Ketinggalan Dompet? Santuy … Sudah Top-up GoPay

Gimana rasanya tidak membawa dompet saat bepergian? Panik, sih, ketika awal menyadari dompet tidak ada di dalam tas Khawatir diambil orang atau jatuh di mana gitu. Tapi setelah meyakinkan diri bahwa dompet ketinggalan di rumah, ternyata saya masih bisa menjalani hari di Jakarta dibantu GoPay di HP.

isi saldo gopay

Santuy ada GoPay di HP

Dompet menjadi barang penting dibawa bepergian karena di sana berisi kartu debit, kartu asuransi, kartu identitas dan tentunya uang. Oleh karena itu, saat saya ketinggalan dompet dan posisi udah jauh di rumah, bingung mau bayar ini-itu pakai apa?

Syukurlah zaman digital seperti ini dompet juga berubah bentuk menjadi digital alias cashless. Berbekal saldo GoPay di aplikasi Gojek di smartphone, saya bisa melakukan pembayaran secara elektronik. Cara pembayaran dengan GoPay:

Buka aplikasi Gojek, pilih “Pay”, pindai QR Code, masukkan password, tring … transaksi sukses!

atau

Buka aplikasi Gojek, pilih “Pay”, masukkan password, tunjukkan QR Code untuk dipindai penjual.

Awalnya saya menggunakan GoPay hanya untuk membayar Gojek. Berhubung sering naik GoRide, saya isi saldo GoPay supaya memudahkan pembayaran ke abang Gojek. Ini juga yang menyelamatkan saya ketika dompet ketinggalan, kan bisa bayar pakai GoPay.

Fungsi GoPay sekarang ini makin meluas. Belanja di Alfamart, makan di McDonald’s, beli kopi “Jump Start” di vending machine, bahkan beli sosis bakar di Car Free Day, cukup bayar dengan scan QR Code di GoPay. Banyak banget merchant, baik online maupun offline, yang sudah bekerja sama menerima pembayaran dengan GoPay.

isi saldo gopay
Beli kopi bayar dengan GoPay

GoPay juga dapat digunakan untuk membayar tagihan (GoBills), membeli pulsa dan paket data (GoPulsa). Tagihan PLN, PDAM, PGN, BPJS Kesehatan, TV Kabel dan Internet, Pascabayar, Multi Finance, sampai voucher streaming bayar pakai GoPay aja.

Apalagi di hari tertentu, ada godaan cashback khusus pembayaran menggunakan GoPay. Belanja makin hemat dan mudah dengan bayar pakai GoPay.

By the way, dari tadi saya sudah nulis kata “GoPay” belasan kali, gimana cara bacanya? GoPay ini dibaca gopei, bukan gopai. Soalnya saya pernah mendengar kawula muda dengan dandanan hits kekinian menyebut “gopai”.

8+ Cara Mudah Isi Saldo GoPay (Top-up GoPay)

Sebelum pergi, biasanya saya mengecek saldo GoPay. Kalau kurang, bisa top-up dulu supaya mudah di perjalanan. Tapi, pernah juga enggak sempat isi saldo, cuma cukup untuk sekali naik GoRide. Kalau gini, setelah sampai tujuan saya bertanya ke babang Gojek, “Pak, bisa isi saldo GoPay?”. Pertanyaan seperti ini bakal disambut ramah si babang karena ia mendapat poin dari pengisian saldo tersebut.

Itu salah satu cara mengisi saldo GoPay. Sebenarnya ada 8+ cara mudah isi saldo GoPay, yaitu:

  1. Gojek driver

Buat order GoRide, GoCar, GoFood, atau GoShop kemudian minta driver-nya mengisi saldo GoPay. Ini favorit saya karena bebas biaya admin.

  1. Minimart & Pegadaian

Isi saldo GoPay di Alfamart, Alfamidi, Dan+Dan, Lawson, atau Pegadaian dengan minimal top-up 10.000 rupiah (khusus Alfamart mulai 20.000 rupiah). Ada biaya admin 2.000 rupiah saja.

  1. BCA Oneklik

Cara ini bisa dilakukan melalui aplikasi Gojek dengan mendaftarkan kartu debit BCA terlebih dahulu. Biayanya 1.000 rupiah per transaksi dengan tanpa minimum nilai top-up.

  1. Mobile banking

Isi saldo GoPay melalui aplikasi mobile banking antara lain BCA, Mandiri, BRI, BNI, PermataBank, juga ATM Bersama. Admin fee bervariasi, mulai dari 1.000 rupiah.

  1. Internet banking

Isi saldo GoPay melalui internet banking antara lain bank BCA, Mandiri, BNI, dan Permata Bank dengan admin fee mulai dari 1.000 rupiah.

  1. ATM

Isi saldo GoPay melalui ATM antara lain bank BCA, Mandiri, BNI, dan Permata Bank dengan admin fee mulai dari 1.000 rupiah.

  1. SMS banking

Isi saldo GoPay melalui SMS Banking antara lain bank BRI, BNI, BJB, BRI Syariah, CIMB Niaga, dan Maybank Indonesia dengan admin fee mulai dari 1.000 rupiah.

  1. Metode lain

Tersedia pula top-up saldo GoPay dengan cara ATM Bersama – cash deposit, BCA – SIM toolkit, teller Bank Sinarmas, PPOB Bank Bukopin dan OCBC NISP.

Selengkapnya klik aja di menu “Top Up” pada aplikasi Gojek, ya.

cara isi saldo gopay
Cek saldo GoPay sebelum pergi

Eits, ada satu lagi nih cara isi saldo GoPay di kala uang menipis. Minta transfer teman atau keluarga sesama pengguna GoPay. Ini sih judulnya utang, ye, maka jangan lupa membayar. Hanya akun GoPay yang sudah di-upgrade yang dapat melakukan transfer antar GoPay users.

Enaknya setelah upgrade akun GoPay, batas saldo bisa sampai Rp10.000.000,-, dana dapat ditarik tunai, juga transfer saldo antar pengguna. Mau bayar patungan jadi lebih mudah dengan GoPay.

Well, syukurlah selama enggak bawa dompet urusan bayar-membayar masih aman. Asal jangan kena ciduk razia KTP aja, nanti saya dikira penduduk illegal. Hahaha …

By the way, biasanya pakai GoPay untuk transaksi apa, sih?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Author: helenamantra

Love to share stories on helenamantra.com and myfoottrip.com

18 Thoughts

  1. Diriku termasuk salah satu pengguna Gopay aktif, terbantu banget lho dengan adanya GoPay ini. Sudah bingung aja kalau misalnya Gopay menipis…senang banget sama banyak fungsi GoPay…mulai dari beli listrik, pulsa, gofood dll..ahh semakin canggih tekhnologi semakin memudahkan kita dalam bertransaksi ya..cukup ketak ketik dr rumah saja..semua teratasi

  2. Gopay itu memang memudahkan banget yaa.. saya yang tinggal di kota kecil yang gak ada Gojeknya pun masih bisa bayar merchant atau minimarket dengan Gopay lhooo… Banyak cafe, minimarket dan lain-lainnya udh bisa pakai Gopay.

    Makanya sebelum keluar rumah wajib banget isi ulang Gopay dulu biar bisa jajan. hehehe

  3. Akutu yaaa, ketinggalan dompet masih tenang.
    Tapi, kalau ketinggalan hape ya balik lagi.

    Semua-mua ada di hape, naik ojek, bayar-bayar, beli-beli semua pakai apps di hape.
    Kalo ketinggalan, berabe seharian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *