My Foottrip

Helena's journey to here and there

5 Tips Berkunjung ke Wisata Alam di Bogor Bersama Keluarga

Tips Wisata Alam Bogor. Bogor memiliki banyak destinasi wisata alam yang memesona. Beberapa di antaranya adalah Kebun Raya Bogor, Gunung Pancar, dan Agro Gunung Mas. Berkunjung ke wisata alam tentu sangat menyenangkan dan menyegarkan, apalagi jika dilakukan bersama dengan anggota keluarga.

Terakhir kali #MyfoottripMain ke Bogor itu sangat mendadak. Untunglah Bogor mudah dijangkau dengan KRL dari Jakarta. Saat itu kami sekeluarga berlibur santai ke Kebun Raya Bogor, menikmati pepohonan hijau dan udara segar.

Supaya acara wisata menjadi lebih menarik, ada tips dan trik berkunjung ke wisata alam di Bogor bersama keluarga, sebagai berikut:

1. Persiapkan Kesehatan

Menjelajahi wisata alam membutuhkan banyak energi. Apalagi jika lokasi wisata berada di tempat yang akses kendaraannya kurang baik. Biasanya, pengunjung harus berjalan kaki untuk melihat seluruh keindahan alam di objek wisata ini. Oleh karena itu, perlu menyiapkan fisik yang sehat dan fit sebelum melakukan perjalanan wisata.

Caranya sederhana saja. Pertama, jangan lupa untuk sarapan. Kedua, tidurlah dengan cepat pada malam sebelumnya. Ketiga, hindari bepergian pada saat sedang sakit karena dapat membuat semakin tidak sehat atau malah mengalami hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan wisata. Kalau tidak enak badan, jangan memaksa berangkat.

2. Persiapkan Peralatan Pendukung

Ketika ke Kebun Raya Bogor saya terlupa membawa lotion nyamuk. Lumayan lah pulangnya bawa oleh-oleh kulit bentol dan gatal.

Wisatawan yang senang berekreasi di alam tentu paham bahwa ada beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan supaya kegiatan liburan menjadi lebih lancar. Sebenarnya, jenis peralatan yang dibutuhkan bervariasi dan tergantung masing-masing wisatawan. Namun, beberapa hal yang utamanya perlu dipersiapkan adalah alas duduk, lotion nyamuk, pakaian ganti, handuk, topi, dan sebagainya.

Biasanya, peralatan seperti ini juga disediakan di tempat wisata. Namun, daripada menyewa atau membelinya, akan lebih baik jika membawanya sendiri sehingga tidak perlu mengeluarkan uang tambahan.

3. Membawa Bekal

Tentu sangat menyenangkan jika berlibur bersama keluarga sambil makan bareng dikelilingi oleh suasana alam yang mendukung. Jadi, membawa bekal bisa menjadi alternatif. Apalagi jika berkunjung ke sebuah tempat yang masih belum banyak tersedia penjual makanan. Daripada kesulitan mencari makan siang, membawa bekal sendiri bisa menjadi solusi. Namun, agak repot dengan membawa banyak peralatan.

Keuntungannya, wisatawan bisa makan dengan menu pilihan sendiri, sehat, murah, dan memenuhi gizi seluruh keluarga. Jika tidak memungkinkan, setidaknya membawa air minum sendiri untuk mengisi tenaga selama perjalanan.

4. Gunakan Pakaian yang Sesuai

Bagi perempuan, mengenakan high heels merupakan bagian dari gaya hidup. Namun, jangan nekat menerapkan itu jika ingin berwisata alam ke Bogor. Ga apa-apa juga sih memakainya buat foto-foto setelah itu disimpan. Hahaha. Sebaiknya, pakailah sepatu yang lebih nyaman untuk perjalanan jauh. Begitu pula dengan pakaian, pilihlah bahan yang menyerap keringat supaya lebih nyaman ketika dalam perjalanan.

5. Jangan Lupa Membawa Kamera

Berwisata bersama keluarga di alam bebas tentu akan sangat menyenangkan. Momen ini jangan sampai lupa diabadikan melalui foto bersama. Rekamlah pengalaman liburan dengan detail sehingga suatu saat bisa dikenang kembali. Jika perlu, bawalah tripod untuk menyangga kamera supaya seluruh anggota keluarga bisa berfoto bersama.

Memotret menggunakan kamera ponsel juga bisa tetapi pastikan membawanya dengan hati-hati karena situasi di alam bebas kadang tidak bisa diprediksi. Jika harus melewati daerah yang dekat dengan air, jangan lupa untuk menyiapkan tempat aman bagi gawai.

*

Demikian beberapa tips sederhana yang patut diperhatikan ketika hendak berwisata alam di Bogor. Untuk penginapan, pesan saja di website Airy Rooms. Selain murah dan cara pembayarannya fleksibel, hotel-hotel yang tergabung dalam jaringan Airy Rooms pun bagus dan membuat nyaman. Jangan khawatir, ada banyak hotel Airy Rooms di Bogor yang memiliki letak strategis. Selamat berlibur!

« »

© 2018 My Foottrip. Theme by Anders Norén.