Lombok – Wisata Internasional, Cita Rasa Lokal (day 3)

Lombok – Wisata Internasional, Cita Rasa Lokal (day 3)

Pusat oleh-oleh khas Lombok letaknya berdekatan. Setengah hari saja saya bisa mengunjungi Pasar Seni Sayang-Sayang, Pasar Cakra, Phoenix, dan pusat kerajinan mutiara. Sayang-Sayang terkenal dg kerajinan tangan dari kayu untuk menghiasi rumah. Saat itu Jumat pagi, Sayang-Sayang sepi. Pengunjungnya hanya kami bertiga. Sebagian toko juga masih tutup. Not much to see dan katanya harga lebih mahal.

Pasar Cakra di Jl Gede Ngurah Rai daerah Cakranegara adalah pasar tradisional namun ada toko yang menjual pakaian dg tulisan Lombok. Yeah, butuh bukti sudah pernah ke sana kan 😀 sesuai rekomendasi kami ke Toko Arif yang menjual dg harga grosir. Ada pakaian dari anak-anak sampai dewasa, celana pendek sampai daster, gantungan kunci, juga peci. Tawarlah setawar-tawarnya, apalagi kalau beli banyak.

Image
Pusat oleh-oleh mutiara dan pasar seni sayang-sayang

Lombok dikenal dg olahan rumput laut, salah satunya dodol. Produsen yg terkenal yaitu Toko Phoenix di Dasan Cermen Cakranegara. Di sini tidak cuma rumput laut yg menjadi dodol kenyal, ada pisang, nangka, mangga, dll. Bisa kalap deh belanja jajan di sini. Saat itu kami bareng dg turis dari Jepang. Bermodalkan ‘Kore wa’ dan ‘Oishii’ saya berkomunikasi dg si turis yang tertarik dg dodol nangka. Teman saya penasaran, kok bisa sih paham?

Budidaya mutiara air laut dan air tawar ada di sini. Kalau mau murah, mutiara air tawar yang cantik bisa dibawa pulang. Mutiara air laut harganya bervariasi tergantung bobotnya per gram. Di tiap toko pun ada mesin EDC, in case uang kurang dan mata kalap belanja perhiasan bisa bayar dg debit maupun credit card. Toko emas dan mutiara ada di Jl. Lingkar Selatan.

Husss husss kebanyakan ngomongin belanja nih. Lombok begitu berkesan dari awal hingga akhir liburan ini. Terima kasih teman-teman di Mataram dan sekitarnya yang sudah menemani dan mengarahkan kami selama tiga hari di Lombok. Tempat ini sudah terkenal di ranah internasional namun tidak meninggalkan cita rasa lokal. See you on the next round!

Image

2 thoughts on “Lombok – Wisata Internasional, Cita Rasa Lokal (day 3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: