My Foottrip

Helena's journey to here and there

Berkebun Di Laut

Berkebun yang ini unik, tidak di darat tapi di laut. Tidak menanam tumbuhan tetapi hewan (campur tumbuhan, coz karang itu simbiosis keduanya). Yuk ikut berkebun dengan transplantasi karang di Pantai Tanjung Karang, Donggala.

Mei 2013 lalu komunitas snorkeling dan free diving White Dolphin mengadakan transplantasi karang.

http://foottrip.wordpress.com/2013/05/20/save-tanjung-karang-by-white-dolphin/

Hasil transplantasi pertama

Hasil transplantasi pertama

Hasil transplantasi pertama

Hasil transplantasi pertama

Setelah 5 bulan, karang dan medianya berupa semen diletakkan di dasar laut. Mejanya digunakan untuk transplantasi tahap 2 yang dilakukan minggu lalu. Ini langkah-langkahnya:

Meja dari dasar laut diangkat ke darat. Siapkan media tanam yaitu semen yang telah dicetak dengan pipa paralon. Ikat semen ke meja dengan kawat atau cable ties.
Image Image
Ambil karang yang nantinya digunakan sebagai bibit karang. Bawa ember sambil snorkeling bagaikan belanja di dalam air, hehe

Shopping under the sea

Shopping under the sea

Karang kecil diikat ke pipa dan bagian bawah karang harus menempel di semen. Kalau di pasir, karang ga bisa hidup. Karang ini makhluk laut jadi ga bisa terlalu lama di darat, maksimal 2 jam kemudian mati. Jadi, ikat dengan cepat atau ikat di dalam air. Selain itu beri jarak antar karang supaya kalau tumbuh berkembang ada ruang yang cukup.

Ikat bibit karang ke media

Ikat bibit karang ke media

Nah, sudah siap! meja isi 36 bibit karang diturunkan ke laut dengan bantuan tali. Tumbuh subur yaa supaya ekosistem laut terjaga dan ikan-ikan punya tempat bermain.

ImageImageYuk lestarikan terumbu karang, paling simple dengan tidak menginjak karang saat berenang atau bermain air di pantai/laut karena karang itu rapuh dan mudah mati namun tumbuhnya butuh ribuan tahun.

Bisa juga support program White Dolphin dengan mengadopsi karang. Program ini sementara masih dilakukan di Pantai Tanjung Karang,  Donggala, Sulawesi Tengah. Namun dimanapun berada, kalian bisa dukung program ini jadi papa mama karang untuk transplantasi karang. Let’s save coral!

Transplantasi karang oleh White Dolphin

Transplantasi karang oleh White Dolphin

« »

© 2017 My Foottrip. Theme by Anders Norén.

%d bloggers like this: