My Foottrip

Helena's journey to here and there

Hutan Bakau, Wisata di Kota Gresik

Kalau biasanya tumbuhan yang terlalu banyak disirami air bakal cepat mati, ini ada tumbuhan yang airnya sampai menggenang tapi malah subur. Uniknya akar yang umumnya tumbuh di dalam tanah, pada tumbuhan ini akar muncul ke permukaan seperti mencari oksigen. Itulah tumbuhan Bakau atau disebut juga Mangrove. Bakau ini tumbuh di rawa-rawa dengan air payau yang letaknya dekat dengan pantai. Hutan bakau bermanfaat untuk mengurangi abrasi dan meredam gelombang besar seperti tsunami. Di Indonesia penanaman bakau terus digalakan tiap tahunnya. Perusahaan-perusahaan melalui program CSR menanam ratusan hingga ribuan bakau di hutan-hutan bakau di beberapa lokasi di Indonesia.

bakau gresik (2)

kapal untuk disewa

bakau gresik (3)

bakau…aku datang!

Bulan ramadhan lalu saya ke hutan bakau di Desa Karang Kering, Gresik. Desa ini tepat di sebelah perusahaan Sumber Mas Plywood di jalan Kapten Darmo Sugondo. Masuk gerbang desa melalui gang sempit berliku sampailah di ujung desa yang berbatasan dengan laut. Cuaca Gresik yang panas terlindungi oleh teduhnya pepohonan bakau. Meniti jembatan kayu menuju ujung dermaga, terlihat dua pondok untuk singgah. Satu biasa digunakan sebagai warung makanan bagi pengunjung dan satu lagi dengan ukuran lebih kecil untuk bersantai menikmati semilir angin laut. Dari dermaga nampak di sebelah kanan ada Pulau Galang yang menjadi sengketa antara kota Gresik dengan Surabaya. Menurut penduduk lokal, beberapa kapal kecil yang bersandar di dermaga dapat disewa untuk berkeliling. Namun karena saat itu sudah mendekati lebaran, pemilik kapal telah mudik.

Hutan ini rencananya akan dibuat sebagai pusat hiburan yang lebih tertata. Mumpung masih sepi, tempat ini cocok untuk hunting foto atau sekedar ngabuburit. Setelah tiga bulan jauh dari laut, bertemu bakau di tepi laut ini membuat saya bersemangat lagi. Yes, ada tempat penghilang bete!

bakau gresik (5)

« »

© 2017 My Foottrip. Theme by Anders Norén.

%d bloggers like this: