Liburan di Bukan Musim Liburan: Legoland, MY

Liburan di Bukan Musim Liburan: Legoland, MY

legoland malaysia (2)
si oren dan orca nampang di Legoland

Kepikiran gak sih betapa sibuknya anak-anak sekarang. Sekolah full day sampai sore, pulangnya mampir ke tempat les ini itu, sampai rumah masih harus mengerjakan PR. Saat pembagian rapor dan mendapat nilai yang baik, mereka layak mendapatkan hadiah atas kerja keras..eh belajar keras selama semester ini. Namun berlibur ke theme park saat liburan sekolah bakal ramai, antrian panjang, dan kurang nyaman. Keluarga ini menyiasati dengan berlibur saat awal masuk sekolah (biasanya pelajaran belum penuh dan masih proses adaptasi semangat, hehe). Di Johor, Malaysia ada Legoland Malaysia Resort yang menarik dikunjungi khususnya untuk anak usia hingga 13 tahun. Dari terminal bus JB Sentral atau Larkin di Johor Bahru naik bus LM1 warna kuning. Siapkan uang pas, masukan ke kotak yang ada di samping supir, dan simpan tiketnya (buat kenang-kenangan). Bus ini berangkat tiap 1,5 jam jadi catat jadwal atau ambil brosurnya supaya tidak ketinggalan. Bus dengan AC dan jalanan yang lengang membuat perjalanan 1 jam tidak terasa.

Legoland memiliki theme park dan water park. Di theme park pengunjung akan menjumpai mainan lego yang disusun menjadi bermacam-macam bentuk, dari yang sederhana hingga rumit dan besar. Ada Star Wars miniland yang berisi cuplikan film Star Wars dari lego dan Taman Miniatur dengan bangunan khas tiap negara di Asia. Di mana-mana terdapat lego, termasuk di toilet! Ada juga wahana yang bisa dicoba seperti roller coaster, kereta lego, dan banyak lagi.

legoland malaysia (6)Perjalanan kali ini saya bersama 2 anak, adik usia 8 tahun dan kakak 11 tahun. Mereka senang melihat mainan di mana-mana. Di driving school mereka belajar mengendarai mobil lego sambil menaati rambu-rambu lalu lintas. Cuaca sangat terik dan kakak harus menunggu hingga lampu hijau menyala, kasihan melihatnya. Di boating school saya dan adik mendapat perahu yang mesinnya sering mati, kami pun berkali-kali menabrak pagar pembatas. Beberapa wahana bisa dinikmati oleh orang dewasa juga. Ibu dan adik memompa air untuk menyelamatkan rumah yang terbakar, bersaing dengan tim lain di game ‘fireman’. Ada juga bioskop 4D dengan efek angin dan salju yang seru. Saat lelah, kami memutari sekitar Legoland sambil memilih wahana apalagi yang mau dicoba dengan kereta dan melihat Legoland dari ketinggian dengan naik menara berputar yang bentuknya seperti Menara Tamingsari di Melaka.

legoland malaysia (10)
membuat lego alligator

Buat yang suka main robot, ada kelas untuk belajar menggerakkan robot melalui komputer. Robot dari susunan lego ini harus melaksanakan tugas tertentu dan cara menjalankannya menggunakan program di komputer. Adik yang suka science dan robot tentu saja bersemangat. Ia mendengarkan dengan seksama instruksi dari pemandu dalam bahasa Inggris, tumben nih biasanya dia pemalu. Sambil menunggu, di samping ruang lab robot ada lego yang bisa dimainkan. Cara membuat bentuk tertentu telah disediakan.

legoland malaysia (9)
Singapore miniland

Permainan di Legoland memang banyak dan seru. Lokasinya yang terbuka alias outdoor di tempat yang sangat luas membuat pengunjung kepanasan. Udaranya memang super hot, siapkan payung dan kacamata hitam juga air mineral supaya tubuh tetap hidrasi. Theme park ini juga menyediakan penyewaan kursi roda dan stroller, semakin nyaman untuk banyak kalangan.

legoland malaysia (7)
Kids meal, adult portion

Sebelum lanjut ke water park, kami mengisi perut setelah berkeliling. Di dalam Legoland ada beberapa food court. Salah satunya Market Restaurant. Porsi di sini sangat kenyang. Melihat potongan ayam besar, saya memesan kids meal (RM 17) yang ternyata termasuk nasi + paha ayam + apel + jus ribena + pin baju. Makanannya enak, kecuali nasinya dengan rasa campur jahe. Yah karena lapar, dinikmati saja. Alhamdulillah..

legoland malaysia (1)Di samping theme park, ada water park yang lagi-lagi penuh dengan lego. Kolam ombak dibentuk mirip pantai. Airnya jernih, warna dasarnya biru, sangat menyenangkan terseret kesana kemari. Kalau di Lazy River, cukup bersantai di atas pelampung mengikuti arus. Di kolamnya ada potongan lego yang bisa disusun dan direkatkan pada pelampung. Dari tempat ini bisa terlihat roller coaster yang sedang berputar dan Legoland hotel berbentuk kastil.

Tak terasa hari menjelang petang. Bus LM1 untuk kembali ke JB Sentral jadwalnya 20 menit lagi. Kami bergegas ganti baju dan lari campur jalan cepat membawa tas yang semakin berat karena baju renang basah. Dari pintu masuk ke halte jaraknya lumayan. Untunglah kami tepat waktu dan bisa naik bus itu. Kalau terlambat sedikit saja, kami harus menunggu di luar Legoland selama 1,5 jam.

legoland malaysia (8)
mari pulaaaang

Website: http://www.legoland.com.my/

Bus ke Legoland dari Johor Bahru, Kuala Lumpur, dan Singapura: http://www.legoland.com.my/Plan/Bus-Services/

15 thoughts on “Liburan di Bukan Musim Liburan: Legoland, MY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: