My Foottrip

Helena's journey to here and there

Mengulik Rahasia di Balik Kerenyahan Fried Chicken di Diva Boga Cooking Demo

Sebel deh saat membuat ayam goreng tepung (fried chicken) hasilnya ga se-kriuk fast food Pak Jenggot atau eM kuning. Kulitnya kurang menarik, rasa daging ayamnya ga meresap, kadang susah digigit karena alot (keras). Kalau beli ke fast food itu terus-terusan, bisa tekor. Kan harus hidup hemat namun perut tetap kenyang. Hehehe.

Chef sedang mendemokan resep menggunakan produk Diva Boga

Anak suka banget makan ayam. Kalau bisa membuat sendiri di rumah, lebih hemat dan sehat (di kantong), kan. Saya makin penasaran dengan resep rahasia fried chicken yang secara tampilan menggoda selera dan bumbunya gurih meresap. Di cooking demo yang diadakan Diva Boga, rahasia di balik kerenyahan fried chicken diungkap. Sst…buat kita-kita aja ya infonya.

Siang itu (9/2) saya dan puluhan undangan sudah memenuhi ruangan lantai 2 head office PT. Diva Mitra Bogatama. Saya diajak Mak Sumiyati Sapriasih mengikuti cooking demo dengan berbagai resep masakan khas Indonesia maupun mancanegara. Di antara beberapa resep tersebut saya tertarik dengan fried chicken yang nanti akan saya ulas lebih lanjut.

Mengenal Diva Boga

Dodi, Marketing Diva Boga, menjelaskan profil perusahaan

Dodi dari bagian pemasaran menyapa kami dan menjelaskan profil singkat Diva Boga. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 90-an dan berfokus pada seasoning powder. Jenis produknya bermacam-macam seperti tepung bumbu, tepung marinasi, saus BBQ, saus teriyaki, juga saus keju sebagai produk terbaru.

Diva Boga sendiri memakai brand Divaboga, Resto Secret Recipes, dan MitraQu. Sounds unfamiliar? Yep, karena pasarnya lebih ke perusahaan seperti McD dan So Good. Food court dan supermarket seperti Carrefour, Giant, Ramayana, LotteMart, restoran, juga catering menggunakan produk Diva Boga. Wajar jika kita tidak menemukannya di toko kelontong atau mini market.

Selain memasarkan dengan label di atas, Diva Boga juga menyediakan produk custom untuk private label Giant dan Lotte Mart. So, jika melihat “Tepung Bumbu Ayam Goreng Original” atau “Tepung Goreng Mendoan” dengan merek Giant saat berbelanja di Giant, itu produk buatan Diva Boga. Private label ini bukan berarti kualitasnya asal-asalan. Semuanya sudah terstandardisasi dan lolos uji mutu. Cuma masalah merek, kok.

Secara berkala, Diva Boga mengadakan cooking class dengan tujuan memberi pelatihan memasak dan membuka peluang usaha. Setelah peserta mengikuti dan mengetahui cara memasak yang benar dan mudah menggunakan produk Diva Boga, diharapkan peserta mempraktekkannya sekaligus berjualan. Happy dong bisa dapat penghasilan tambahan dari memasak dan berjualan produk ini.

Resep Fried Chicken Diva Boga

Apa resep membuat fried chicken renyah dan lezat?

Kembali ke masalah fried chicken enak seperti fast food toko sebelah. Chef mulai menunjukkan resep supaya daging ayam lembut dan kulitnya kriuk keriting. Berikut resepnya:

Bahan:

1 ekor ayam, potong 9 bagian

10gr bumbu marinasi “Divaboga”

50ml air dingin

Campuran air dingin dan es batu secukupnya (batter)

1kg MitraQu tepung bumbu serbaguna

Cara Marinasi Ayam:

  1. Larutkan 10gr bumbu marinasi dengan 50ml air dingin.
  2. Lumuri ke ayam yang sudah dibersihkan lalu diamkan selama 1 hari di chiller.

Cara Menggoreng Ayam:

  1. Gulung ayam dalam MitraQu tepung bumbu serbaguna, remas-remas dan bolak-balik menggunakan ujung jari (bukan telapak tangan). Angkat dan tepukkan ayam 11x supaya sisa tepung turun.
  2. Masukkan ayam ke dalam batter sampai seluruhnya tercelup lalu angkat.
  3. Gulungkan ayam kembali ke MitraQu tepung bumbu serbaguna seperti poin 1 lalu tepukkan ayam hingga hitungan ke 11. Lihat tekstur tepung. Bila nampak keriting berarti suksesss!
  4. Goreng ayam pada suhu 165 derajat Celcius selama 12 menit (deep fried). Angkat dan tiriskan.

Nampak sederhana ya. Namun saat beberapa peserta diminta mempraktekkannya, hanya sebagian yang sukses membuat kulit ayam keriting. Hihihi…

Para peserta ditantang membuat fried chicken kriuk

TIPS!

  • Marinasi yang baik minimal 6 jam supaya bumbunya meresap dan disimpan di chiller, bukan freezer.
  • Bila ayam yang dimarinasi digunakan 3 hari ke depan maka simpan di freezer, kemudian H-1 pindahkan ke chiller.
  • Proses menggulingkan dan meremas-remas di dalam tepung tidak boleh terlalu lama dan tidak ditekan supaya daging tetap empuk. Gunakan satu tangan saja.
  • Saat menepuk ayam supaya sisa tepung turun dilakukan dengan cara tangan kanan memegang ayam di bagian ujung lalu tangan kiri menepuk punggung tangan kanan. Jangan langsung menepuk si ayam. Puk… puk…

Itulah resep rahasia fried chicken kriuk dari Diva Boga. Sebelum pulang saya sempatkan membeli tepung marinasi (20ribu/kg) dan MitraQu tepung bumbu serbaguna original (35ribu/kg) untuk mencoba resep di rumah. Setelah mempraktekkannya di suatu pagi yang cerah, hasilnya… kulit kurang keriting tapi rasa ayamnya endeusss! Oke mari mencoba kembali J

Hasil uji coba saya di rumah

Tertarik mengenal lebih jauh Diva Boga dan mengikuti cooking demo? Cari infonya di:

Diva Mitra Bogatama, Jl. Pulo Buaran III, JIEP, Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Facebook: Divamitra Bogatama

Twitter: @pt_divaboga

Instagram: DivaBoga

Whatsapp: 085697597401

Marketing: Dodi 08158085886 atau Novi 088214130959

« »

© 2017 My Foottrip. Theme by Anders Norén.

%d bloggers like this: