Hotel Review: Fragrance Hotel – Emerald, Geylang, Singapore

Hotel Review: Fragrance Hotel – Emerald, Geylang, Singapore

Fragrance Hotel Emerald Singapore (1)
Fragrance Hotel – Emerald

Jaringan Fragrance Hotel tersebar di Singapura. Kali ini saya menginap di Fragrance Hotel Emerald di daerah Geylang. Dibanding Fragrance Hotel tempat lain, Geylang memang paling murah hingga 50%. Pemesanan kamar bisa go show dengan datang langsung ke hotel atau via website. Booking via website lebih murah, mendapat harga spesial ke Singapore Flyer, free room upgrade, dan gratis Wi-Fi di kamar.

Kamar yang tersedia mulai dari standard, deluxe, hingga family room. Karena bepergian dalam grup (2 dewasa dan 2 anak-anak) saya memesan family room dengan rate permalam S$ 110. Letaknya di lantai tertinggi, lantai 8 (tenang…ada lift). Pemandangan dari kamar tampak hotel, apartment, dan toko di sekitarnya. Family room terdiri dari 1 queen size bed dan 1 single bed, 2 meja, dan kamar mandi dalam dengan bath up. Terdapat hanger dan tempat menggantung pakaian serta di bawah meja ada tempat menyimpan tas. Sebagai complementary tersedia 3 botol kecil air mineral, teh, kopi, gula, dan water heater. Pada kamar mandi tersedia 2 handuk besar serta peralatan mandi. Ukuran kamar memang pas-pasan untuk 3 – 4 orang. Mengingat akomodasi di Singapura termasuk mahal bagi sebagian orang Indonesia (baca: termasuk saya), tempat ini cukup lah dengan harganya. Apalagi untuk anak usia hingga 11 tahun bebas biaya selama menggunakan kasur yang tersedia (kalau extra bed kamarnya tidak cukup).

Fragrance Hotel Emerald Singapore (2)
Family room (yang acak-acakan)

Check in hotel ini mulai pukul 3 sore dan paling awal check in pukul 1 siang. Bila anda datang lebih awal, tersedia penitipan tas selama 24 jam gratis. Ada sebuah ruangan kecil tertulis “luggage room” di seberang meja resepsionis. Bila ruangan ini penuh, tas diletakkan di depan ruangan. Untuk keamanan, pasang kunci dan bag cover.

Lobby untuk budget hotel ini terbatas, tersedia 4 kursi dan sebuah meja. Ada juga kursi pijat dengan biaya tertentu untuk melepas lelah setelah berjalan-jalan seharian. Di samping meja resepsionis tersedia brosur dan peta Singapura secara gratis, ambillah sesuai kebutuhan. Resepsionisnya bisa berbahasa Melayu, tak perlu canggung bila kurang percaya diri dengan bahasa Inggris pakai saja bahasa Melayu campur Indonesia, insyaallah mengerti.

Bathroom
Bathroom

Fasilitas Wi-Fi tersedia di lobby secara gratis. Untuk pemesanan via website mendapat Wi-Fi gratis terbatas untuk 2 perangkat (hp, tablet, laptop, dsb) yang berlaku 24 jam di kamar. Kualitas Wi-Fi di kamar termasuk cepat. Saya pun sempat mengunduh beberapa game dan mencari informasi untuk tujuan jalan-jalan berikutnya.

Fragrance Hotel Emerald tidak menyediakan sarapan secara cuma-cuma. Untuk menyiasatinya, bawalah bekal seperti mie instant dan dimasak menggunakan water heater yang tersedia (dapat ide ini dari teman, thanks!). Di sekitar hotel pun ada banyak restoran dan toko kelontong. Di Geylang lorong 4 ada restoran halal dengan menu masakan Melayu dan India. Di seberang jalan terdapat 7-11 pada SPBU Shell. FYI Aqua botol ukuran 1,5 L dijual S$ 2.90 (menyimpang dari isi review tapi mahal bok!).

Dari bandara Changi ke Geylang cukup dekat. Menggunakan taksi sekitar 15 menit dengan biaya S$ 17 – 25, bergantung waktu. Sebagai gambaran saya ke hotel saat pagi sekitar pukul 9 dengan tarif S$ 20.65. Ada pula airport shuttle dengan biaya S$ 9 yang mengantarkan anda hingga penginapan. MRT terdekat yaitu MRT Kallang. MRT ini berada sebelum Geylang lorong 1. Jarak Geylang lorong 1 ke lorong 6 cukup jauh, sekitar 10 menit berjalan kaki dan berkali-kali menyeberang jalan besar. Bila berkendara dengan bus, di sekitar Geylang banyak shelter bus. Yang terdekat yaitu shelter bus di seberang Masjid Haji Mohd Salleh, berjalan keluar lorong ke arah Geylang road kemudian belok kanan. Dari sini ke Merlion Park ditempuh menggunakan bus 100 dan ke Vivo City (mall menuju Sentosa Island dan Harbourfront) dengan bus 80. Sayangnya jalan ini hanya satu arah. Kembalinya dari tempat wisata, shelter terdekat sekitar 7 menit jalan kaki (dekat MRT Kallang).

Fragrance Hotel Emerald Singapore (4)
Masjid Haji Mohd Salleh di Geylang Road

Kawasan Geylang saat malam dikenal sebagai tempat ”hiburan malam” yang gemerlap. Hal ini membuat saya mengesampingkan opsi menginap di kawasan Geylang pada awalnya. Namun setelah mengumpulkan berbagai informasi, tidak semua daerah di Geylang rawan. Penginapan, baik hostel maupun hotel di daerah ini memang tergolong murah. Untuk itu kita harus selektif, jangan sampai murah tapi murahan.

 

Fragrance Hotel – Emerald

20 Lorong 6 Geylang Singapore 399174
Hotel Area: Geylang, Kallang
Telephone No.: +65 6842 3888

Website: www.fragrancehotel.com

8 thoughts on “Hotel Review: Fragrance Hotel – Emerald, Geylang, Singapore

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: