3 Kemampuan Kartini Masa Kini

Apa sih yang identik dengan perayaan Hari Kartini setiap 21 April? Bagi anak sekolah biasanya ada parade mengenakan pakaian adat. Pegawai di kantor ada pula yang menggunakan baju daerah. Bagi saya, sosok RA Kartini mengingatkan betapa berharganya peran perempuan dalam suatu bangsa. Perempuan dan laki-laki sama pentingnya, sama perlunya berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara. Jikalau Kartini mampu menginspirasi melalui tulisan, apa ya kemampuan Kartini masa kini yang diperlukan untuk berkontribusi?

Perayaan Hari Kartini tahun ini lebih spesial dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini saya mengikuti The Hive Cook and Snap di Best Western Premier The Hive, Jakarta. Peringatan Hari Kartini ini telah berlangsung kali ketiga hasil kerja sama Tabloid Wanita Indonesia dengan Best Western Premier The Hive.

Acara yang disponsori oleh Traveloka dan TOZA Juice ini mengambil tema memotret dan memasak. Menurut Reynaldo Eka Putra, Senior Promotion Tabloid Wanita Indonesia, wanita Indonesia alias Kartini masa kini tak hanya terampil bekerja tetapi juga perlu bisa memasak, memotret, serta menguasai digital.

Filosofi Sarang Lebah di Best Western Premier The Hive

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Kartini masa kini, kita tengok dulu ya lokasi acara. Best Western Premier The Hive (BWP The Hive) berlokasi di Cawang, tepat di depan halte busway Cawang Sutoyo. Hotel bintang 5 ini bisa dibilang strategis karena berdekatan dengan perkantoran seperti WIKA dan Waskita Beton serta mudah dijangkau dari bandara Halim Perdanakusuma.

Interior hotel ini identik dengan heksagon alias segi enam seperti sarang lebah (the hive). Menurut Rifka Giovani, Marcom Executive Best Western Premier The Hive, BWP The Hive ingin memberikan tempat menginap yang nyaman seperti filosofi sarang lebah.

best western premier the hive
Lobi BWP The Hive dengan wall decor berbentuk sarang lebah (dok. BWP The Hive)

Terdapat berbagai pilihan akomodasi di BWP The Hive, yaitu: superior twin, deluxe twin, deluxe double, super deluxe, corner suite, dan junior suite. Hotel bisnis ini dilengkapi pula dengan kolam renang, fitness center, meeting room, spa, juga casual dining di lantai 22. Review hotelnya nanti ya kalau saya sudah menginap.

Kemampuan Kartini Masa Kini

Kemampuan yang diperlukan wanita Indonesia itu banyak dan Kartini masa kini dapat berkarya sesuai bidangnya masing-masing. Akan tetapi, acara kali ini berfokus pada 3 hal, yaitu:

1. Memasak

Chef Mulyadi Makmur dari Best Western Premier The Hive menyajikan 4 resep masakan, yaitu: Tomato Cream Soup, Seared Salmon with Cream Sauce, Chicken Roasty and Baked Potato, dan Special Fried Ice Cream. Para undangan bergantian ke depan untuk membantu proses memasak. Saya bagian icip-icip saja daripada merusak rasa masakan. Hahaha.

kartini masa kini
Seared Salmon with Cream Sauce

Dari keempat menu tersebut, saya paling suka salmon yang diberi saus. Ga terasa amis sama sekali. Jadi ingin mencoba nih membuat sendiri di rumah. Mumpung udah ada resepnya.

2. Memotret

kartini masa kini
Tips memotret makanan dengan smartphone

Setelah semua masakan matang dan tersaji di piring dengan plating cantik, saatnya memotret makanan. Eits, pelajari dahulu teknik memotret makanan bersama Zulham dari Tabloid Wanita Indonesia berikut ini:

  • Perhatikan komposisi makanan dan pernak-pernik pendukung.
  • Pilih angle agar tampak menarik dan cantik. Angle atas untuk melihat keseluruhan menu sedangkan angle bawah untuk tampak lebih elegan dan detail. Ingat ya jangan memotret gelas dari atas supaya tidak distorsi.
  • Gunakan pencahayaan alami. No flash! Paling bagus memakai sinar matahari pukul 10 pagi atau 3 sore. Untuk memberi efek cahaya dari dua arah, dapat digunakan reflektor dari tatakan bekas kue (aluminium foil).
  • Jika kurang cahaya, misal saat malam, pakai lampu belajar untuk bantuan. Agar cahaya lampu tidak terlalu keras, tutup dengan kertas minyak.
  • Pilih latar yang sesuai. Warna hitam menjadikan lebih elegan.
  • Perbanyak warna dalam foto agar menarik.
  • Edit foto namun jangan sampai berlebihan hingga menipu yang melihat.
  • Jika hanya memiliki waktu singkat dalam memotret, perhatikan angle dengan mata sendiri, mana yang bagus.

3. Menguasai Digital

Setelah memotret masakan yang menggugah selera, saatnya meng-upload ke media sosial. Ini nih beberapa foto yang saya post di akun Instagram Myfoottrip.

kartini masa kini
Tomato Cream Soup
kartini masa kini
Special Fried Ice Cream

Kartini masa kini kudu menguasai digital alias melek digital. Arus informasi sekarang ini semakin mudah berkat kemajuan teknologi. Dengan melek digital, wanita Indonesia menjadi lebih maju dan berdaya.

Nah, itulah beberapa skill Kartini masa kini yang perlu dimiliki. Seberapapun kontribusi kita akan menjadi suatu yang berharga bagi bangsa. Apa cerita peringatan Hari Kartini-mu?

Best Western Premier The Hive

Alamat: Jl. DI. Panjaitan Kav. 3-4, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13340

Reservasi: (021) 29821888

Website: www.bwpremierthehive.com

Facebook: BWPREMIERTheHive

Instagram: @bwpthehive

Twitter : @bwpthehive

Youtube : youtube.com/c/bwpthehive

Blog      : infothehive.blogspot.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Author: helenamantra

Love to share stories on helenamantra.com and myfoottrip.com

7 Thoughts

  1. Owalah saya baru mudeng ini the hive yang dicawang. Khas banget sama karakteristiknya sarang lebah.
    .
    .
    Bener banget kartini era sekarang itu harus melek teknologi supaya tak tertinggal zaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *