Belajar dari Ahlinya di Fun Blogging 7 Surabaya

Belajar dari Ahlinya di Fun Blogging 7 Surabaya

funblogging 1Keresahan yang sering muncul setiap mulai menulis di blog membuat aku jadi malas-malasan untuk update blog. Khawatir apakah isinya sudah bagus dan menarik untuk orang lain, tata bahasanya, mengapa blog ini sepi seperti kuburan, dst. Buat mengurangi kegelisahanku ini, aku diajak supermom-blogger-traveler mbak Nurul NOE untuk ikut Fun Blogging 7 di Surabaya. Tema yang diangkat sesuai dengan yang aku butuhkan “Dari Hobi Menjadi Profesi”.

Ruangan workshop penuh dengan peserta yang ternyata sebagian besar wanita, dari yang lagi hamil 8 bulan sampai yang bawa anak kesana-kemari. Ada 3 sesi dengan pembicara yang sudah punya segudang karya dan pengalaman. Sayangnya aku telat datang saat mbak Haya Aliya Zaki membahas “How To Write Good Content” di sesi 1 padahal itu penting sebagai dasar untuk sesi-sesi berikutnya. Nunggu kiriman materi deh. Berhubung aku datang pas banget waktu istirahat, sesi 1 ku pun berubah menjadi makan siang.

funblogging 2

Setelah kenyang dan ambil posisi paling wuenak di belakang, mbak Shinta Ries mengisi sesi 2 dengan berbagi tips untuk meningkatkan traffic website atau blog. Pastinya seneng dong kalau tulisan kita setelah tampil di blog kemudian banyak yang baca dan komentar sehingga blog menjadi aktif. Nah supaya tahu seberapa populer suatu blog, ada tools-nya seperti Alexa atau Domain Authority (DA). Alat itu dipasang di blog kemudian cek peringkat blog melalui website Alexa atau DA. Yang paling ajaib, ada Google Anaytics. Alat ini bisa melihat tren suatu website/blog. Dari jumlah traffic, negara asal pembaca, sampai gender yang suka baca tulisan kita. Hasil Google Analytics ini penting untuk perusahaan yang mau beriklan lewat blogger. Dari penjelasan mbak Shinta yang sebenarnya sangat teknis dan membuat pusing newbie seperti saya (ditambah lagi pertanyaan peserta lain yang sudah expert x_x), tools itu penting namun yang lebih super penting lagi adalah isi blog harus bermanfaat dan bagus. Jangan sampai membohongi pembaca dengan judul yang berbunga-bunga tapi isinya ga nyambung. Nah kan jadi makin menyesal ga ikut sesi 1 tentang menulis content.

Semakin sore biasanya peserta semakin tidak fokus, tapi yang ini beda. Mata jadi melek lebar lihat gambar uang di layar. Mbak Ani Bertha sukses membuat para peserta terpana dengan ceritanya mendulang rupiah dari blog, pakai blog gratisan pula. Sekali lagi “good content” memang wajib dimiliki. Kalau isi blognya bagus, traffic naik, tentu akan menarik pihak-pihak yang mau beriklan di blog kita. Pelajaran lain yang saya dapat, saat menulis..do with all your heart and mind, money will follow good work. Seperti kisah mba Ani yang awalnya jadi kontributor secara cuma-cuma namun dia tetap melakukannya karena tulisannya bermanfaat untuk orang lain. Apa yang kita tabur itu yang kita tuai, beliau mendapat job yang lebih besar sampai bisa ke tempat-tempat yang tidak pernah terpikir sebelumnya.

funblogging 3

Pulang dari acara ini aku membawa banyak PR untuk mengoptimalkan fungsi blog. Maunya segera dikerjakan saat acara tapi sinyal internet lemot. Harusnya pakai smartfren yang sudah 4G. Kalau pakai smartfren, bonus paket internetnya 12 GB bisa buat browsing sana-sini menambah skill, juga blog-walking dengan silaturahim ke blog lain tanpa perlu takut kehabisan kuota.

Kalau hal teknis tentang merawat dan membesarkan blog mungkin bisa dipelajari dari membaca artikel-artikel. Namun saya mendapat lebih dari itu selama workshop singkat ini. Attitude. Walau blog ini di dunia maya dan kita jarang langsung bertemu dengan para pembaca, blogger lain, pihak yang bekerja sama dengan kita, dst namun kita tetap harus bersikap baik sesuai etika. Profesional dalam mengerjakan project, etis dalam menulis, berkomentar, juga memilih project, tetap berhubungan baik dengan stakeholders, dan stay humble karena di atas langit masih ada langit. Dan itu saya lihat dalam sikap yang dimiliki 3 pembicara Fun Blogging 7 ini. Benar-benar acara yang berkesan bisa mendapat banyak kenalan blogger dan berbagi ilmu baru. Mengubah blog dari hobi menjadi profesi, go for it!

6 thoughts on “Belajar dari Ahlinya di Fun Blogging 7 Surabaya

  1. Helen, itu jg keresahanku dulu setiap mau nulis. Apa tukisanku ada yg mau baca?tapi ya bagaimana kita tau ada yg baca atau ngga kalo belum ditulis dan dipublish. Akhirnya ya sampai ke fase, PD aja lah! Ayoo,, tulisan helen kece kook. Masing2 blogger punya gayanya sendiri, dan ada pembacanya sendiri juga.

    Oya, materi sesi satu ada di doc group, yoo… 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: