Gaung Gong Perdamaian

Gaung Gong Perdamaian

Sulawesi Tengah beberapa kali muncul di tv kalau ada kerusuhan antar warga. Malu sih, hari gini masih aja tawuran, kadang cuma ikut-ikutan atas nama solidaritas padahal tidak tahu masalah pemicunya. Mungkin ini yang menjadi inisiatif Kapolda Sulteng untuk membuat gong perdamaian di Palu. Letaknya di atas bukit, di belakang kantor Polda Jl Soekarno Hatta.

Selamat Datang, Kawan!
Selamat Datang, Kawan!

Sampai di tempat parkir disambut sepasang patung mini megaltikum. Patung versi aslinya ada di daerah Napu sebagai bentuk peninggalan jaman purba. Di sini ada berbagai ornamen khas Bali, tempat asal Kapolda. Di pinggirnya dipasang patok-patok kayu dengan keterangan tempat itu akan dipasang patung-patung lain.

Image
Gong Perdamaian

Gong perdamaian berdiri gagah dikelilingi pagar berbentuk rumah adat, tempat ibadah, dan sepasang manusia bergandengan tangan. Inilah gong perdamaian nusantara keempat, setelah Yogyakarta, Kupang, dan Singkawang. Gong kelima rencananya akan diletakkan di Bangka Belitung. Pada gong terdapat simbol berbagai agama, logo tiap propinsi dan kabupaten se-Indonesia. Dengan mudah saya menemukan kabupaten Raja Ampat, wow!

Selain gong perdamaian, dibangun pula Monumen Nosarara Nosabatutu. Monumen setinggi 3 lantai ini akan berisi pesan mengenai persatuan dan perdamaian dari para tokoh di Sulawesi Tengah.Saat ini pembangunan terus berlangsung.

Image
Nosarara Nosabatutu (seperti film The Raid kan?)

Semoga masyarakat Indonesia khususnya Sulawesi Tengah makin menyadari pentingnya perdamaian dan dapat menciptakan persatuan, make peace not war!

4 thoughts on “Gaung Gong Perdamaian

  1. Tabe sobat, untuk dapat saling mengenal sesama Blogger dari Sulawesi Tengah dan agar kita dapat saling berbagi bersama, kami undang komiu untuk bergabung dengan Komunitas Blogger Sulawesi Tengah (bloggersulteng.blogspot.com). Sukses selalu sobat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: