Gili Air, Gili Meno, dan tentu saja Gili Trawangan. Tiga gili atau pulau kecil ini mudah didatangi dalam satu hari. Dari Senggigi kami bergabung dg pasangan yg sedang berbulan madu dan seorang teman yang merantau di Mataram (yang jadi local guide kami). Kapal umum dari Pelabuhan Bangsal tiap jam ada yang menyeberang ke Gili Trawangan. Dari Trawangan kami langsung menuju pos penjualan tiket untuk mencari info trip ke 3 gili. Beruntunglah kami karena trip oleh Lucky Trip hampiir berangkat. Trip ini setiap hari ada, start 10.30am ke Gili Meno  – Air – Meno – Trawangan, including sewa alat snorkeling, masker, fin, safety jacket, mineral water, and lunch (food only) total Rp 120ribu. Sebaiknya pesan dari awal untuk menu makanannya supaya cepat disajikan. Jangan kaget, harga makanan bisa 30-40ribu, yah harga bule lah namun it’s already part of the trip jadi tidak perlu membayar lagi, pilih saja yang disuka.

Image

Trip To Three Gilis

Kami dikumpulkan di dekat pos Lucky Trip untuk memilih fin yang cocok dg ukuran kaki. 90% peserta trip bukan WNI. Tumpek blek sekitar 30 orang dalam kapal, desak-desakan gitu. Well buat saya sih kurang manusiawi tapi murah, hehe. Ada 2 guide yang akan memandu selama snorkeling untuk mencari spot-spot yang cihuy. Waktu di tiap spot cuma 30 menit. Antara mau menikmati terumbu karang dan takut ditinggal rombongan nih.

Image

Trip Keliling 3 Gili

Entah faktor cuaca atau lokasi, arusnya lumayan kencang dan kami berhenti di tempat yang tergolong dalam jadi susah melihat terumbu karang dan hewan laut. Saya menemukan spot yang karangnya masih banyak dan hidup, namun jauh dari kapal Lucky Trip. Jadi was was ketinggalan. Saat mengambang di lautan eh ada pari manta berenang agak dalam, subhanallah.. Selain itu saya pun kesampean buat ketemu dan berenang dg penyu langsung di habitatnya. Saya rajin ikuti guide saat di spot penyu ini, di Gili Trawangan. Bravo!!! Kembali ke kapal belakangan dg senyum sumringah, I got it!

P.S: pic penyu nyusul yak 😀