My Foottrip

Helena's journey to here and there

Cara Pembatalan Tiket Kereta Api

Cara Pembatalan Tiket Kereta Api – Sebal deh! Ketika sudah terbayang liburan di depan mata, hendak sejenak jaga jarak dari rutinitas kantor, eh waktu ajukan cuti ternyata ga di-acc. Padahal tiket kereta sudah beli sejak 3 bulan lalu. Sengaja beli jauh-jauh hari supaya termotivasi mengumpulkan dana liburan plus dapat harga murah.

Yah mau gimana lagi. Hidup memang dinamis. Kita sudah merencanakan sesuatu jauh-jauh hari, bisa saja ada hal mendadak yang mengubah segalanya. #sokbijak.

Buat mengurangi kesedihan ga jadi cuti, apa tiket kereta bisa dibatalkan? Ya lumayan kan dapat refund buat beli ice cream, mengobati ke-bete-an. Bagaimana cara refund tiket kereta api? Berapa biaya pembatalan tiket? Yuk simak pengalaman Myfoottrip mengurus pembatalan tiket kereta api.

cara batalkan tiket di stasiun gubeng surabaya

Loket pembatalan tiket paling ramai. Sabarlah mengantre

Beruntunglah tiket kereta api tak serumit tiket pesawat. Kereta api kelas eksekutif, bisnis, maupun ekonomi semuanya bisa di-refund. Tenggat waktunya pun bisa mepet dari jadwal keberangkatan yaitu maksimal 30 menit sebelum jadwal.

Syarat mengurus pembatalan tiket kereta api yaitu harus dilakukan oleh salah satu calon penumpang sesuai di tiket. Misal tiket atas nama ayah, ibu, dan anak. Bisa ayah atau ibu yang datang langsung ke stasiun terdekat dengan membawa ID card asli sesuai yang didaftarkan saat beli tiket (Ayah bawa KTP asli ayah saja atau ibu bawa KTP asli ibu saja). Apabila tidak bisa mengurus sendiri, bisa diwakilkan. Orang yang mewakili harus membawa surat kuasa dan tetap bawa asli ID card penumpang.

Di stasiun, cetak tiket di check-in counter (baca caranya di Siapkan Boarding Pass Sebelum Naik Kereta Api) kemudian ke ruang customer service untuk meminta formulir pembatalan tiket kereta api. Isi formulir sesuai data yang ada yaitu:

  • nama
  • no. HP
  • pilih kolom “pembatalan”
  • nomor kode booking
  • pilih cara bea pengembalian tiket (transfer bank atau tunai)
  • tanggal dan tanda tangan
cara cetak tiket kereta api

isi dengan benar formulir pembatalan tiket kereta api

Setelah mengisi formulir, antrilah di loket yang benar. Loket KAI dibedakan jadi beberapa loket. Seperti di Stasiun Gubeng Surabaya, loket 1 untuk penundaan jadwal, pembatalan tiket, dan pengembalian uang pembatalan. Loket 2 untuk pemesanan tiket KA eksekutif, bisnis, dan ekonomi, dst.

Selanjutnya petugas akan memproses permohonan refund dan memberi copy formulir sebagai tanda bukti.

stasiun gubeng surabaya

Loket 1 untuk pembatalan tiket, penjadwalan ulang, dan pengembalian uang pembatalan

Uang refund ini bisa diambil tunai sekitar 30-45 hari dari sejak permohonan refund. Caranya dengan datang ke stasiun sesuai yang diisi di formulir lalu menunjukkan copy formulir yang tadi. Misal mengajukan refund di Stasiun Gubeng tapi pada form diisi uang akan diambil di Stasiun Jakarta Kota, berarti nanti ambil uangnya di Stasiun Kota.

Atau ada cara yang lebih mudah dengan transfer. Uangnya akan ditransfer ke rekening yang didaftarkan sekitar 1-2 bulan kemudian. Kalau hingga 2 bulan belum ada dana masuk, bawa copy formulir tersebut ke customer service di stasiun atau hubungi call center KAI 121 / 021121. FYI, di S&K tertulis dana akan ditransfer H+30 tapi dari petugasnya bilang 2 bulan. Banyak yang refund kali yaa…

Oh ya, KAI tidak memberi full refund. Ada potongan 25% dari harga tiket dan juga biaya administrasi. Lumayan lah daripada ga balik sama sekali. Besar biaya administrasinya lupa. Ga banyak kok.

baca juga: Cara Refund Tiket Pesawat

Beres, deh. Mau uang pembatalan tiketnya lewat tunai atau transfer, sila pilih yang paling mudah. Pengalaman Myfoottrip dana masuk ga sampai 2 bulan. PT KAI tepat janji, yes.

Itulah cara pembatalan tiket kereta api. Mudah, bukan. Cukup datang ke stasiun membawa ID card asli dan mengisi formulir yang tersedia.

« »

© 2017 My Foottrip. Theme by Anders Norén.