My Foottrip

Helena's journey to here and there

12 Jam di Balikpapan

12 jam transit di Balikpapan, harus ngapain?

Ini memang transit yang disengaja supaya bisa jalan-jalan di Balikpapan. Diawali dengan sarapan lontong balap di terminal BP (Balikpapan Permai) yang enak dan petisnya bisa ambil sesuai selera. FYI lontong balap makanan khas Surabaya, bukan Balikpapan. Biasanya kalau ke tempat baru ya wisata kuliner khas daerah setempat tapi ini lagi kangen rumah, seneng deh liat lontong balap. Lalu ada host dari gabungan Samarinda + Balikpapan Backpackers yang mengajak bertualang seharian.

Minggu pagi di Lapangan Merdeka rameee dengan makanan yang buat gelap mata, mau coba semua! Di depannya Ada helipad yang bisa dimasuki umum. Tak Jauh dari situ melewati pantai menuju batu batu yang di baliknya tersembunyi pantai rahasia. Begitu tenang dan indah. Katanya dulu tempat ini jadi lokasi favorit buat bolos sekolah. Dibukalah bekal, manggis dan kecapi yang lezat.

balikpapan (4)

Piknik di Secret Beach

Makin lama makin panas, kami berjalan ke Masjid Istiqamah. Solat di masjid ini selalu menenangkan (dan buat mengantuk) tapi jangan coba coba tidur di situ, bisa ditegur pengurus masjid.

Meski sudah banyak makan, tetap saja perut keroncongan saat waktu menunjukkan pukul 1. Kami beranjak ke Ayam Gepuk Samarinda. Bentuknya mirip ayam penyet namun ini lebih asin dengan bumbu cabe dan kemangi. Enak! Di sini rombongan bertambah 1 menjadi 7 orang. Oke, siap melanjutkan petualangan.

balikpapan (1)

Menara Pantau di Hutan Mangrove

balikpapan (5)

Ada apa saja di hutan ini?

Senangnya di Balikpapan ini kotanya tertata rapi dan menjaga kelestarian lingkungan, salah satunya dengan pembuatan hutan mangrove di daerah SMA 8. Lokasinya luas dan menakjubkan berada di atas jembatan kayu ulin dengan pemandangan berbagai varietas tanaman bakau.

Istirahat solat ashar di masjid dekat SMA 8, bertambah lagi 2 orang Balikpapan Backpackers bergabung. Sepertinya kami cocok membuat komunitas baru: Backpacker Syariah!

Menjelang petang, kami menikmatinya di pinggir pantai depan KPU. Ditemani snacks sambil bermain game. Tak terasa hampir pukul 8 malam, kami bergegas ke bandara melanjutkan perjalanan.

Hari yang menyenangkan, hari yang melelahkan. Banyak kawan baru, banyak pengalaman baru. Alhamdulillah

Katanya, kalo minum air sungai Mahakam bakal balik ke Borneo. Di kunjungan pertama saya ke Borneo saya langsung jatuh cinta. Itu kah penyebabnya?

balikpapan (2)

Backpacker Syariah

« »

© 2017 My Foottrip. Theme by Anders Norén.