Gemerlap Malam Festival of Light Monas Week 2019

Festival of Light Monas Week 2019

Malam-malam main ke Monas? Well, ini pertama kalinya saya berkunjung ke Monas di malam hari. Awalnya terpikir bakal gelap plus khawatir SID tersandung atau apalah. Eh ternyata ada yang berbeda lho di kawasan Monas karena sedang berlangsung Festival of Light sebagai bagian Monas Week 2019. Apa saja yang menarik?

festival of light monas week 2019
Welcome to Festival of Light Monas Week 2019

Monumen Nasional alias Monas, Tugu Ikonik di Jakarta

Sebagai penduduk DKI Jakarta, saya agak malu belum pernah naik ke puncak Monumen Nasional (Monas). Tugu ini khas banget di Indonesia, khususnya Jakarta, masa’ sih belum pernah sampai atas Monas.

Bulan lalu saya pernah mengajak SID dan teman-temannya ke Monas namun kami kecewa karena kedatangan kami bertepatan dengan HUT Bhayangkara. Monasnya tutup sementara. Saat siangnya, eh tiket untuk naik ke puncak Monas sudah habis. Kalau naik sampai cawan saja kan tanggung. Ya sudah kami pulang mampir beli es krim Ragusa di dekat situ untuk mengobati kekecewaan.

Baca juga: Makna Logo Wonderful Indonesia

Festival of Light Monas Week 2019

Malam ini, 14 Agustus 2019, saya kembali mengajak SID dan ayahnya ke Monas. Bukan untuk naik ke cawan atau puncak Monas tetapi menghadiri Festival of Light Monas Week 2019.

festival of light monas 2019
Diorama Bung Karno dan Bung Hatta membacakan naskah proklamasi

 

pameran lampu lampion di monas
Garuda dengan lambang pancasila

FYI, ini pertama kalinya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta mengadakan Festival of Light (festival lampu) di Kawasan Monas. Festival ini merupakan bagian dari rangkaian “Monas Week 2019” untuk menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara agar berkunjung dan mempelajari sejarah di Monas.

Baca juga: City of Digital Light i-City Malaysia

Monas Week 2019 terdiri dari tiga event. Bulan Juli lalu sudah ada Pameran Hologram di Museum Sejarah Nasional. Bulan Agustus, tepatnya 15 – 25 Agustus 2019, diadakan Festival of Light. Sedangkan Desember 2019 nanti akan ada video mapping di bagian tugu Monas.

festival of light monas week 2019
Mobil kepresidenan RI yang pertama

Festival of Light menampilkan lampion dan kreasi lampu berbagai bentuk yang bertemakan sejarah Indonesia. Pas banget dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 di bulan Agustus ini. Contohnya, lampion berbentuk Pangeran Jayakarta, Jenderal Sudirman, Bung Karno dan Bung Hatta yang membacakan naskah proklamasi, sampai mobil Buick-8 sebagai mobil kepresidenan RI yang pertama.

festival of light monas jakarta
HUT RI ke-74. Merdeka!

Lapangan rumput Monas pun disulap menjadi taman bunga aneka warna. Cantik banget untuk difoto. Tapi, hati-hati ya ini bunganya dari plastik dan lampu. Jangan dipetik, malah kesetrum. Hehe …. Saking asyiknya piknik malam hari di antara taman bunga, SID sampai rebahan di atas rumput.

monas festival of light 2019
Bahagianya ketemu lampu warna-warni

Selain berfoto di banyak spot menarik, kami juga menikmati Festival of Light diiringi penampilan DJ Xandria. Unik, nih, karena lagunya pakai lagu daerah dan lagu kebangsaan yang disajikan dengan lebih modern. SID aja jadi penasaran dengan lagu “Gundul-gundul Pacul”.

pameran lampu di monas
Kapal besar itu sebagai panggung untuk DJ performance

Oh ya, jika berkunjung ke Festival of Light, jangan lewatkan permainan lampu laser di jam-jam tertentu. Ini nih jadwalnya:

Pertunjukan 1: 18.30 – 18.55 WIB

Pertunjukan 2: 20.00 – 20.25 WIB

Pertunjukan 3: 21.00 – 21.25 WIB

 

Tips Berkunjung ke Festival of Light di Monas

Melihat gemerlap lampu cantik di Kawasan Monas jadinya ingin mengabadikan momen di sana-sini, kan. Supaya hasilnya kece dan nyaman berkunjung, berikut tips singkat a la Myfoottrip:

  1. Pakai pakaian dengan warna terang supaya hasil foto di kegelapan lebih jelas terlihat.
  2. Pakai night mode di kamera, lebih oke lagi kalau smartphone-nya punya Ultra Night Mode yang canggih memotret di tempat minim cahaya.
  3. Bawa tripod bila perlu supaya hasil foto stabil dan bisa bergaya dari jauh (enggak cuma selfie, hehe ….)
  4. Hati-hati melangkah karena banyak kabel lampu.
  5. Jaga kebersihan dan kerapihan area Festival of Light, ya.
festival of light monas week 2019
Mau pegang buntut flamingo :))

Well, itu pengalaman asyik kami main ke Monas di malam hari menikmati Festival of Light. Mumpung masih berlangsung sampai 25 Agustus 2019, yuk ajak teman dan keluarga berkunjung ke Monas!

Festival of Light Monas Week 2019

Lokasi: Taman Selatan Kawasan Monas (masuk dari IRTI/ pintu seberang Perpusnas/ dekat halte busway Balai Kota)

Buka setiap hari (kecuali Senin) pukul 18.30 – 22.00 WIB

Terbuka untuk umum dan gratis

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Author: helenamantra

Love to share stories on helenamantra.com and myfoottrip.com

31 Thoughts

  1. Yaaa kenapa gak sekalian jadi sampai 25 Agustus ya (ngarep).
    Kebayang bagusnya Monas di waktu malam dengan lampu warna-warni gtu, cakep.
    Wah iya kudu pakai baju terang biar keliatan pas difoto gtu.

  2. Wah Monas jadi semakin meriah ya dengan adanya festival ini..anak-anak excited banget dengan bentuk lampion yang beraneka..jadi ingat di Monjali Jogja yaa..

  3. Wah Monas jadi semakin meriah ya dengan adanya festival ini..anak-anak excited banget dengan bentuk lampion yang beraneka..jadi ingat di Monjali Jogja yaa ada lampion juga..

  4. keren banget, kreatif ya yang ngadain, bikin model lampionnya itu yang susah. Apalagi yang bentuk burung garuda itu, saya suka.
    Dan Desember nanti bakal ada video mapping, mupeng jadinya. Sayang jauh dari Jakarta, jadi nggak bisa mengunjungi ke sana

  5. Aku loh beberapa kali ke Jakarta belum pernah ke Monas. Apalagi sampai tanggal 25 ada festival of light, kan jadi mupeng kesana. KEbetulan besok tanggal 21 Agustus aku ada acara di Rasuna Said. Jauh nggak sih kalo ke Monas, tapi kayaknya nggak bisa malam hari karena acara yang aku hadiri di Jakarta itu malam. Pagi aja deh ke Monas trus shalat di Masjid Istiqlal

  6. Coba hari senin mau kesana pasti ga rame kali yah pas hari kerja, soalnya kalo sabtu depan udah ke tutup. Aq terakhir ke monas 4 bulan yg lalu deh pas kerja di daerah monas makan siang selalu kesana hahaha

  7. Gak ikutan liat ke Festival keren ini, tepar di rumah hiks. Semoga tahun depan ada lagi ya Ibu Sid. Apalagi dari info teman2 Pak Gondrong ini gratis yak, hanya bayar tiket masuk Monas.

  8. Pemandangan indah di malam hari yang bertaburan cahaya, sayang sekali kalau masih banyak orang yang belum bisa menjaga keindahan yang ada ya. Masa keindahan itu berakhir di tangan mereka yang iseng.
    Saya baru bisa lihat indahnya festival of lights Monas dari artikel Mama Sid 🙂 semoga tahun depan ada lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *