarta. Susah banget deh ketemuan dengan teman-teman sekolah zaman old. Padahal sama-sama kerja di Jakarta tetapi sekadar lunch bareng belum juga ketemu jadwalnya. Mumpung bulan puasa sebentar lagi, saya terpikir ingin mengajak teman se-geng berbuka bersama. Cari tempat makan yang dekat kantor mereka saja seperti restoran di Senopati. Salah satunya, Gastromaquia Jakarta yang menyediakan menu Ramadhan spesial.

Menu Ramadhan Gastromaquia Jakarta

Minggu lalu, saya dan keluarga diajak Clozette Indonesia mencoba menu terbaru Gastromaquia yaitu menu khusus Ramadhan. Sebelumnya saya melakukan reservasi terlebih dahulu via telepon sekaligus mengonfirmasi kehalalan menu tersebut. FYI, Gastromaquia menyediakan pork sebagai menu regular. Akan tetapi, untuk menu Ramadhan disimpan dan diolah terpisah. Bahkan tersedia alat makan sekali pakai.

Ramadhan Yu Shang Menu

Menu pertama yang kami pesan yaitu Yu Shang. Makanan ini biasa dinikmati di Singapura atau China sebagai momen perayaan bersama keluarga dan kerabat.

¡Ostras! Kami terkejut melihat pramusaji membawa tempeh (wadah lebar seperti besek) berisi nasi, lauk, dan sayuran. Wow, jadi ini Yu Shang menu. Dalam satu wadah tersaji nasi, ikan teri, tempe oreg, oseng tahu dan kacang panjang, kentang balado, telur dadar iris, serundeng, tumis bawang, tumis cabai, tumis tomat, kerupuk, serta lauk ayam atau ikan yang dapat dipilih. Meriah!

menu ramadhan gastromaquia jakarta
Yu Shang menu Ramadhan yang meriah (Rp85.000,00++/pax, min. 4 pax atau sekitar Rp404.000,00)

Saat hendak mengambil lauk, pramusaji mendekat membawa dua sendok besar. Wah buat apa nih? Apa makan dengan sendok sebesar itu? Hahaha. Rupanya sendok tersebut untuk mencampur nasi, lauk, dan tiga macam tumisan tadi. Setelah semuanya tercampur rata, saatnya menyantap Yu Shang.

Sejujurnya saya penggemar bubur tak diaduk, maka saat melihat Yu Shang menu di hadapan saya diaduk ada perasaan tidak rela. Namun, demi mengikuti tradisi, okelah. Toh saat makan juga bakal dicampur seperti ini.

menu ramadhan gastromaquia jakarta
Yu Shang dicampur sebelum dimakan bersama

Menurut saya, rasa Yu Shang agak plain, namun tertutupi dengan ikan teri asin. Akan tetapi, kebanyakan bumbu juga tidak baik untuk kesehatan. Ya maklum, kebiasaan orang Indonesia doyan rasa bumbu rempah yang tajam.

Anyway, Yu Shang menjadi acara berbuka puasa dengan menu Ramadhan Gastromaquia Jakarta yang unik. Momen kebersamaan dengan keluarga atau kawan semakin meriah. Sepaket Yu Shang dapat dinikmati minimal 4 orang. Kenyang banget, deh!

Meatball Sandwich

menu ramadhan gastromaquia jakarta
Meatball Sandwich Rp80.000,00++

Meatball Sandwich ini menjadi menu kesukaan SID. Ia lebih menggemari roti dibanding nasi. Roti baguette berisi bola-bola daging mampu ia habiskan. Saya kebagian sedikit banget.

Bola dagingnya empuk, besar, dan berisi keju lumer. Sayuran seperti selada, bawang bombai, dan tomat ceri disajikan di piring terpisah. Delicioso!

Baca juga: Review Kibo Cheese Cake

Fettuccine with Mixed Mushroom and Creamy Truffle Sauce

menu ramadhan gastromaquia jakarta
Fettuccine with Mixed Mushroom and Creamy Truffle Sauce Rp90.000,00++

“Spaghetti!”, teriak SID ketika melihat sepiring fettuccine. Mmm, beda bentuk sih meski sesama pasta. Tapi buat gampangnya dan lagi males menjelaskan, iya-in saja deh.

Menu fettuccine ini disajikan dengan jamur payung putih dan jamur kancing. Fettuccine dimasak al dente menjadikan tampilan dan teksturnya menggoda. Namun, saya lebih suka jika pasta dimasak sedikit lebih matang, lebih empuk. That’s okay. Ada truffle sauce yang creamy dan enggak eneg. Diberi saus tomat semakin lezat.

Baca juga: Review Chicking Indonesia

Beverages

Untuk minumannya kami memesan Ice Cappucino dan Peach Tea. Ayah SID butuh suntikan kafein supaya enggak ngantuk setelah super kenyang makan menu Ramadhan Gastromaquia.

Sedangkan saya menyukai Peach Tea dengan potongan buah peach, daun mint, dan jeruk nipis. So fresh!

menu gastromaquia jakarta
Ice Cappuccino Rp35.000,00
menu gastromaquia jakarta
Peach Tea Rp35.000,00++

Cozy and Homey Spanish Restaurant in Jakarta

Gastromaquia membuka Spanish restaurant di Jakarta setelah cabang pertamanya di Madrid pada 2008. Restoran milik Hugo Ecolios Roldan dan Ramon Figuls Palos ini mendapat sertifikat keunggulan Tripadvisor selama tiga tahun berturut-turut.

Pertama kali memasuki restoran Spanyol ini serasa masuk ke dining room di rumah tetangga. Nuansa pastel yang bikin adem mata, pot-pot bunga kecil, jejeran buku di rak, juga mini bar seperti di dapur.

Uniknya, hiasan dinding, jam dinding, hingga gantungan lampu terbuat dari alat makan dan peralatan memasak. Parutan besar digantung di atas mini bar dan meja kasir. Sendok-sendok diikat mengelilingi bohlam yang menggantung. Sendok dan garpu ditata menjadi jam dinding. Jika ditata secara estetik, indah juga ya.

menu ramadhan gastromaquia jakarta
Homey and cozy di Gastromaquia

Santap siang menu ramadhan Gastromaquia terasa nyaman dan homey. Jadi betah ngobrol deh. Seperti di meja seberang, sekumpulan wanita menikmati lunch sambil seru berbincang.

Andai langit tak semakin kelabu, saya ingin bersantai terlebih dahulu di Gastromaquia Jakarta setelah menikmati menu Ramadhan porsi besar. Namun cuaca yang tadinya panas telah berubah, memberi sinyal akan segera turun hujan. Kami pun bergegas mengakhiri makan siang spesial di sana.

Muchas gracias Gastromaquia y Clozette Indonesia! Buat acara berbuka puasa bareng teman atau keluarga makin meriah dengan menu Ramadhan Gastromaquia.

 

Gastromaquia Jakarta

Jl CIniru I no. 1, Kebayoran Baru. Jakarta Selatan 12810, Indonesia

Open: Sunday — Thursday 11.00 – 22.00 and Friday — Saturday 11.00 – 23.00

Telp. +622129305091

E-mail: info@gastromaquia.com

Website: https://www.gastromaquia.com/

Instagram: @gastromaquia

 

Clozette Indonesia

Website www.clozette.co.id

Instagram @clozetteID

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Author: helenamantra

Love to share stories on helenamantra.com and myfoottrip.com

15 Thoughts

  1. Denger nama Yu Shang kok jadi inget asian next top model, eh kuwi Yu Tsai yo haha.
    OOo dia itu resto ala2 Spanyol. eh kalau mau bukber di sana kudu reservasi dulu apa gmn?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *