My Foottrip

Helena's journey to here and there

Menjadi Ilmuwan di Science Centre

Ada dinosaurus yang menggerakkan tubuh raksasanya 3 meter di atasku. Seakan-akan ekornya dapat merobohkan tubuh. Suaranya menggelegar membuatku kaget. Itulah ucapan selamat datang di Science Centre Singapore. Setelah membayar tiket (dewasa S$ 12 dan anak-anak S$ 8), tangan diberi cap tak kasat mata. Awalnya aku bingung, kemana cap di tangan? Kalau keluar area ini dan mau masuk lagi di hari yang sama, apa menunjukkan tiket? Ternyata itu cap yang nampak dengan sinar UV. Ketahuan gaptek deh. Supaya tidak makin gaptek, Science Centre tempat yang tepat untuk belajar tentang science.

science center singapore (2)

selamat datang, ilmuwan!

Di dalamnya terbagi menjadi beberapa ekshibisi, baik yang tetap maupun event-event tertentu. Di dekat pintu masuk ada berbagai alat ilusi optik lengkap dengan penjelasannya. Ruang ekshibisi bercabang-cabang. Selama kurang lebih tiga jam berkeliling, aku belajar mengenai tubuh manusia dan alam sekitar. Di ruangan suara, aku berperan menjadi dubber atau pengisi suara dan hasilnya langsung dilihat di video. Memasuki ruangan “Beautiful You” makin membuat aku bersyukur atas fisikku. Tiap manusia diciptakan unik. Di sini ada game interaktif yang bisa melihat kira-kira seperti bagaimana kalau wajah simetris. Hasil fotonya langsung dikirim ke e-mail.

science center singapore (3)

Tesla Coil dengan aliran listrik 3.500.000 volts!

Di bagian mini zoo ada ruang kaca berisi telur-telur berusia 20 hari, 21 hari (menetas hari ini!), dan anak ayam yang baru menetas. Saat itu ada sebutir telur yang mulai retak, butuh berjam-jam hingga akhirnya keluar anak ayam imut. Subhanallah..

science center singapore (5)

i am hatching

Science centre menyediakan bermacam-macam alat eksperimen untuk pengunjung, baik dewasa apalagi anak-anak. Buat aku yang sudah lama memegang ijazah SMA, bermain di sini seperti flashback ke jaman sekolah. Andai belajar science waktu itu seasyik ini. Tentang anatomi tubuh, DNA, hewan, bumi dan isinya, juga keragaman manusia di seluruh dunia. Bagaikan menjadi scientist sehari.

science center singapore (4)

scientist junior

science center singapore (6)

Mengaplikasikan ilmu alam dalam kehidupan sehari-hari dapat memudahkan aktivitas manusia. Di sisi lain, hal ini juga berbahaya bila disalahgunakan. Pada ekshibisi iZ hero, pengunjung menaiki lift ke lantai 2,5 menuju ruangan seperti game online. Di sini dijelaskan cara penggunaan teknologi, terutama internet dengan baik dan benar. Kemudahan mengakses internet dimanfaatkan sebagian pihak untuk kepentingan negatif. Pernah mendengar ada remaja yang diculik teman kenalan di facebook? Itu salah satunya. iZ hero mengingatkan untuk tidak mudah percaya orang yang dikenal lewat dunia maya dan belum pernah bertemu secara langsung. Saat chatting, jangan sembarangan mengirim foto atau informasi pribadi ke orang tak dikenal. Selain itu, batasi waktu bermain game dan menonton tv.

science center singapore (1)

mobil bekas dirangkai jadi robot

Berkeliling dari satu ekshibisi ke ekshibisi lain melelahkan namun membuat penasaran. Itu pun belum ke semua ruangan karena ada beberapa tempat dalam perbaikan. Juni 2014 ada alat peraga baru untuk mempelajari tubuh dengan ukuran raksasa. Bila punya waktu seharian, di dekat Science Centre ada juga Omni-theatre (IMAX), Snow city, obervatorium, dan kinetic garden. Khusus kinetic garden, letaknya di halaman Science Centre dan dapat diakses secara cuma-cuma.

===================================

Additional info (taken from www.science.edu.sg) :

Science Centre Singapore buka tiap hari pukul 10.00 – 18.00

Letaknya di Science Centre Road. Pilihan transportasi umum ke tempat ini dengan:

Bus: naik bus 66, 178, 198, dan 335 dan berhenti tepat di depan Science Centre.

MRT: turun di stasiun Jurong East dan melanjutkan perjalanan dengan bus 66 atau 335 (halte ke dua) atau dengan jalan kaki ke Science Centre road (8-10 menit). Untuk kembali ke stasiun Jurong East, naik bus yang sama dari arah seberang Science Centre.

Taxi: pesan taksi melalui +65 6342 5222

« »

© 2017 My Foottrip. Theme by Anders Norén.