Tiket Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta Bisa Dibeli Online, Begini Caranya!

Cara beli tiket kereta api Bandara Soekarno-Hatta online. Liburan tahun baru pergi ke mana? Saya perhatikan Jakarta malah lebih sepi dari biasanya. Sepertinya The Jakartans banyak yang traveling ke luar kota atau luar negeri. Kalau saya, liburan ke bandara Soekarno-Hatta aja deh sekalian mencoba kereta api bandara Soekarno-Hatta yang masih soft launching.

Untuk sementara ini kereta api bandara Soetta melayani rute Stasiun BNI City (Sudirman Baru) – Batu Ceper – SHIA. Nantinya akan full dari Stasiun Manggarai, entah kapan hanya waktu yang akan menjawab.

Harga tiket kereta api bandara Soekarno-Hatta selama soft launching yaitu Rp30.000,-, hingga 1 Januari 2018. Rencananya kereta bandara ini akan diresmikan pada 2 Januari 2018 dengan harga tiket Rp70.000,-/orang.

Jadwal kereta api bandara Soekarno-Hatta

Jadwal kereta api bandara dari stasiun BNI City ke Soekarno-Hatta setiap harinya banyak, 21 pemberangkatan. Pagi mulai pukul 03.51 WIB (sampai di bandara pukul 04.48 WIB) hingga paling malam pukul 21.51 WIB (sampai di bandara pukul 22.48 WIB) dengan waktu pemberangkatan tiap 30-60 menit sekali. Enak ya, lebih banyak pilihan waktu. Kalau naik bus Damri dari dekat rumah, paling malam pukul 18.00 WIB.

Sedangkan jadwal kereta api bandara Soekarno-Hatta ke stasiun BNI City paling pagi pukul 06.10 WIB (sampai Sudirman pukul 07.06 WIB) dan paling malam pukul 23.10 WIB (sampai Sudirman pukul 00.06 WIB) dengan waktu tempuh 56 menit. Kereta berangkat tiap 30-60 menit sekali. Ini jadi pilihan transportasi yang lebih hemat kalau sampai bandara di malam hari. Pengalaman saya ketika kelewatan jadwal bus Damri ya tidur di bandara atau ke Jakarta naik taksi yang mihil. Mau pakai taksi online, harus kucing-kucingan sama petugas.

Cara beli tiket kereta api bandara Soekarno-Hatta online

Tiket kereta api bandara Soekarno-Hatta bisa dibeli go show di counter atau vending machine di stasiun. Atau lebih aman sih beli tiket kereta bandara lewat online. Kali ini saya bahas yang via online aja ya karena saya beli tiket kereta bandara Soetta di website Railink.

Pembelian tiket kereta bandara via online ada 2 cara, booking lewat aplikasi Railink (unduh di PlayStore dan AppStore) atau di menu reservation di website Railink.

Cara booking tiket kereta api bandara Soekarno-Hatta di website Railink, yaitu:

  1. Buka https://reservation.railink.co.id/ 

    cara booking online tiket kereta bandara
    Buka website Railink
  2. Search schedule

Pilih one-way atau round trip dan masukkan data stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, tanggal kepulangan (bila round trip) dan jumlah penumpang. Kemudian klik tombol search. Di sini tidak ada keterangan usia minimal anak membeli tiket sendiri namun saya asumsikan anak usia 3 tahun ke atas membeli tiket sendiri (dihitung 1 penumpang). Capek kan harus memangku anak terus sepanjang perjalanan.

cara beli tiket kereta bandara online
Pilih jadwal kereta bandara
  1. Select schedule

Pilih jadwal keberangkatan yang sesuai, centang kotak “I agree and comply with the terms and conditions of the reservation of PT. Railink, including payment and compliance with all rules and exemptions regarding the availability of rates or services.”, kemudian klik continue.

Tips: Buat amannya pilih jadwal keberangkatan 3 jam sebelum jadwal pesawat. Misalkan jadwal pesawat pukul 12.00 WIB maka lebih baik naik kereta pukul 08.51 WIB.

  1. Passenger information

Masukkan data penumpang yaitu nama, tanggal lahir, nomor HP, dan e-mail. Pastikan nomor HP dan e-mail benar karena informasi tiket akan dikirim ke sana. Apabila membeli tiket lebih dari 1, cukup mengisi formulir ini sekali. Nama pada tiket akan sama semua. Klik confirm apabila sudah yakin data tersebut benar.

cara booking tiket kereta bandara soekarno hatta
Masukkan data diri dengan benar
  1. Payment

Tada… waktu menyelesaikan pemesanan tiket hanya 10 menit. Pastikan jadwal dan stasiun telah benar. Masukkan kode voucher bila punya (bagi dong kodenya :D) lalu pilih cara pembayaran.

Di sini ada banyak cara pembayaran, bisa lewat online, indirect, atau virtual account. Bila lewat online seperti kartu kredit, Mandiri Clickpay, BCA KlikPay akan dikenai biaya tambahan 5000 rupiah. Bila memilih indirect dengan Maybank ATM dikenai biaya 4500 rupiah, ATM bersama 0 rupiah, dan Finpay 500 rupiah. Untuk virtual account dikenai biaya tambahan 5000 rupiah.

Saya memilih ATM Bersama karena bebas biaya. Tapi setelah saya pikir-pikir, transfer antar ATM Bersama ada biaya sekitar 6500 rupiah, kan? Atau benar-benar bebas?

cara beli tiket kereta bandara online
Pastikan pilihan jadwal serta stasiun telah benar
  1. Print booking detail

Sampailah di langkah terakhir yaitu mencetak booking detail berupa pdf file. Ga harus dicetak sih, yang penting catat booking code (kombinasi 8 digit huruf dan angka) dan pay code (19 digit angka). Yang bikin saya gedubrakan yaitu jangka waktu pembayaran cuma 30 menit, harus buru-buru ke ATM. Eh bisa juga sih pakai internet banking dengan memilih menu transfer ke bank lain lalu pilih nama bank ATMBPLUS (kode 987). Di bagian nomor rekening langsung masukkan Pay Code 800xxx (tanpa 987).

beli online tiket kereta bandara soetta
Catat booking code dan pay code

Booking detail ini juga bakal masuk ke e-mail. Begitu pula bukti tiket yang sudah dibayar. Setelah itu bersiap menuju stasiun untuk mencetak tiket.

Baca juga: Cara Membatalkan Tiket Kereta Api

Nah, itu cara mudah booking tiket kereta bandara Soekarno-Hatta secara online. Gampang banget, kan. Ga perlu khawatir kehabisan tiket. Kalaupun ga jadi berangkat, tiket ini bisa di-refund.

Menurut saya, adanya moda transportasi kereta bandara sangat memudahkan penumpang pesawat. Buat yang tinggal atau bekerja di seputaran Sudirman bakal lebih mudah dan lebih pasti sampai bandara dengan naik kereta. Kalau lewat tol kadang macet, apalagi saat musim liburan. Dari segi harga tiket normal (70.000 rupiah) ada yang bilang mahal, ada yang bilang murah. Buat saya kalau pergi sendiri bakal lebih hemat naik kereta dibanding naik taksi. Sedangkan bila bepergian dalam grup, misal 4 orang, jadinya lebih mahal (selama ga kena macet). Semuanya ada plus minusnya. Yang terpenting sampai dengan selamat dan tidak ketinggalan pesawat. *Susah ngejarnya, nebeng Superman.

Baca juga: Gaya Baru Malam Selatan Premium

Walau nampaknya hanya liburan ke bandara, bukan naik pesawat, tapi bisa jadi pengalaman baru bagi kami. Mumpung harga tiket masih promo, ye kan. Dahulu kala saat kantor saya dekat bandara, saya suka bengong di balkon kantor melihat pesawat lewat. Menyaksikan burung besi terbang di udara seperti setengah hati saya ikut terbang di sana. Padahal ya ngayal aja. Hahaha. Anggap aja hiburan.

Baca juga: Naik kereta bandara dan Skytrain

So, siapa yang mau ikutan mencoba naik kereta baru ke bandara? Yuk, booking online saja atau langsung beli di stasiun. Kita naik kereta jes…jes…jes…

Stasiun KA Bandara Sudirman Baru (BNI City)

Jalan Tanjung Karang, Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

e-mail: info@railink.co.id

Twitter: @RailinkARS

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Author: helenamantra

Love to share stories on helenamantra.com and myfoottrip.com

20 Thoughts

  1. Mau nyoba tapi malas ke BNI City nya hahahaaaa. Kalau berangkat sendiri 70rb itu murah ya, karena naik taksi bisa lebih dari itu dan macet pula. Tapi kalau perginya se-grup lebih baik naik taksi dengan memperhitungkan waktu, berangkat lebih awal.

  2. betul, dengan kereta ga akan macet macet an di tol ^ ^’ karena tol aja sekarang udah macet hehehe. tapi kalau aku 5 menit keluar rumah udah tol jadi lebih dekat via tol cuma 20 menit ke bandara kalau ke stasiun kereta jauh dari sini. kapan kapan pengen coba juga sekalian jalan jalan

  3. Bener…bener….
    Hidup di Jakarta semuanya harus penuh perhitungan.
    Kalau meleset, wah…bisa kacau semua rencana.

    Tapi aku berkali-kali ke Jakarta, tetep aja ngowoh ngeliat lifestyle masyarakat kota besar ini.

    MashaAllah…
    Awesome!

  4. Waaah keren ada kereta bandara. 70rb murah sih menurut aku Mbak hehe. Seru ya, ibuk sama SID liburan akhir taunnya ke bandara Soekarno-Hatta buat nyoba kereta api bandara Soekarno-Hatta yang lagi soft launching. Semoga besok2 aku bisa berkunjung ke Ibukota lagi dan nyobain kereta ini 🙂 Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *