My Foottrip

Helena's journey to here and there

Liburan Mandiri di Singapura

ImageNegara tetangga satu ini sangat ramah terhadap turis sehingga mudah untuk berwisata ke sana tanpa melalui agen tur. Berikut beberapa informasi sebagai sumber inspirasi sebelum anda dan keluarga berlibur ke Singapura:

  • Transportasi:

Sistem dan ragam transportasi di Singapura menjangkau sebagian besar wilayahnya. Tersedia bus, MRT, dan taksi sebagai pilihan. Gunakan EZ-Link atau Tourist Pass untuk memudahkan membayar bus dan MRT. Tempelkan kartu pada mesin saat masuk ke stasiun atau bus dan tempelkan lagi saat keluar supaya saldo terpotong sesuai tarif. Saya lebih memilih EZ-link karena masa berlakunya lama dan bila masih ada saldo dapat digunakan untuk kesempatan berikutnya atau dipinjamkan ke orang lain yang akan ke Singapura. Minimal deposit S$ 10 cukup untuk 3-4 hari pemakaian wajar (bergantung seberapa sering digunakan). Sedangkan tourist pass memang ditujukan untuk turis yang hanya 1-3 hari berada di Singapura. Selesai penggunaan, kartu dapat dikembalikan ke counter di stasiun MRT tertentu ataupun bandara.

Bila bepergian ke tempat yang tidak dijangkau oleh bus atau MRT, taksi dapat dijadikan alternatif pilihan. Perlu diingat maksimal penumpang sebanyak 4 orang dan masing-masing memakai sabuk pengaman. Bayarlah sesuai tarif secara tunai ataupun kartu debit/kredit. Tak perlu khawatir, uang kembalian hingga nol koma sekian dollar akan dikembalikan dengan tepat oleh supirnya. Terkadang tarif yang tertera di argometer berbeda dengan yang diminta supir, tanyakanlah selisih tersebut. Kemungkinan ada biaya tambahan, misalkan taksi dari bandara atau ERP (pada waktu tertentu bila melewati jalan tertentu tiap kendaraan dikenai tarif tambahan, efektif mengurangi kemacetan!)

Baca juga: Asuransi Perjalanan, Penting Banget atau Penting Aja?

Akses website gothere.com.sg atau unduh aplikasinya di Appstore sebagai penunjuk jalan dan transportasi termudah menuju tujuan. Sebagai panduan, bawalah peta Singapura yang tersedia gratis di bandara maupun tempat penginapan.

  • Penginapan:

Hotel, hostel, apartment, bed and breakfast, dan guesthouse tersebar di berbagai wilayah di Singapura. Sebagai bahan pertimbangan, anda dapat mencari perbandingan di situs agoda.com, booking.com, tripadvisor.com, airbnb.com, hostelworld.com, hostelbookers.com, dan situs-situs lainnya. Situs tersebut terkadang memberikan diskon dan fasilitas khusus (baca T&C dengan cermat), namun kadang pula dengan memesan langsung ke penginapan tujuan harganya dapat lebih murah atau mendapat fasilitas-fasilitas tertentu (diskon tempat wisata, Wi-Fi gratis, dll).

Bila bepergian dengan orang tua dan anak-anak, pertimbangkan penginapan yang memiliki lift di setiap lantainya. Sebagian apartment memiliki lift yang berhenti pada lantai-lantai tertentu (genap/ganjil) dan hostel sebagian besar tidak memiliki lift. Selain itu fasilitas sarapan pagi juga menjadi pertimbangan untuk menghemat pengeluaran. Umumnya sarapan yang tersedia berupa roti, selai, teh, dan kopi dengan jumlah melimpah. Kalau diperbolehkan, bungkuslah untuk bekal perjalanan.

Baca juga: Review Fragrance Hotel Singapore

Jika mencari hotel murah cobalah daerah Geylang. Malam hari daerah ini rawan karena termasuk “red district”, jadi pilihlah penginapan yang sekiranya dapat dipercaya dan dekat tempat ibadah.

Image

  •  Tempat Wisata:

(gunakan ‘go there’ untuk mengetahui cara terbaik ke tempat wisata berikut ini)

  • Merlion Park

Belum ke Singapura kalau belum berfoto dengan lambang ikan berkepala singa ini. Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Cobalah berkunjung 2x, saat pagi dan malam untuk mendapatkan pemandangan yang berbeda.Di dekat Cavenagh bride sekitar Fullerton Hotel ada ice cream uncle yang khas di sini. Penjualnya dipanggil uncle (biasanya pria tua Tionghoa). Ice cream ini dipotong dan diletakkan di antara selembar roti atau wafer. Harganya S$ 1 – 1.20.

  • Sentosa Island

Cara murah ke Sentosa dari Vivo City dengan berjalan kaki, cukup membayar S$ 1 dan keluar dari Sentosa menggunakan kereta (masuk bayar, keluar gratis). Jika tidak banyak waktu, mampirlah untuk berfoto bersama bola dunia bertuliskan Universal di depan Universal Studio Singapore (USS).

  • Orchard Road dan Lucky Plaza

Barang-barang bermerek dan asli ada di mall sepanjang Orchard Rd. Kalau membeli oleh-oleh khas Singapura, di Lucky Plaza banyak toko souvenir dengan harga rata-rata 3 for S$ 10. Ice cream uncle ada pula di sini.

Image

  • Chinatown

Wisata kuliner, belanja oleh-oleh, penginapan murah ada di sini. Chinatown Heritage Center juga tersedia untuk mencari informasi tempat wisata di sekitar daerah ini. Menariknya ada tiga tempat ibadah yang berdekatan yaitu Jamae (Chulia) mosque, Sri Mariamman temple, dan Buddha tooth relic temple.

  • Mustafa Centre

Toko serba ada yang buka 24 jam. Cocok untuk mencari oleh-oleh maupun kebutuhan sehari-hari.

  • Bugis

Pusat oleh-oleh, penginapan dari hostel hingga hotel, dan wisata kuliner.

  • Singapore Science Centre

Seperti PPIPTEK di Taman Mini, Jakarta dan Petrosains di Petronas, Kuala Lumpur. Di sini pengunjung diajak bereksperimen dan terdapat penjelasan secara ilmiah. Selengkapnya saya bahas di tulisan selanjutnya ya.ImageTempat wisata di Singapura banyak sekali, ini hanya sebagian yang pernah saya kunjungi. Ayo ke sana lagi dan explore lokasi lainnya.

Baca juga: Rencana Liburan Hemat ke Kuala Lumpur, Malaysia

Semoga bermanfaat. Ada informasi tambahan?

 

« »

© 2017 My Foottrip. Theme by Anders Norén.