Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Cuma Butuh 10 Menit

Memiliki asuransi perjalanan membuat liburan semakin tenang. Berbagai hal tidak mengenakkan seperti pembatalan penerbangan, kehilangan bagasi, atau sakit selama perjalanan akan mendapat kompensasi. Bagaimana memilih dan membeli asuransi perjalanan terbaik yang mudah? Simak tips Myfoottrip berikut ini.

Libur lebaran tahun ini semakin panjang karena dilanjutkan dengan libur sekolah hingga bulan Juli. Saat membuat rencana berlibur, ingatlah menambahkan anggaran untuk membeli asuransi perjalanan, terutama jika menggunakan transportasi umum seperti pesawat. 

Baca juga: Kereta Bandara Soekarno-Hatta dan Skytrain

Pilih Asuransi Perjalanan Terbaik Sesuai Kebutuhan

Sebelum membeli asuransi perjalanan, kita perlu memahami produk asuransi tersebut supaya mendapat asuransi perjalanan terbaik sesuai kebutuhan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih asuransi perjalanan, yaitu:

Domestik atau internasional

Selama ini asuransi perjalanan lumrah dimiliki untuk trip ke luar negeri, khususnya ke Eropa. Seperti pengajuan VISA Schengen yang mensyaratkan harus memiliki asuransi perjalanan yang menjamin minimal sejumlah USD30.000 atau sekitar Rp390juta. Akan tetapi, sekarang ini sudah banyak perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi perjalanan domestik. Harganya pun sangat terjangkau, mulai 30ribu rupiah.

Pilih asuransi perjalanan sesuai tujuan, apakah domestik atau internasional. Beberapa produk asuransi membagi tujuan “internasional” menjadi beberapa kelompok, seperti ASEAN, Asia, Eropa, dst dengan manfaat asuransi dan premi yang berbeda-beda.

Single trip atau multiple trip

Jika tujuan perjalanan hanya sekali dalam satu periode (umumnya maksimal 180 hari/perjalanan) maka pilih asuransi untuk single trip. Akan tetapi, bila berencana akan pergi beberapa kali dalam setahun ke negara tersebut (multiple trip), dapat memilih asuransi tahunan.

Single, family, atau business trip

Perusahaan asuransi memberikan harga khusus bila bepergian dalam kelompok, seperti family trip. Selain itu, tujuan perjalanan untuk liburan atau bisnis memiliki premi dan manfaat asuransi yang berbeda. Maka, pilih jumlah orang yang akan membeli asuransi dengan tepat beserta tujuan perjalanan (leisure, berobat, atau business trip).

Beli asuransi perjalanan terbaik sesuai kebutuhan

Premi, limit klaim, dan manfaat asuransi perjalanan

Premi yang perlu dibayar menjadi pertimbangan dalam membeli asuransi perjalanan terbaik. Akan tetapi, perhatikan pula limit klaim dan manfaat asuransi perjalanan yang ditawarkan. Umumnya premi yang murah memberikan sedikit manfaat. Bandingkan dengan cermat hal tersebut sesuai kebutuhan.

Beberapa manfaat asuransi perjalanan yang umum, diantaranya: santunan kematian akibat kecelakaan, manfaat biaya medis, kehilangan atau kerusakan bagasi, manfaat pembatalan perjalanan, dan manfaat penundaan perjalanan.

Bantuan darurat

Ada produk asuransi yang menyediakan manfaat bantuan darurat saat terjadi hal di luar ekspektasi, seperti sakit atau kecelakaan.

Langsung aktif vs masa tunggu

Asuransi perjalanan langsung menjamin atau melindungi pemegang polis bila telah aktif. Perhatikan waktu aktif polis tersebut, apakah langsung aktif setelah disetujui atau ada masa tunggu. Jika kehilangan bagasi terjadi saat asuransi dalam masa tunggu, klaim tidak disetujui.

Cara klaim

Poin terakhir ini tak kalah penting yaitu pelajari dengan seksama cara klaim asuransi perjalanan tersebut. Saya sendiri lebih memilih cara klaim via telepon, web-chat, atau e-mail dengan call center 24 jam. Kejadian buruk dapat terjadi kapan saja, maka kemudahan klaim asuransi sangat penting. Klaim dan dokumen pendukung yang dapat disampaikan melalui e-mail akan sangat menghemat biaya dibanding harus menelepon dari luar negeri.

Cara Membeli Asuransi Perjalanan Online

Tujuh poin di atas menjadi panduan dalam memilih asuransi perjalanan terbaik. Nah, sekarang bagaimana membeli asuransi perjalanan yang sesuai tersebut.

Kini, memperoleh asuransi perjalanan semakin mudah dan cepat dengan membeli asuransi perjalanan online di Futuready. Broker asuransi terpercaya sejak 2015 ini telah memegang lisensi resmi dari OJK.

pilih asuransi perjalanan terbaik
Beli asuransi perjalanan terbaik lewat online semakin mudah

Futuready tidak memiliki produk asuransi tersendiri. Di sini, kita dapat membandingkan produk asuransi dari berbagai perusahaan. So, ga perlu cari info ke banyak perusahaan, cukup buka 1 website langsung bisa menampilkan bermacam pilihan asuransi.

Cara beli asuransi perjalanan online di Futuready, sebagai berikut:

  1. Buka www.futuready.com, pilih asuransi perjalanan.
  2. Isi data dengan lengkap yang terdiri dari nama lengkap, nomor HP, tujuan, peserta (individu/keluarga), periode (sekali jalan/tahunan), tanggal perjalanan, setuju S&K. Kemudian pilih “Cari Asuransi”.
  3. Pilih asuransi perjalanan yang sesuai. Lihat manfaat untuk mengetahui lebih detail manfaat masing-masing asuransi. Setelah yakin dengan pilihan, klik “Pilih Sekarang”.
  4. Di langkah “Ajukan” isi data peserta utama pemegang polis dengan benar.
  5. Pada ringkasan biaya, terdapat opsi untuk mencetak buku polis (biaya Rp20.000,00). Bila tidak dicetak, polis elektronik akan dikirim lewat e-mail dan menjadi polis yang sah.
  6. Masukkan gift voucher atau kode promo/referral bila ada. Kemudian klik “Lanjut”.
  7. Pilih metode pembayaran dari opsi: bank transfer (Permata Bank), kartu kredit (VISA, Master Card, JCB), atau Alfamart. Lalu, klik “Lanjut”.
  8. Jika memilih pembayaran melalui Alfamart, akan ada kode pembayaran yang perlu ditunjukkan ke kasir saat membayar.
  9. Jika telah disetujui, polis elektronik akan segera dikirim melalui e-mail dan langsung aktif. Selesai
asuransi perjalanan terbaik
Contoh membeli asuransi perjalanan di Futuready

Cara Klaim Asuransi Perjalanan Online

Satu lagi kemudahan beli asuransi perjalanan online di Futuready yaitu klaimnya bakal dibantu oleh Customer Support Futuready hingga selesai. Polis elektronik juga memudahkan penyimpanan. Ga usah bingung dengan buku polis yang hilang atau terselip.

Bila hendak melakukan klaim asuransi, cukup mengirim informasi mengenai nomor polis, tanggal lahir pemegang polis, dan nama lengkap pemegang polis ke e-mail klaim@futuready.com dengan subject e-mail “Klaim[spasi]Nomor Polis. Klaim dapat juga diajukan dengan menghubungi Halo Futuready di 021-21884918. Selanjutnya, Tim Futuready akan membantu pengajuan klaim ke perusahaan asuransi.

Progress klaim apakah disetujui atau ditolak akan dipantau Futuready. Jika disetujui, pencairan dana akan langsung ditransfer ke rekening pemegang polis dari perusahaan asuransi.

asuransi perjalanan terbaik
Siap jalan-jalan

Membeli asuransi perjalanan terbaik kini dapat dilakukan secara online. Prosesnya pun mudah dan cepat, hanya sekitar 10 menit. Polis elektronik langsung aktif digunakan. So, membeli polis sehari sebelum keberangkatan juga bisa. Mudah, kan!

Saat memilih asuransi perjalanan, apa saja pertimbanganmu?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Author: helenamantra

Love to share stories on helenamantra.com and myfoottrip.com

14 Thoughts

  1. Polis asuransi buat selama perjalanan ternyata ada ya, kalau single trip biasa pengguna commuter Line pun ada begini. Untuk ke luar negeri itu toh. Manfaatnya banyak ya.

  2. Baru tahu ada asuransi perjalanan. itu bayarnya berapa buat perjalanan, bisa beda ngk biayanya tergantung jarak yang ditempuh? Kalau keluar negeri, suka serem ya, karena jaraknya jauh. Inovasi asuransi memang keren.

  3. Ada minimal jarak tempuh ga sih kakak kalo mau bikin asuransi perjalanan macam ini…? Misal liburannya Deket deket aja gitu tetep bisakah di ikutkan dalam asuransi perjalanannya…?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *