My Foottrip

Helena's journey to here and there

Cara Refund Tiket Lewat Aplikasi Traveloka

Saya punya kebiasaan membeli tiket pesawat jauh-jauh hari supaya mendapat harga murah. Memang ada risiko kalau batal bisa hangus atau kepotong biaya refund yang gede. Tapi…ada kepuasan gitu saat sukses berburu tiket promo. Hehehe…

Kalau ngomongin batal terbang sih udah beberapa kali (jangan dicontoh ya). Banyak faktornya. Bisa karena saya ga dapat izin, rutenya tutup, atau mendadak ada tugas penting. Sediiih harus merelakan tiket ini. Apalagi tiket promo umumnya non-refundable. Eh kecuali karena alasan dari pihak maskapai seperti rute yang tutup (karena ga laku) jadi dapat full refund. Tapi gimana dong? Kan udah pesen hotel juga ngelembur bikin list tempat wisata. Hiks!

Ah sudahlah. Kali ini saya mau cerita tentang refund karena penumpang batal berangkat. Ceritanya kami mau pergi ber-4 ke Jakarta. Dalam 1 kode booking ada 4 orang kan. Trus mendadak banget, H-1 eh ga sampai 24 jam malah, salah satu dari kami batal terbang karena menjaga saudara yang sakit. Kebetulan saya pesan tiket lewat aplikasi Traveloka di smartphone karena gampang dan ada diskon (tetep ini yang utama, hahaha…).

Waktu buka aplikasi di menu “E-flight ticket” saya lihat di ada tombol “Refund” tapi ga yakin gimana caranya. Saya khawatir salah pencet jadinya semua tiket ter-refund padahal niatnya hanya 1 orang saja yang proses refund. Buat amannya saya telepon call center. Penjelasan dari mas-nya, refund bisa dilakukan melalui website atau aplikasi. Okelah mumpung lagi buka aplikasi saya mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan mas-nya untuk refund tiket pesawat. Begini cara refund melalui aplikasi Traveloka:

  1. Buka aplikasi dari smartphone lalu pilih menu “My Booking”
  2. Pilih “Flight E-Tickets”
  3. Pilih active booking yang akan di-refund kemudian pilih “Manage Booking”

    Cara refund tiket pesawat lewat aplikasi traveloka

    Langkah 1, 2, 3 (kiri ke kanan)

  4. Pada layar terdapat pilihan reschedule atau refund. Pilih “Refund”
  5. Pastikan tiket pesawat refundable dan baca S&K dari masing-masing maskapai. Dalam hal ini saya kena cancellation fee 70% dari basic fare karena refund antara 12-24 jam.
  6. Selanjutnya ada penjelasan S&K dari Traveloka yang menyebutkan proses refund tiket maksimal 90 hari dan lain sebagainya. Setelah membaca dan memahami, centang “I have read and agreed to all Refund T&C stated above” kemudian klik “Next”
  7. Centang HANYA nama orang yang akan diproses refund. Nama penumpang yang tetap terbang dikosongkan saja (tidak perlu dicentang). Lalu pilih “Next”
  8. Udah deh nanti akan ada e-mail konfirmasi mengenai proses refund. Bila refund berhasil juga akan dikirim e-mail pemberitahuannya.
Cara refund tiket pesawat lewat aplikasi traveloka

Langkah ke-4 pilih “Refund”

 

Cara refund tiket pesawat lewat aplikasi traveloka

Langkah 5, 6, dan 7

Setelah menunggu 7 hari datanglah e-mail pemberitahuan kalau proses refund saya telah lengkap. Di e-mail tersebut juga ada detail uang yang saya terima yaitu nominal dari provider dikurangi biaya penjualan dan biaya pembayaran. Alhamdulillah, lumayan ada yang balik daripada ga sama sekali.

Just in case harus refund tiket pesawat makin gampang melalui aplikasi Traveloka.

[Disclaimer: It is not a sponsored post. Based on true sad story]

 

« »

© 2017 My Foottrip. Theme by Anders Norén.

%d bloggers like this: