My Foottrip

Helena's journey to here and there

OPPO F5 Hands-On Review: Beautify Tanpa Lebay

“Kecanggihan OPPO F5 dapat mendeteksi wajah dengan A.I. Beauty Recognition Technology. Hasilnya foto dengan beautify yang tidak lebay. Full Screen FHD+ membuat pengalaman nonton film, membaca e-book, ataupun nge-blog di OPPO F5 lebih lega dan puas. Jadi ada hiburan saat terjebak macet sepulang kerja.”

spesifikasi OPPO F5

at grand launching OPPO F5 Capture The Real You

Ada yang bilang menjadi blogger itu asyik karena menghadiri undangan liputan di sana-sini bonus bertemu artis atau selebgram idola. Tahukah, di balik itu saat bertemu artis saya ingin berswafoto. Kapan lagi, kan? Tapi kadang ga percaya diri karena si artis wajahnya cantik paripurna sedangkan saya pakai lipstick aja masih belang-belang. *kok kayak zebra, hahaha. Jadilah kesempatan ber-wefie ria dengan idola berlalu begitu saja. Contohnya saat bertemu Marischka Prue di launching OPPO F5 lalu saya cuma curi-curi pandang. Beda dengan rekan blogger saya, Mbak Liswanti yang PD foto bareng Prue. Mbak Lis sih oke aja berfoto bareng artis karena pakai OPPO yang hasil fotonya effortlessly beautiful. Andai punya OPPO…

Saya pun makin berandai-andai setelah hadir di grand launching OPPO F5 di Ritz-Carlton Jakarta pada 13 November 2017 lalu. Acara tersebut penuh kejutan, terutama fitur kamera dan harganya yang WOW. Setelah itu saya juga sempat mencoba berbagai fitur OPPO F5 yang makin membuat hati ini kepincut ingin memilikinya. Baca ulasannya ya.

OPPO, Selfie Expert & Leader

Ingat OPPO, ingat selfie. OPPO itu Real Selfie Device. Yup, karena OPPO merupakan smartphone yang terkenal dengan selfie expert. Dalam launching OPPO F5 sore itu saya menyadari OPPO bukan hanya selfie expert tetapi juga selfie leader. OPPO menjadi ponsel canggih pertama di dunia dengan kamera depan 5MP pada 2012. Lalu pada 2013 OPPO N1 memiliki kamera yang dapat diputar 206 derajat, lagi-lagi OPPO yang menjadi pionir. Setahun kemudian lahir OPPO N3 yang memiliki kamera dengan automatic rotating. Dan tahun demi tahun terobosan yang dilakukan OPPO mengukuhkannya sebagai selfie expert & leader. Saya ingat betul pernyataan Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia, bahwa OPPO is not following the trend but creating the trend. Can’t agree more!

grand launching OPPO F5

Prestasi OPPO di Indonesia dijelaskan oleh Alinna Wenxin, Marketing Director OPPO Indonesia

Bagaimana OPPO bisa menjadi selfie expert & leader? Alinna Wenxin, Marketing Director OPPO Indonesia, mengungkapkan rahasia dapur OPPO. OPPO memahami ada 200juta pengguna aktif smartphone yang terdiri dari orang muda dengan usia di bawah 40 tahun yang butuh hasil foto sangat baik. OPPO pun berfokus di sana dengan membuat tim yang terdiri dari generasi muda (Young Team, Young Heart). Tim ini melakukan riset dan mengumpulkan feedback untuk memahami kebutuhan para pengguna smartphone. Inilah mengapa tiap tipe smartphone OPPO selalu berhasil merebut perhatian para pengguna ponsel pintar.

OPPO F5, Capture The Real You

Pertama kali saya berfoto dengan OPPO beberapa tahun lalu menggunakan OPPO F1s. Seketika saya takjub dengan hasilnya. Wih, wajah jadi flawless begini! Cakep sih cakep, tapi menurut saya yang ga pede dengan swafoto hasilnya terlalu cakep! Saya khawatir saat kopi darat dengan teman-teman blogger (yang biasa berjumpa di dunia maya) mereka kaget dengan wajah asli saya. Hehehe.

Umumnya mode beauty menggunakan satu rumus untuk mempercantik hasil foto setiap wajah. Hasilnya kulit wajah gelap tampak begitu terang, kulit terang tampak terlalu pucat, atau wajah lelaki tampak terlalu putih dengan bibir merah (malah jadi seperti wanita, kurang laki).

A.I. beauty recognition pada OPPO F5

Suwanto, Marketing Planning Manager OPPO Indonesia, menjelaskan kelemahan mode beauty versi lama

Berbeda dengan OPPO F5 yang menggunakan teknologi A.I Beauty Recognition. Teknologi ini  mampu mendeteksi wajah secara detail dari segi jenis dan warna kulit, jenis kelamin, dan usia subjek foto. A.I Beauty Recognition mampu memindai lebih dari 200 titik di wajah sehingga menghasilkan foto yang lebih cantik/cakep tanpa editan berlebihan. Tepat ketika OPPO F5 mengusung tagline “Capture The Real You”.

Hasil foto kamera depan OPPO F5 (dok. Liswanti Pertiwi)

OPPO F5 dilengkapi kamera depan 20 MP dengan diafragma f/2.0 yang mampu menghasilkan efek bokeh dan HDR. Jarang-jarang lho kamera depan memiliki fitur selengkap ini. Selfie atau wefie makin keren dengan kedua fitur tersebut. Saya bakal makin percaya diri berswafoto bersama para blogger ataupun artis idola saat liputan. Selain itu yang saya suka dengan kamera depan OPPO mendukung untuk pembuatan video. Ketika subjek bergerak, kamera mampu tetap berfokus pada wajah subjek meski background blur karena berpindah tempat. Fitur ini cucok deh dengan kebutuhan liputan yang harus live instagram. Hasil video membuat instagram feed @myfoottrip bakal makin memukau.

harga OPPO F5 6GB

Menjajal OPPO F5 6GB red edition

hasil foto kamera OPPO f5

Senang deh foto pakai OPPO, hasilnya cakep!

Ketika saya mencoba kamera depan OPPO F5, hasilnya memang natural. Lebih cantik dari aslinya saya tapi ga lebay, ga putih banget, dengan tipe kulit sawo matang. Hasilnya pas! Antara mode normal atau beauty, lebih bagus dan tajam mode beauty untuk kamera depan.

Mode beauty yang standar aja udah bagus. Namun bila dirasa kurang, masih bisa diatur lagi level beauty hingga level 10. Waktu itu saya berfoto bersama Mbak Tia dan Mas Jun. Hasilnya wajah kami terlihat sangat putih dan tirus di level 10. Bahkan hasil foto Mas Jun agak seperti cewek dengan bibir pink. Efek rambut gondrong juga kali ya.

harga OPPO F5 Ram 4GB

Hasil foto kamera depan OPPO F5 dengan mode beauty level 0

Sedangkan kamera belakang 16 MP dengan diafragma f/1.8 bisa banget untuk bokeh. Hasil fotonya juga oke untuk night scene. Keunggulan lainnya yaitu saat mengambil foto dengan background kece seperti iconic place. Kadang harus memilih antara fokus di wajah atau fokus di background. Sedangkan kamera belakang F5 mampu menyeimbangkan keduanya, baik wajah ataupun background jelas terlihat.

grand launching oppo f5

Samuel_erha, Andy Yanata, Giofando, dkk dalam grand launching OPPO F5

Ketika saya mencoba antara mode normal dan mode beauty, warnanya lebih tajam yang mode normal dengan kamera belakang. Sayangnya saya tidak menyimpan foto-foto hasil OPPO F5 saat hands-on review, adanya video singkat ketika saya otak-atik F5. Tapi pembaca bisa mencoba langsung di gerai OPPO terdekat.

Facial Unlock

Teknologi pemindai wajah tak hanya untuk menghasilkan foto yang lebih natural tetapi juga sebagai pembuka kunci layar. Saya biasanya bingung ketika sibuk cuci piring kemudian ada panggilan masuk. Buru-buru saya cuci tangan, mengelap tangan supaya kering, lalu mengangkat telepon. Kadang proses ini terlalu lama hingga telepon sudah dimatikan sebelum saya mengangkatnya. Dengan teknologi facial unlock, saya cukup melihat ke arah kamera F5 untuk membuka kunci layar dan menjawab panggilan telepon meski tangan belepotan sabun (tanpa memegang telepon). Teknologi ini memindai 128 titik di wajah sehingga mampu membuka kunci layar F5 dalam waktu kurang dari 1 detik. Bahkan ia mengenali saat pengguna memakai kacamata ataupun tidak.

Selain itu cara membuka kunci layar dengan sensor pemindai sidik jari di belakang OPPO F5, password, atau pola/pattern yang dapat dipilih di menu pengaturan.

harga OPPO F5 4GB

OPPO F5 dilengkapi fingerprint sensor di belakang. List dan lengkung di sudut F5 menambah artistik ponsel ini.

OPPO F5 tampak bawah

OPPO F5 tampak samping. Tipisss ya

Full Screen FHD+, The Full Screen Era Begins

Salah satu cara hemat saya saat liputan yaitu menggunakan transportasi umum seperti bus atau commuter line. Menempuh perjalanan ke lokasi acara bisa memakan waktu 1-2 jam, tak jarang saya harus berdiri karena kondisi bus yang ramai. Untuk mengurangi kebosanan, saya suka membaca berita, kepo-in akun media sosial, membaca e-book, atau menyusun draft untuk blog. Hal ini saya lakukan menggunakan smartphone. Pemandangan wajar juga saya jumpai ketika melihat penumpang lain asik menonton film (biasanya drama Korea) atau main game lewat ponsel.

Paling enak melakukan aktivitas tersebut menggunakan layar smartphone yang lebar. Saat ini saya sudah memakai kacamata, kalau layarnya terlalu kecil malah minus bisa nambah.

Satu hal lagi yang membuat saya makin naksir dengan OPPO F5 karena dilengkapi layar penuh FHD+ berukuran 6 inci beresolusi 2160×1080. Layarnya nampak lebar, lega banget melihatnya. Mau nonton film, main game, ataupun nge-blog makin nyaman. Saat membaca e-book pun bisa diatur mau layar mode cooler, warmer, black & white, atau night time reading. Ga silau, ga terlalu gelap.

spesifikasi OPPO F5 terbaru

Layar yang dapat disesuaikan untuk kenyamanan membaca e-book

Layar lebar begini tetap membuat OPPO F5 nyaman saya genggam. Dari segi layar memang 6 inci tetapi body 5,5 inci. Ini karena tombol home dihilangkan, berganti dengan navigation gesture yang ada di bawah layar untuk mengoperasikan tombol home, menu, dan back. Selain itu OPPO F5 tipis dan ringan. Ketebalannya hanya 7,5mm dengan bobot sekitar 152gr.

Mobile Gaming with OPPO F5

Membicarakan OPPO tidak hanya melulu tentang selfie dan selfie. OPPO F5 juga jago diajak main game! Well, saya bukan penikmat MOBA tetapi sering melihat keasyikan para lelaki bermain mobile online battle arena. Mereka biasanya duduk berkumpul, memandang gawai masing-masing, sambil saling teriak mengatur strategi.

Battle on the spot dengan OPPO F5

Penyuka mobile gaming sekarang punya pilihan gawai baru yaitu OPPO F5 yang menawarkan outstanding mobile gaming experience. Tak tanggung-tanggung, OPPO bekerja sama dengan permainan Arena of Valor (AOV) yang dapat diakses di aov.oppomobile.id.

Pihak AOV telah menguji coba OPPO untuk bermain game, hasilnya permainan akan mulai lebih cepat 23,9% dibanding perangkat pada level yang sama. Selain itu pengguna dapat memanfaatkan fitur Game Acceleration yang mampu menghasilkan frame rate di atas 30 fps hingga maksimum 60 fps, gambar yang dihasilkan mulus. Kalau gini sih harusnya makin gampang menang main AOV pakai F5. Ga pakai nge-lag. Apalagi setiap pembelian OPPO F5 mendapat bonus DC Super Hero Lucky Box.

Sedang asik main game kadang terganggu dengan panggilan masuk. Aktifkan saja fitur “Jangan Ganggu” pada OPPO F5. Panggilan masuk akan muncul sebagai notifikasi saat bermain game. Mau menjawab atau menolak telepon mudah dilakukan tanpa menggangu permainan.

mobile gaming experience with OPPO F5

Untuk membuktikan ketangguhan F5 dalam mobile gaming, pada grand launching diadakan battle on the spot dengan game terbaru dari AOV yaitu Superman. Permainan berlangsung seru karena terbayang pemenang utama mendapat OPPO F5. Grafis di layar F5 nampak lancar dan mulus. Canggih banget buat gamers.

Spesifikasi dan Fitur Pendukung OPPO F5

OPPO F5 dilengkapi dapur pacu Color OS 3.2, based on Android 7.1, prosesor Octa-Core 2,5GHz, dan RAM 4GB. Kapasitas RAM sebesar ini bakal membuat blogging on the spot semakin lancar. Mau membuka beberapa aplikasi untuk live tweet, update insta story, merekam talkshow, memotret, maupun mencatat di notes berjalan lancar.

OPPO F5 memiliki penyimpanan internal 32GB dan dapat ditambah dengan kartu Micro-SD hingga 256GB. Slot kartu ini berbentuk triple slot storage untuk memuat dua kartu nano simcard (dan satu kartu Micro-SD. Kedua simcard ini aktif bersamaan menggunakan sinyal 4G (Dual-on 4G).

Baterai OPPO F5 berkapasitas 3200mAh dengan teknologi Continuous Optimizing yang membuat F5 dapat dipakai selama 12 jam terus menerus. Ada pula fitur Power Saving yang semakin menghemat baterai.

Pengalaman saya mengirim file dari OPPO ke HP lain menggunakan Bluetooth berlangsung lama karena ukuran satu foto yang besar, bisa 3MB. Sekarang sudah ada O-Share untuk mengirim file antar OPPO devices dengan kecepatan 100 kali lebih cepat dari Bluetooth. Gambar sebesar 30MB bisa ditransfer hanya dalam sedetik. Wih, cepat banget!

Kids Space, fitur penting di OPPO F5 buat para orang tua yang demen rebutan HP dengan anak

Fitur-fitur lain yang menarik hati saya yaitu Quiet Time dimana pengguna dapat mengatur waktu privasi supaya tidak ada notifikasi telepon ataupun pesan masuk. Smartphone memang menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Namun lelah juga rasanya berhadapan dengan ponsel setiap waktu. Malam hari ingin juga istirahat dengan tenang tanpa gangguan klien yang menagih tugas. Saat seperti ini saya dapat mengaktifkan Quiet Time.

Fitur selanjutnya yaitu Kids Space untuk mencegah anak dari kecanduan memakai gawai. Tiga hal utama yaitu pertama, charge prevention untuk menghindari pembelian aplikasi atau adds-on tanpa sengaja. Kadang anak-anak asal aja pencet yang berujung pemotongan pulsa atau timbulnya tagihan pada kartu kredit. Kedua, prohibit system modification untuk mencegah pengubahan sistem atau aplikasi. HP teman saya tiba-tiba kehilangan aplikasi kamera karena dipencet anaknya. Hal seperti ini dapat dihindari. Ketiga, addiction prevention yang membatasi waktu pemakaian gawai pada anak supaya tidak kecanduan.

Harga OPPO F5

Berapa ya harga smartphone secanggih OPPO F5? Angka 4,5-5 juta muncul di kepala saya. Namun ketika Suwanto, Marketing Planning Manager OPPO Indonesia, mengumumkan harga OPPO F5, saya dan para hadirin langsung bertepuk tangan.

OPPO F5 (warna gold & black) dengan RAM 4GB dibanderol di harga Rp3.999.000,-. Sedangkan OPPO F5 (warna red & black) dengan RAM 6GB dibanderol di harga Rp5.199.000,-. Plus ada F5 Youth dengan RAM 3GB, kamera depan 16 MP dan belakang 13 MP hanya Rp3.599.000. Info lengkapnya di Facebook OPPO  dan Instagram @OppoIndonesia.

5 Kata Chelsea Islan tentang OPPO F5

Artis cantik Chelsea Islan sebagai Selfie Expert Member OPPO Indonesia mengungkapkan OPPO F5 dalam lima kata, yaitu: terobosan baru, inspiratif, canggih, inovatif, dan unik. Dari semua produk OPPO, seri OPPO F5 lah yang paling mampu memberikan hasil foto alami tanpa melebih-lebihkan fitur di wajah Chelsea.

Chelsea Islan bersama tim OPPO Indonesia

Saya sih iyes banget dengan Chelsea. Melihat dan mencoba langsung OPPO F5 makin membuat saya yakin OPPO F5 akan mendukung pekerjaan saya sebagai blogger. Kebutuhan blogging on the spot untuk segera menerbitkan artikel mudah saya lakukan. Gampang ngetik, gampang motret dengan hasil foto ciamik, juga gampang membuat dan mengedit video. Ketemu seleb dan public figure pun bisa langsung saya ajak wefie dengan hasil cantik tanpa lebay. Laff, laff banget sama OPPO F5. Andai dia jadi milikku…

 

«

© 2017 My Foottrip. Theme by Anders Norén.