Kepincut Gundam di Gunpla Expo 2018 Jakarta

Gunpla Expo 2018 hadir di Mall of Indonesia, Jakarta Utara. Sejak awal, pameran mainan rakit gundam sudah diserbu para penggemarnya, baik anak-anak, remaja, hingga dewasa. Apa sih yang membuat mereka suka bermain gundam? Apa saja yang menarik dari Gunpla Expo yang berlangsung hingga 5 Agustus 2018 ini? Ikuti #myfoottripmain ke sana, ya.

gundam exia
Gunpla Expo 2018 di Mall of Indonesia, Jakarta

Gundam Exia setinggi 3 meter menarik perhatian pengunjung Mall of Indonesia (MoI) siang itu. Para pengunjung bergantian berfoto di depan karakter animasi dari Jepang tersebut. Sebagian berlanjut dengan masuk ke area pameran, sebagian lagi kekepin dompet supaya enggak khilaf. Hahaha.

Mainan Rakit Gundam di Gunpla Expo 2018

Saya mengenal karakter gundam dari sejak SD. Waktu itu saya suka membaca komik Gundam milik temannya kakak. Namun, saya baru mengetahui gundam sebenarnya berawal dari film animasi Jepang yang booming, kemudian dikembangkan dalam bentuk komik hingga mainan rakit produksi Bandai.

Yup, gundam yang dijual pada Gunpla Expo 2018 ini berbentuk potongan plastik kecil nan super-detail yang dapat dirakit sesuai buku petunjuk. Hasilnya dapat dimodifikasi dengan brush, stiker, dan spidol Β agar tampak semakin nyata dan keren.

gunpla expo 2018
Burning Gundam PP Clear Ver.

Pada Gunpla Expo di Jakarta tahun ini, ada sekitar 1000 varian gundam yang tersedia, antara lain tipe HG, RG, MG, dan perfect grade. Untuk yang imut-imut seperti Haropla sekitar Rp90.000,00 sedangkan yang perfect grade bisa mencapai Rp2.250.000,00.

gundam expo jakarta
Press conference Gunpla Expo 2018

Yohanes, Direktur Multi Toys & Games, menyebutkan Gunpla Expo bertujuan agar semakin banyak masyarakat yang mengenal gundam serta menjadi aktivitas positif mengisi waktu luang. Rangkaian acara selama Gunpla Expo seperti cosplay, caravan session mengundang 3 sekolah dasar di Jakarta, GBD Haropla Competition, dan lucky wheel yang hadiahnya jalan-jalan ke Jepang. Wow!

Perwakilan Bandai Jepang, Mr. Takizawa, turut hadir pada press conference Gunpla Expo 21 Juli 2018 lalu. Sebelumnya, Gunpla Expo sudah pernah diadakan di Thailand, Filipina, Malaysia, Taiwan, Singapura, dan sebagainya.

Marcelino Lefrandt dan Derby Romero Jatuh Hati pada Gundam

Sebagai pemula (akibat SID memaksa minta pasangin gundam), kepala saya cenut-cenut membaca buku petunjuk dan mencocokkan bagian mana yang harus dipasang. Keciiil banget, salah potong atau satu bagian yang hilang ya bakal enggak jadi.

Sebenarnya buku petunjuk sudah jelas menunjukkan langkah demi langkah merakit gundam. Tahu, kan, tutorial dari Jepang itu detail banget. Tapi, ketika bagian dagu Gundam 00 Diver hilang, kepala saya puyeng. Tuh dagu imut amat sih, ukurannya sekitar 1 cm. Syukurlah si dagu ketemu dekat rak dan jadi deh kepala Gundam. *baru kepalanya doang, PR masih banyak. Hahaha.

gunpla expo 2018
Gundam Astray Red Frame

Berbeda dengan kepuyengan saya, selebritis Marcelino Lefrandt dan Derby Romero jatuh hati pada gundam. Marcelino tertarik dengan karakter superhero yang pantang menyerah. Sedangkan Derby suka proses merakit dan mengecat gundam miliknya. Syukurlah sang istri mendukung, ya daripada Derby keluar rumah entah kemana, lebih baik ngoprek gundam di rumah saja.

Saking sayangnya dengan gundam, Marcel menjaga betul koleksinya. Ia menyediakan gundam tersendiri untuk anaknya supaya koleksi Marcel aman dari tangan penasaran si anak. Iya, sih, nyesek kalau rakitan udah jadi tiba-tiba dibongkar sama krucil. Saya pun tak tega memajang gundam di rak mainan SID. Β *jadi pelit.

gunpla expo 2018 jakarta
Merakit gundam on-the-spot

Meski nampaknya gundam menyebabkan over-protektif, sesungguhnya mainan rakit ini memiliki efek positif. Merakit gundam butuh konsentrasi, ketelitian, dan ketelatenan. Lihat saja murid SD kelas 4-6 yang mencoba merakit gundam on-the-spot. Sebagian dari mereka baru pertama kali mencoba bermain gundam dan berhasil merakitnya dalam waktu sejam saja.

Bermain gundam memang bikin penasaran. Saya kok jadi ketagihan merakitnya sampai selesai, ya? Menunggu SID tidur aja ah supaya minim gangguan. Hohoho.

gunpla expo 2018 jakarta
Lifesize Gundam 00 Diver dan anak bahagia dapat mainan baru

Buat yang belum sempat ke Gundam Expo 2018 di Mall of Indonesia, pameran ini berlangsung selama 20 Juli – 5 Agustus 2018 tanpa tiket masuk. Setiap harinya bakal ada stok baru yang dijual. Siapkan pikiran yang tenang dan juga isi dompet. *kayak apaan aja.

gunpla expo 2018 moi
Langsung memborong gundam di hari kedua Gunpla Expo

By the way, bagaimana cara membaca gundam? Pakai u? Yang benar dibaca gandam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Author: helenamantra

Love to share stories on helenamantra.com and myfoottrip.com

14 Thoughts

  1. Aaahh,, mudah2an ada anak aku yang suka gundam ini deh. Aku suka banget soalnya proses merakit2 gini. Biasanya aku beliin si K yang lego2an harga 20k-an. Tapi bentar aja udah dihancurin gitu. Kalau gundam bakalan aku omelin panjang lebar deh, hahahaha

  2. Kalau di rumahku yang suka gundam kayake lebih ke bapake deh hahaha. Ini sepertinya mainan buat dewasa dan anak, tapi seru kalau ortu anak punya hobi sama πŸ˜€
    Hahaha soale cilik2 ya bagiannya, jd gampang ilang πŸ˜€
    Nah itu jg yg bikin aku pelit hahahaha, tapi bapake suka beli yg rakitan kecil2 kyk gtu -_-“

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *